logo blog

24 Januari 2018

Atasi Perut Kembung Bayi Anda dengan Cara Ini!

Cara Mengobati & Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Piring Kuliner-Sahabat, salah satu penyebab yang membuat orang tua bingung adalah terjadinya perut kembung pada bayi. Bagaimana tidak? Bayi yang biasanya ceria mendadak menjadi rewel dan terlihat seperti bunga layu. Bila perutnya diketuk terdengar bunyi "bung bung", seolah banyak udara di dalam perut si bayi.

Selain perut kembung, bayi juga rentan menderita sakit demam dan flu atau pilek. Namun, ibu tak perlu khawatir sebab kami telah menyajikan infonya dalam artikel kami sebelumnya. Silakan baca:
  • Ternyata Begini Cara Mengobati dan Mencegah Flu pada Bayi
  • 4 Resep Ramuan Tradisional Untuk Turunkan Demam Pada Anak
Perut kembung terjadi akibat adanya gas yang berlebihan di dalam saluran cerna. Bayi memang sangat rentan mengalami kembung pada perutnya, dikarenakan sistem pencernaan yang belum mampu bekerja secara sempurna. Hal ini akan menyebabkan bayi sering menggeliat, menangis terus menerus, dan bahkan sulit untuk tidur.

Jika bayi mengalami perut kembung tetapi bayi masih tetap aktif dan ceria seperti biasa, maka anda sebagai orang tua tak perlu khawatir namun juga harus tetap waspada agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi pada bayi anda.

Dan pada dasarnya penyebab perut kembung pada bayi adalah gangguan normal yang sangat wajar terjadi, namun juga bisa menjadi indikasi hernia pada bayi.

Sedangkan seorang bayi tidak bisa mengatakan apa yang dirasakan sehingga mereka akan memberikan tanda-tanda yang kurang nyaman, maka dari itu sudah menjadi kewajiban orang tua untuk selalu memperhatikan bayi anda sekaligus harus juga mengetahui cara apa yang akan diambil untuk mengatasi jika terjadi gangguan kesehatan pada bayinya.

Berikut akan kami urai beberapa cara yang dapat anda gunakan sebagai alternatif tercepat untuk mengatasi perut kembung pada bayi:

*Cara Mengobati & MengatasiPerut Kembung pada Bayi:


1. Kurangi memberikan susu formula

Perut kembung pada bayi bisa saja terjadi akibat terlalu banyaknya susu formula di dalam perut bayi. Karena sebenarnya memberikan susu formula pada bayi kurang bagus bagi kesehatan dan pertumbuhan bayi, lebih baik cukup berikan ASI.

Namun jika bayi anda tidak menyusu formula, maka anda dapat menggunakan cara lain di bawah ini untuk mengatasinya.

2. Gosok perut bayi

Menggosok perut bayi dengan minyak telon atau sejenisnya juga sangat membantu untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Caranya adalah gosokkan minyak telon disertai pijatan lembut dari arah punggung ke pusar, tekan sedikit jika mendekati pusar. Maka hal ini akan menghangatkan bayi dan membantu meredakan perutnya yang kembung hingga bisa keluar melalui kentut atau sendawa.


3. Pijat dengan bawang merah

Jika menggukan cara menggosok perut bayi dengan minya telon tidak mempan, maka anda bisa gunakan bawang merah untuk melakukan pijatan lembut pada bayi anda. Caranya adalah kupas bawang merah dan cuci hingga bersih, lalu hancurkan hingga lembut.

Kemudian usapkan tipis-tipis pada perut bayi mulai bagian punggung bawah. Sertakan pijatan lembut dengan tiga jari anda agar tidak terasa sakit pada bayi. Namun perlu diperhatikan, jangan mengusapkan bawang merah terlalu banyak karena dapat menyebabkan masalah pada kulit bayi.

4. Stimulasi sendawa

Cara ini selain digunakan untuk mengatasi cegukan pada bayi, juga baik untuk mengatasi perut bayi yang kembung. Karena dengan bersendawa maka akan membantu melegakan otot diafragma pada perut dan membantu agar tidak ada udara yang terperangkap pada saluran pencernaan bayi.

Stimulasi sendawa dilakukan ketika bayi selesai disusui. Caranya mudah saja, gendong bayi dengan posisi tegak, sandarkan kepalanya pada bahu anda, kemudian tepuk punggung bayi secara perlahan hingga si bayi mulai bersendawa.


5. Buat posisi bayi seperti akan terbang

Gerakan ini adalah gerakan yang sangat baik untuk membantu melepaskan gas perut pada bayi anda. Caranya adalah dengan membuat posisi wajah bayi berada di atas lengan tangan anda, dan kaki bayi berada di atas pergelangan tangan yang lain.

Posisi ini akan membuat berat badan bayi bertumpu pada perut bayi, kemudian gosok lembut di bagian punggung bayi maka hal ini akan membantu membuang gas perut pada bayi dan akan terasa lebih nyaman.

6. Gerakkan kaki bayi seperti orang bersepeda

Membuang gas perut bayi bisa dikatakan adalah hal yang cukup menantang bagi para bunda. Selain cara di atas, anda juga bisa menggunakan cara ini. Caranya adalah gerakkan kaki bayi anda seperti sedang mengayuh sepeda. Lakukan dengan lembut sambil ajak bayi berkomunikasi agar tertawa. Gerakan kaki semacam ini akan membantu menekan bagian perut dan mendorong gas perut bergerak ke atas hingga kerongkongan bayi. Langkah ini juga bisa mengatasi rasa lelah pada bayi.


7. Biarkan bayi bergerak aktif

Jika anda menjadi orang tua terutama seorang bunda. Jangan pernah membatasi ruang gerak bayi anda, meskipun sebetulnya anda merasa khawatir. Berbagai gerakan yang sesuai dengan pola perkembangan dan kemampuan fisik bayi juga bisa membantu membuang gas perut bayi.

Jangan terlalu sering menggendong bayi anda karena hal itu akan menyebabkan bayi kurang aktif, sebaliknya biarkan bayi bermain dan bergerak aktif di tempat tidur atau di kereta dorongnya (bagi bayi yang sudah berumur 5 bulan ke atas).


Sebisa mungkin ajak bayi bermain dan belajar sesuai dengan perkembangan psikisnya. Berbagai gerakan alamiah bayi ini bisa membuat bayi bersendawa.


8. Mandikan bayi dengan air hangat

Air hangat sangat baik untuk membantu membuat perut bayi agar lebih nyaman. Cara ini bisa diterapkan kepada bayi yang baru lahir atau yang berumur beberapa bulan yang masih belum diberikan minuman atau makanan lain selain ASI.

Tetapi untuk bayi yang sudah diselingi dengan diberikan susu formula atau bubur, maka berikan juga minum sedikit air hangat.

9. Berikan pakaian hangat

Selain mandi air hangat, pakaian hangat juga penting untuk menjaga suhu tubuh bayi agar tetap merasa hangat. Ada baiknya jika bunda memiliki kebiasaan memakaikan minyak telon pada bayi seusai dimandikan, pakaikan pakaian hangat sekaligus kaus kakinya jangan lupa.

Jangan biarkan bayi bunda kedinginan karena pakaian yang dikenakan lengan pendek misalnya, hal itu akan sangat berdampak pada kesehatan bayi. Apalagi musim hujan dan cuaca dingin seperti sekarang.



10. Bedong bayi yang berumur kurang dari 2 bulan

Jika bayi anda masih sangat muda dan masih berumur kurang dari 2 bulan, maka anda bisa gunakan cara membedong bayi. Membedong bayi dengan baik dan benar akan mengurangi resiko bayi merasa kedinginan dan akhirnya berakibat kembung pada perutnya.

Karena terkadang bagi bayi yang baru lahir, kondisi udara dan lingkungan yang terlalu luas sangat tidak nyaman baginya.

11. Terapkan teknik menyusui yang benar

Teknik menyusui yang salah juga bisa mengakibatkan perut kembung pada bayi. Untuk itu bunda harus cerdas ketika menyusui karena harus bekerja sama dengan mulut bayi. Teknik menyusui yang benar adalah sebagai berikut:

  • Usahakan untuk menjaga posisi kepala dan leher bayi agar lebih tinggi dari posisi perut bayi.
  • Usahakan agar bayi selalu dalam posisi yang tepat ketika akan menyusu, jadi bukan udara yang masuk ke mulut bayi.
  • Pertimbangkan agar bayi tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat agar bayi tetap merasa nyaman.
  • Jika anda memberikan susu formula, maka sesuaikan ukuran botol, karet, dan lubangnya sesuai dengan umur serta kemampuan bayi dalam menghisapnya.
  • Jika susu formula dalam botol sudah hampir habis, maka bantu untuk menegakkan botol susu sehingga bayi tidak menghisap banyak udara yang bisa menyebabkan perut kembung.

Perut kembung adalah masalah yang biasa terjadi pada bayi, namun dalam kondisi tertentu jika bayi anda sering mengalami perut kembung maka segeralah bawa bayi anda ke dokter.

Karena perut kembung bisa juga terjadi akibat masalah medis seperti gangguan nutrisi pada bayi. Untuk itu, terkhusus bagi bunda harus jeli dalam menjaga dan merawat buah hatinya.

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon