logo blog

25 Januari 2018

Kenali Penyebab Tipes (Typhus ) dan Cara Mengobatinya

cara mengobati dan mengenal penyebab tipes

Cara Mengobati Tipes dan Mengetahui Penyebabnya

Piring Kuliner-Sahabat sekalian, anda tau penyakit Typhus atau yang biasa disebut tipes? Penyakit tipes merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi.

Mereka menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, atau juga dapat menyebar melalui kontak langsung dengan penderita tipes.

Penyakit tipes ini banyak terjadi di Negara berkembang seperti di Indonesia ini. Bakteri penyebab tipes ini masuk ke dalam usus melalui makanan yang selanjutnya akan berkembang bebas dalam usus dan menyebar ke seluruh tubuh hingga menimbulkan demam tinggi pada penderita.

Penyakit ini tidak bisa disepelehkan, karena jika dibiarkan dan bertambah parah bisa saja menyebabkan kematian.

Gejala yang paling mungkin timbul ketika seseorang terkena penyakit tipes seperti demam tinggi, sakit perut, mual, sakit tenggorokan, sakit kepala, lemas, dsb. Seseorang yang telah terkena penyakit tipes maka akan sangat riskan untuk kambuh lagi jika tidak diobati dengan serius dan benar-benar sembuh. 

Untuk pengobatannya juga perlu proses dan jangka waktu yang cukup lama, jadi bagi orang yang terkena penyakit tipes harus sabar untuk mendapatkan hasil yang baik.

Dalam pengobatannya, penyakit tipes biasanya melibatkan pengobatan menggunakan antibiotik. Tapi, ada beberapa hal yang bisa membantu mengatasinya tanpa menggunakan obat-obatan medis.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk meringankan gejala tipes ini, bahkan bisa tingkatkan pemulihan tubuh penderita. Berikut adalah beberapa cara pengobatan tipes alami yang bisa anda terapkan di rumah:

*Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Tipes (Typhus):


1. Cacing

Nah, untuk cara alami untuk penyembuhan tipes yang satu ini, memerlukan pertahanan mental tingkat tinggi. Dan mungkin hanya orang-orang tertentu yang mau memakai cara ini. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Siapkan 7 ekor cacing tanah, kunyit dan daun luntas secukupnya
  • Cuci bersih dan buang isi perut cacing, lalu sangrai hingga agak mengeras
  • Haluskan cacing hingga lembut, juga daun luntas. Parut juga kunirnya
  • Didihkan air dan campurkan ketiga bahan tersebut. Minum satu gelas setiap hari secara rutin ketika masih hangat-hangat kuku
Hehe.. Memang cara mengobati tipes yang pertama memang terkesan menjijikan. Terlepas dari kesan cacing yang 'menjijikkan', tapi menurut yang terjadi di masyarakat cara inilah yang paling manjur dan ampuh untuk menyembuhkan penyakit tipes.



2. Kombinasikan daun kemangi, kunyit, dan lada hitam

Lumatkan ketiga bahan tersebut hingga halus, lalu bentuk seperti kapsul atau tablet. Konsumsi setiap hari, juga minum segelas air hangat yang telah dicampur hasil lumatan ketiga bahan tersebut.



3. Cengkeh

Cengkeh ini sejatinya adalah obat terbaik bagi penderita tipes. Cara konsumsinya adalah, didihkan air secukupnya lalu masukkan 5 biji cengkeh. Minum setiap hari selama beberapa hari sampai rasa sakit di tubuh anda berangsur-angsur hilang dan sembuh.



4. Campuran buttermilk dan jus ketumbar

Langsung saja, caranya adalah: siapkan secangkir buttermilk lalu tambahkan dengan dua sdt jus ketumbar. Minumlah dua kali setiap hari sampai terasa manfaatnya.



5. Madu dan air

Cara mengobati tipes yang satu ini cukup mudah. Tambahkan 2 sdt madu ke dalam segelas air hangat, lalu minum setiap pagi dan malam menjelang tidur. Cara ini bisa merelaksasi saluran cerna. Selain itu, madu juga dapat mensuplai energi ke dalam tubuh.

Meskipun anda sudah merasa sembuh, tetap lakukan cara ini setiap hari agar anda mendapatkan kesembuhan dan benar-benar pulih kembali seperti sedia kala.



Baiklah sobat, kira-kira itulah cara yang dapat anda lakukan untuk cara mengobati penyakit tipes secara alami dan dapat anda lakukan di rumah sendiri.

Dan ada baiknya, ketika anda masih sakit tipes konsumsi makanan yang halus seperti bubur dan sejenisnya. Juga hindari makanan yang pedas, masam, dan mengandung lemak berlebih. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon