logo blog

24 November 2017

Jenis-Jenis Biji Kopi di Dunia yang Perlu Diketahui

Jenis-Jenis Biji Kopi di Dunia yang Perlu Diketahui

Jenis-Jenis Biji Kopi di Dunia yang Perlu Diketahui

Piring Kuliner-Sahabat setia, masih dengan pembahasan tentang kopi. Seperti yang telah kita ketahui bersama, kopi adalah hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk.

Lain dulu lain sekarang, kalau pada zaman dahulu kopi hanya dikenal dengam dua jenis saja yaitu kopi arabica dan robusta. Maka berbeda dengan saat ini, dimana kopi telah berkembang dengan cepatnya sehingga bermunculan jenis kopi yang bervariasi. Dan, masing-masing jenis kopi yang ada memiliki proses penyajian dan pengolahan yang unik. Juga berbeda dalam hal rupa dan rasa, hal inilah yang kemudian menjadi ciri khas tersendiri bagi masing-masing jenis kopihitam di dunia.

Berbicara tentang jenis kopi, jenis kopi yang pertama akan kita bahas adalah Kopi Hitam. Yang tentunya juga, kopi jenis ini adalah kopi yang sangat familiar di setiap kalangan. Hampir tidak ada orang yang tidak mengenal Kopi Hitam. Di samping itu, kopi hitam adalah kopi pertama yang telah ada di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda. Orang juga banyak menyebutnya sebagai kopi murni, yang dipercaya berkhasiat sebagai teman pengusir rasa kantuk. Padahal lebih dari itu, kopi hitam bisa dimanfaatkan untuk mengusir penyakit jika dikonsumsi dengan benar.

Berbicara Kopi Hitam, tentunya minuman ini bukan hanya minuman yang populer di negara kita saja ya, namun lebih dari pada itu, dunia juga mengetahui jenis minuman pengusir kantuk seperti kopi hitam ini. Sebenarnya ada banyak sekali varian minuman kopi hitam yang sering kita temui kala mampir atau berkunjung ke Cafee tertentu dengan melihat daftar isi yang ada. Namun, sebenarnya ada dua saja jenis biji kopi di dunia ini yang digunakan sebagai bahan olahan menjadi berbagai jenis minuman kopi yang beragam varian. Berikut kami jelaskan:

*Jenis-Jenis Biji Kopi Hitam:

  • Biji Kopi Arabica
  • Biji Kopi Robusta
  • Biji Kopi Luwak

1. Biji Kopi Arabica

Jenis biji kopi yang satu ini merupakan jenis kopi tradisional dengan cita rasa serta populasi terbanya di dunia. Sebab sebagian besar olahan kopi di dunia ini menggunakan jenis kopi dengan tipe ini. Mengenai asalnya, Kopi Aarabica berasal dari negara Ethiopia. Namun saat ini kopi jenis Arabica juga banyak dibudidayakan di hampir seluruh negara belahan dunia termasuk Indonesia.

Pada umumnya kopi ini banyak tumbuh subur di negara yang memiliki iklim tropis atau subtropis. Kopi Arabica juga banyak tumbuh di dataran dengan rata-rata tinggi 600-2000 m di atas permukaan laut. Biji kopi yang dihasilkan oleh jenis Kopi Arabica ini berukuran cukup keci dengan warna hijau sampai merah gelap.

2. Biji Kopi Robusta

Nah, kalau kopi yang satu ini, cocok buat sobat yang suka pahit dan melek malam hari. Sebab, Kopi Robusta memiliki kandungan cafein yang kadarnya lebih banyak dibandingkan dengan Kopi Arabica. Namun, sebab rasanya lebih asam dan pahit, kopi ini dijadikan kopi nomer dua setelah Arabica sebab jarang diminati (keculi bagi para pecinta Cofee.. hehehe).

Menurut cerita, kopi tipe ini berkembang awal mulanya dari negara Kongo pada tahun 1898. Selain rasanya yang pahit, kopi jenis Robusta memang sangat sulit ditumbuh kembangkan di sembarang tempat sebab memiliki habitat minimal dalam ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Serta ditambah dengan kelemahannya yang rentan diserang hama.

3. Kopi Luwak

Sebelum membahasa jenis kopi yang satu ini. Percaya atau tidak, Setiap daerah memiliki ciri khas serta keunikan tersendiri dengan melabelkan hasil Kopi miliknya. Ada istilah Kopi Thailand, Kopi Tubruk, Kopi Herbal, Kopi Arang dan masih banyak lagi. Padahal, tetap saja yang namanya kopi apapun jenisnya mesti berasal dari dua jenis kopi di atas: Kopi Arabica, Kopi Robusta.

Termasuk juga jenis kopi yang terakhir, sebenarnya adalah dua jenis kopi di atas namun menjadi bahan makanan hewan yang bernama Luwak. Kopi lalu difermentasi di dalam perut binatang tersebut lalu keluar menjadi kotoran padat serta sudah berbentuk kopi. Sepintas memang terdengar jijik. Namun, jangan ditantang rasanya. Mengenai bagai mana hukumnya, silakan baca artikel dengan judul Hukum Meminum Kopi Luwak.

Meskipun demikian, jenis kopi yang satu ini merupakan salah satu jenis kopi yang berasal asli dari negara kita Indonesia. Bahkan tak ada alasan yang kuat secara pasti akan kenikmatan serta cita rasanya yang sangat unik untuk menyanggah harga jualnya yang paling mahal di dunia dibanding dengan tipe kopi lainnya.

Sobat, setelah kita tahu jenis kopi di dunia, dalam pembahasan selanjutnya kami akan mengenalkna pada anda semua jenis-jenis minuman kopi yang telah diolah berasal dari tiga jenis kopi di atas.

Jangan lewatkan artikel-artikel kami selanjutnya ya. Selamat berimajinasi. Salam pecinta kopi Nusantara. Jangan lupa pula untuk berkomentar serta menShare artikel ini. Tentunya, jika dirasa bermanfaat ya....

2 komentar

kopi tipe robusta paling enak gan, favorite saya walaupun paling pahit tapi rasa kopinya enak banget

bagi cofeers sejati sih emang paling enak yang rasanya pahit gitu gan.. begitupula saya :D

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon