logo blog

23 Januari 2018

Ternyata Begini Cara Mengobati dan Mencegah Flu pada Bayi

cara mengobati dan mencegah flu bayi

Cara Mengobati dan Mencegah Flu Bayi

Piring Kuliner-Sahabat sekalian, kelahiran seorang bayi merupakan idaman semua pasangan baik yang baru menikah maupun yang sudah menanti sekian tahun sebagai tanda cinta di antara kedua pasangan tersebut. Dengan adanya seorang bayi, maka rumah tangga akan terasa lengkap dan semakin harmonis.

Karena rasa bahagia kedua pasangan atas kehadiran buah cinta di antara mereka, maka sebagai gantinya mereka harus memberikan perhatian lebih dalam menjaga dan merawat buah cinta yang mungil itu.

Juga sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan karena telah mempercayai pasangan itu dengan memberikan anugerah terbesar dalam hidup mereka.

Terlepas dari semua rasa suka cita dan bahagia, tidak bisa dipungkiri bahwa bayi tidak sama dengan orang dewasa, karena apa? Daya tahan tubuh yang dimiliki bayi masih sangat lemah. Karenanya seorang bayi sangatlah rentan untuk terkena virus dan terserang penyakit. Salah satu penyakit yang pasti akan dialami seorang bayi adalah flu (pilek).

Sebelum lanjut membaca artikel ini lebih dalam, jangan lupa untuk membaca juga artikel kami lainnya:
  • Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur
  • 4 Resep Ramuan Tradisional Untuk Turunkan Demam Pada Anak


Flu atau pilek yang terjadi pada bayi disebabkan oleh berbagai hal seperti:

  • Terpapar oleh asap rokok
  • Tertular oleh orang dewasa yang sedang flu juga. Bisa saja ayah bundanya, kakek, nenek, atau orang-orang di sekitarnya
  • Bayi tidak mendapatkan ASI eksklusif
  • Perubahan suhu, yang mengakibatkan bayi harus beradaptasi kembali dengan suhu yang baru, dsb.

Saat bayi terkena flu, maka yang terjadi adalah pertama bayi anda akan demam, biasanya juga disertai batuk, sering menangis, sulit tidur, dan bahkan lemas karena tidak mau makan atau minum ASI.

Untuk itu, sebagai orang tua harus bijak dalam mengatasi masalah ini. Nah, kami punya beberapa cara untuk mengobati dan mencegah flu pada bayi, berikut ini uraiannya:

*Tips Mengobati dan Mencegah Flu pada Bayi

1. Berikan ASI

Cara mengobati dan mencegah flu bayi yang pertama, adalah dengan mengatur pola asupan yang didapat oleh bayi. Bagimanapun mahalnya atau sebagus apapun merk sebuah sufor (susu formula), masih jauh lebih baik ASI untuk diberikan pada bayi anda. 

Karena pemberian ASI ekslusif akan menjadi obat alami untuk mengobati flu pada bayi. Bukan hanya mengobati, tapi juga mencegah flu ataupun penyakit lain yang mungkin akan menyerang bayi anda karena pada ASI mengandung antibodi khusus yang bermanfaat bagi kekebalan tubuh bayi.

Dengan catatan, pola makan minum serta pola hidup sang bunda juga harus dijaga dan diperhatikan, karena bagaimanapun hal itu akan berdampak pada si bayi baik dalam hal kesehatannya maupun dalam hal tumbuh kembangnya.

2. Berikan susu formula

Bagi bayi yang terbiasa dengan susu formula karena ASI dari ibunya sulit keluar atau karena alasan lain, maka sama saja anda harus tetap memberikannya susu formula selagi si bayi flu. Meskipun sufor tidak mengandung antibodi khusus seperti ASI, tetapi sufor bisa mencegah bayi anda agar tidak dehidrasi.

Sufor akan menyumbangkan berbagai jenis vitamin dan mineral yang terkandung dari susu olahan. Dengan berbagai nutrisi ini setidaknya akan mambantu memperkuat tubuh bayi anda dan mencegah agar tubuh bayi terhindar dari flu dan tidak terlalu lemah.

Namun jika flu bayi anda disertai diare, maka sebaiknya dihentikan pemberian sufor dan segera bawa ke dokter saja.

3. Mengatur posisi tidur bayi

Cara mengobati dan mencegah flu bayi tidak cukup hanya dengan mengatur makanan dan suhu keadaan saja. Ketika bayi tidur saat flu, maka umumnya bayi sulit merasa nyaman dan sering terbangun. Untuk mencegah bayi dari gangguan itu, maka tinggikan posisi di bagian kepala bayi saat menidurkannya. 

Posisi ini dapat mempermudah aliran lendir dari hidung bayi sehingga bayi dapat bernafas dengan baik. Untuk itu anda dapat mencoba memposisikan beberapa handuk yang lembut di bawah kepala bayi.

4. Matikan AC atau kipas angin

Saat bayi anda flu, maka jangan gunakan AC ataupun kipas angin di dalam rumah terlebih dalam kamar si bayi. Hal ini untuk menjaga temperatur suhu di dalam ruangan agar tetap hangat sehingga membantu bayi yang sedang flu agar segera sembuh.

Meskipun bayi anda tidak dalam keadaan flu, sebaiknya tidak usah juga menggunakan AC atau kipas angin untuk mendinginkan ruangan, karena hal itu tidak baik bagi tumbuh kembang si bayi. Jika terjadi kepanasan, maka cukup gunakan kipas manual saja.

5. Gunakan uap alami

Apa yang dimaksud dengan uap alami? Ya, uap yang bisa anda buat sendiri di rumah dinamakan uap alami yaitu air panas. Untuk bayi yang sedang flu, anda bisa didihkan air dan letakkan di dalam sebuah wadah.

Kemudian dekatkan pada si bayi yang sedang flu, namun jangan terlalu dekat karena akan membuat bayi kepanasan. Biarkan bayi anda menghirup uap dari air panas tersebut, karena air panas dipercaya bisa melegakan hidung bayi yang tersumbat ingus hingga menyebabkan bayi menjadi kesulitan untuk bernafas.

6. Hangatkan bayi

Tubuh bayi yang terkena dingin tentunya sangat berpotensi membuat bayi terserang penyakit flu. Untuk itu, demi menghindarkan bayi anda dari penyaki flu. Hal yang perlu anda lakukan ialah dengan memberikan kehangatan pada bayi.

Kehangatan tersebut tentunya dapat membantu melegakan hidung bayi yang tersumbat. Anda dapat memandikan bayi dengan menggunakan air hangat, lalu menjemurnya agar tubuh bayi terkena sinar matahari alami.

7. Bersihkan lendir pada hidung bayi

Nah,  sobat, cara mengobati dan mencegah flu bayi yang satu ini merupakan salah satu cara klasik yang banyak dilakukan oleh para ibu-ibu pendahulu.

Dimana Lendir pada hidung adalah hal yang sangat menyiksa bayi, karena lendir inilah yang menyumbat hidung dan menjadikan kesulitan bernafas dan bayi menjadi susah tidur. Karena bayi tidak bisa membersihkan ingusnya sendiri, maka telah menjadi tugas orang tuanya untuk membantu membersihkan.

Caranya adalah, seorang ibu akan menyedotnya langsung dengan mulut ingus atau lendir pada hidung bayi mungilnya untuk membantu mengeluarkan lendir tersebut hingga bayinya tidak merasa kesulitan untuk bernafas lagi, namun nampaknya cara ini adalah cara kuno yang diterapkan oleh orang zaman dahulu.

Lain halnya dengan zaman sekarang, saat ini sudah tersedia alat hisap khusus yang dapat dibeli di apotik.

8. Kunjungi dokter anak

Jika berbagai cara di atas telah bunda lakukan dan ternyata tidak membuahkan hasil, maka cara terakhir adalah dengan membawa bayi anda pergi ke dokter agar bayi anda mendapatkan perawatan yang tepat dan intensif.

Jangan bairkan bayi anda mengalami flu yang berkelanjutan, dalam tempo 3 hari saja belum sembuh maka anda harus segera ambil tindakan. Karena bisa mengakibatkan gejala penyakit lain yang akan mengganggu tumbuh kembang bayi dan penurunan berat badan bayi.

Itulah sedikit uraian yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengobati dan mencegah flu pada bayi, semoga dengan adanya artikel ini akan menambah pengetahuan kita sebagai orang tua atau yang masih menjadi calon orang tua, sehingga tidak akan panik dan kebingungan lagi ketika bayinya terserang penyakit flu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon