logo blog

07 Oktober 2017

Beberapa Makanan untuk Penderita Darah Rendah

Beberapa Makanan untuk Penderita Darah Rendah

Daftar Makanan untuk Penderita Darah Rendah

Piring Kuliner-Pusing adalah salah satu gejala penyakit yang sering dialami oleh siapapun. Ada kalanya rasa pusing yang kita alami adalah karena sakit kepala biasa, dan ada kalanya juga rasa pusing juga gejala dari kurang darah atau anemia. Maka dari itu, apa salahnya jika kita lebih berhati-hati akan apapun yang terjadi pada diri kita, demi kebaikan kita sendiri.

Jika suatu saat anda merasa pusing saat mengubah posisi dari posisi jongkok ke berdiri, atau dari posisi tidur lalu bangun, bukan tidak mungkin jika anda sebenarnya sedang menderita darah rendah. Tekanan darah yang rendah menyebabkan tubuh merasa lemas, cepat lelah, nafsu makan jadi berkurang, dan bahkan terkadang juga merasa mual. Kata pepatah "lebih baik mencegah dari pada mengobati".

Baca Juga: Jenis Makanan Penambah Darah yang Harus Anda Tau!

Untuk itu, anda perlu memperhatikan makanan apa saja yang diperbolehkan bagi penderita darah rendah. Karena tidak semua makanan aman bagi masing-masing tubuh yang mempunyai permasalahan dengan penyakit yang berbeda pula. Adapun Beberapa Makanan untuk Penderita Darah Rendah, kurang lebih berikut ini:

Daftar Beberapa Makanan untuk Penderita Darah Rendah:

1. Gule Kambing

Seperti pada pembahasan sebelumnya, bahwa daging merah (ex: kambing, sapi, kerbau) adalah baik untuk penderita darah rendah. Makanan dengan kuah santan ini terkenal di kalangan masyarakat akan khasiat ampuhnya untuk menambah darah. Tapi perlu diingat, jangan berlebihan juga dalam mengonsumsinya karena bisa-bisa berganti penyakit menjadi darah tinggi (hipertensi).

2. Sate Kambing

Nah, Makanan untuk Penderita Darah Rendah yang satu ini bisa dibilang paling ampuh. Selain gule kambing, anda juga bisa mengonsumsi sate kambing sebagai penambah darah. Terutama bagi anda yang kurang suka dengan gule dengan alasan tidak tahan dengan bau kambing yang menyengat, satelah solusinya. Menu makanan apa saja yang berbau kambing sangat cocok untuk penderita darah rendah.

3. Urap-urap Daun Singkong

Kenapa daun singkong? Karena di dalam daun singkong, terdapat kandungan gizi yang lengkap, seperti: zat besi, protein, phosphor, Vitamin C, Vitamian B-1, kalsium, lemak dan karbohidrat. Yang kesemuanya itu bermanfaat sebagai penambah darah dan meningkatkan produksi sel-sel darah merah.

4. Bubur Kacang Hijau

Selain bermanfaat untuk ibu hamil, kacang hijau juga bermanfaat untuk penderita darah rendah. Bukan hanya itu, kacang hijau memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan gizi yang ada di dalam kacang hijau. Kacang hijau terbukti dapat menstabilkan produksi sel-sel darah merah, membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah, serta menjaga daya tahan tubuh.

5. Sayur Kacang Panjang

Telah dibuktikan bahwa kacang-kacangan terbukti ampuh untuk menambah darah, tidak terkecuali kacang panjang. Anda dapat memasaknya menjadi sayur bening atau memasaknya sebagai bahan pecel ataupun rujak. Tetapi jika anda membuatnya menjadi pecel atau rujak, sebaiknya jangan dibuat pedas karena penderita darah rendah dilarang mengonsumsi makanan yang pedas-pedas.

6. Oseng Hati Ayam

Selain daging, hati ayam adalah yang mempunyai kandungan asam folat dan vitamin B12 cukup tinggi. Anda bisa menjadikan menu olahan hati ayam sebagai pilihan menu makanan ketika anda menderita darah rendah. Bukan hanya hati ayam sebenarnya, hati sapi atau yang lainnya juga sama saja.

7. Jus Lemon

Antioksidan yang terkandung di dalam lemon berfungsi untuk mengatur sirkulasi darah dan menjaga tekanan darah. Jika anda merasa lelah atau lemas karena menurunnya tingkat tekanan darah, minumlah segelas jus lemon dicampur dengan sedikit gula dan garam untuk mengontrol tekanan darah anda.

8. Jus Alpukat

Alpukat adalah jenis buah-buahan yang paling banyak kandungan zat besi di dalamnya. Maka jangan heran, jika buah bertekstur lembut berwarna kuning berlapis hijau ini sangat disarankan bagi mereka penderita darah rendah.

9. Teh Rosemary

Teh rosemary juga termasuk dalam makanan untuk darah rendah. Rasa asam manis khas teh ini, akan menciptakan rasa segar setelah anda meminumnya. Tanaman ini dikenal merupakan mampu mengatasi tekanan darah rendah. Untuk hasil yang maksimal, minumlah teh rosemary secara rutin.

10. Jus Wortel

Siapa yang menyangka? Selain terkenal sebagai sayuran yang mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi, wortel juga terbukti dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengendalikan kadar tekanan darah anda. Untuk mendapatkan hasil terbaik, tambahkan 2 sendok makan madu ke dalam jus wortel ini. Minum saat perut dalam keadaan kosong. Agar tekanan darah dapat stabil dengan cepat, minumlah dua kali dalam sehari siang dan sore hari secara rutin.

11. Susu

Susu juga merupakan minuman yang sangat dianjurkan bagi penderita darah rendah. Sebab asupan gizi dalam susu sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh. Jika anda menginginkan tekanan darah anda kembali stabil dengan cepat, minumlah susu kambing atau sapi asli.

Baca Juga: Daftar Makanan Sehat dan Dianjurkan Untuk Ibu Hamil
Lepas dari semua makanan-makanan yang telah diuraikan di atas, penderita darah rendah juga dianjurkan untuk meminum air putih yang banyak, minimal 250 ml (8-10) gelas per hari. Sehat itu sangat berharga bukan? Siapa lagi yang akan menjaga kesehatan kita, kalau bukan diri sendiri. 

Mungkin cukup sekian yang dapat kami sajikan terkait Beberapa Makanan untuk Penderita Darah Rendah. Jika dirasa bermanfaat, silakan dishare ya sobat. Semoga bermanfaat.

2 komentar

boleh dicoba nih
nice info gan

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon