logo blog

25 Agustus 2017

Bakpau, Makanan Asli China atau Indonesia? Yuk Baca!

Bakpau, Makanan dari Antara Indonesia dan China?
Piring Kuliner-Sahabat setia, bukankah bakpao sangat populer di Indonesia? Bahkan sudah menjadi salah satu makanan atau cemilan favorit di kalangan masyarakat luas. Tetapi, apakah kalian pernah mencari tahu asal usul makanan ini? Kalau jawaban kalian belum pernah, maka jangan risau. Karena kali ini kami akan membahas sedikit tentang bakpao.

Sebelum beranjak ke sejarah dan perkembangan, ada baiknya kita ketahui terlebih dulu asal kata "bakpao". Bakpao berasal dari bahasa Tionghoa "hokkian" yang diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi "bakpao". Juga terdiri dari dua kata yaitu: "bak" yang berarti daging babi, dan "pao" yang berarti bungkusan. Dengan demikian arti kata bakpao secara harfiah adalah "daging babi yang dibungkus".

Bakpao yang terlihat hanya sekedar makanan ringan, nyatanya telah mempunyai sejarah yang cukup panjang. Dalam sejarahnya, yang menjadi tokoh pencipta legendaris bakpao ini adalah salah satu ahli strategis terbaik China, juga sebagai perdana menteri, insinyur, dan ilmuan yang bernama Zhuge Liang. Sejarah ini dimulai saat Zhuge Liang berjuang melawan pemberontakan besar-besaran di daerah Tiongkok Selatan

Karena Zhuge Liang sudah tidak mau menimbulkan pertumpahan darah lagi, apalagi ia tak sampai hati harus membantai orang-orang yang tak berdosa, maka ia pun berpikir keras selama beberapa waktu, sampai pada akhirnya ia menemukan sebuah ide.

Ia pun segera memerintahkan pasukannya untuk mencincang daging babi dan setelah daging itu dibumbui, diremas-remas, kemudian dimasukkan ke dalam adonan tepung. Adonan tersebut dibentuk menyerupai kepala manusia sebesar kepalan tangan orang dewasa, bulat namun rata didasarnya. Selanjutnya bulatan tepung itu dikukus hingga mengembang dan matang. Penganan ini kemudian diberi nama Bakpao (Baozi) yang selanjutnya dipersembahkan kepada para arwah gentayangan itu dalam bentuk ritual.

Namun pada perkembangannya, bakpao yang populer di Indonesia. Dan telah diolah dan diadaptasikan dengan lidah orang Indonesia. Bakpao ini memiliki banyak variasi isi dan rasa. Yaitu dapat diisi dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, srikaya manis, selai nanas, selai kacang kedelai, selai strawberry, kacang hijau, kacang hitam, kacang tanah, cokelat, keju dan masih banyak lagi variasi isi dan rasa lainnya sesuai selera.

Sedangkan kulit bakpao dibuat dari adonan tepung terigu yang diberi ragi untuk mengembangkan adonan, setelah diberi isian, adonan dibiarkan sampai mengembang lalu di kukus sampai matang. Untuk membedakan isi bakpao tanpa daging (vegetarian) biasanya di atas bakpao diberi titikan warna, demikian juga dengan isian yang lain diberi tanda warna yang berbeda-beda.

Baca Juga: Humberger, dari Manakah Makanan Ini?

Bagian paling menantang dari pembuatan bakpao ini adalah untuk mendapatkan tekstur yang halus dan warna kulit yang putih. Dua hal ini menjadi penanda bakpao sukses dibuat, selain dari tampilannya yang mulus tanpa keriput. Anda juga bisa membuat bakpao ini tanpa menggunakan obat ataupun pelembut, asal dibuat dengan baik dan benar.

Asal ketemu asal, akhirnya bakpao lebih dominan dikenal sebagai jajanan khas Indonesia. Nyatanya, sebagaimana anda baca di atas tadi, bakpau ternyata terlahir bukan dari negara kita. Melainkan dari negara yang juga benua Asia yaitu China. 

Itulah pembahasan singkat mengenai asal usul bakpao dan rahasia yang ada dibalik teksturnya yang halus dan lembut. Baru tahu bukan? Semoga ulasan kami tentang asal usul dan rahasia dibalik lembutnya bakpao ini bermanfaat untuk anda semua.

1 komentar:

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon