logo blog

09 September 2017

Tips Memasak Rebung Serta Khasiat Ampuhnya

Tips Memasak Rebung Khasiat Ampuhnya
Rebung Udang Siap Saji
Piring Kuliner-Sahabat, kali ini kami akan berbagi trik memasak masakan yang menurut kami tidak banyak orang yang tau. Anda tau rebung? Rebung merupakan sejenis kecambah yang muncul atau tumbuh keluar di samping tanaman bambu. Tunas bambu ini dapat dijadikan salah satu alternatif bahan makanan sehari-hari. Banyak orang yang hanya memandang sebelah mata kepada makanan ini. Tanpa mereka tau khasiat dan manfaat yang terdapat di dalamnya.

Rebung merupakan salah satu sayur yang berasal dari hutan tradisional di China selama lebih dari 2.500 tahun. Tidak hanya lezat, tetapi rebung  juga kaya akan nutrisi, yang menjadikannya sebagai salah satu makanan kesehatan yang paling populer di dunia. Di Jepang, rebung disebut sebagai “Raja Sayuran hutan”. Nutrisi utama yang terdapat dalam rebung adalah protein, asam amino, lemak, gula dan garam anorganik. Rebung kaya akan protein, mengandung antara 1,49 dan 4,04 gram (rata-rata 2.65g) per 100g rebung segar. Rebung menghasilkan 8 protein penting dan dua asam amino semi esensial. Kandungan lemak dalam rebung relatif rendah yaitu hanya sekitar 0,26-0,94% saja, dan  juga sangat kaya akan asam lemak esensial. Kadar gula dalam rebung rata-rata berkisar 2,5% lebih rendah dibanding sayuran lainnya. Kandungan air dalam rebung kurang lebih mencapai 90%.

*Rebung juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya:
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Membantu mengontrol kolesterol
  • Menurunkan resiko kanker
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Menyehatkan sistem pencernaan
  • Mengobati bisul
  • Mengatasi gangguan pernafasan
  • Agen detoksifikasi
  • Agen uterotonika
  • Mengobati gangguan pada perut
  • Menurunkan tekanan darah


Ternyata banyak sekali bukan khasiat dan manfaat rebung untuk tubuh kita? Di samping mengetahui khasiat dan manfaatnya, anda juga perlu mengetahui trik dan tips cara memasaknya. Karena rebung ini dikenal dengan baunya yang langu atau pesing dan rasanya yang agak pahit. Kira-kira apa saja tipsnya? Simak di bawah ini beberapa tipsnya:

* Rebus terlebih dulu dan buang airnya

Untuk menghilangkan bau pesing dan rasa pahit pada rebung, Anda bisa merebus rebung terlebih dahulu hingga empuk, kemudian buang airnya. Tiriskan dan cuci kembali sampai bersih.

* Rebus dengan air kelapa.

Selain merebusnya dengan air biasa, anda juga bisa merebus rebung dengan air kelapa. Cara ini tidak hanya membantu hilangkan bau pesing dan rasa pahit, tapi juga menambah citarasa tersendiri. Rebus dengan air kelapa hingga empuk, lalu buang airnya dan rebung siap dimasak.

* Merendam dengan air kapur sirih

Merendam rebung yang sudah diiris kedalam air kapur sirih akan membantu mempertahankan tekstur rebung dan pastinya meminimalisir bau pesing.

* Rendam dengan air garam

Cara lain yang bisa dilakukan untuk hilangkan rasa pahit dan bau pesing yakni: merendam rebung mentah pada air garam selama 30 menit – 1 jam. Setelah itu, anda bisa merebusnya sebentar dan tiriskan. Baru rebung siap diolah menjadi aneka hidangan lezat.

* Rebus dengan daun jeruk dan salam


Cara sederhana lainnya untuk hilangkan bau pesing pada  rebung adalah dengan merebusnya bersama daun jeruk dan daun salam hingga empuk. Lalu buang airnya dan rebung siap diolah menjadi aneka masakan.

Baca Juga:
  • Tips dan Resep Makanan yang Ampuh Mencegah Kanker Serviks
  • 4 Resep Sajian Sehat Bergizi Ini untuk Anak Anda!
  • Resep Membuat Cumi Asam Manis Pedas Special

Itulah ulasan tentang khasiat rebung dan beberapa tips memasaknya. Semoga bermanfaat. Untuk resep memasaknya bias anda jumpai pada tulisan berikutnya. Bantu Share ya kawan!

1 komentar:

ternyata rebung khasiatnya banyak juga yah

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon