logo blog

04 Oktober 2017

Jenis Makanan Penambah Darah yang Harus Anda Tau!

Jenis Makanan Penambah Darah yang Harus Anda Tau!

Jenis Makanan Penambah Darah yang Harus Anda Ketahui!

Piring Kuliner-Sahabat, sangat tidak menyenangkan jika tubuh kita terserang peyakit. Penyakit apapun itu, salah satunya kurang darah atau tekanan darah rendah atau anemia.  Anemia adalah berkurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin di dalam darah. Hemoglobin (hb) adalah suatu senyawa protein pembawa oksigen di dalam sel darah merah. Sel darah merah diproduksi di dalam sumsum tulang. Sebagai bahan baku diperlukan zat gizi dari makanan, termasuk berbagai vitamin (B2, B12) dan mineral (zat besi).

Sebelum terkangkit atau terserang penyakit, ada baiknya kenali dulu gejala-gejalanya. Gejala yang akan timbul jika seseorang terserang penyakit anemia adalah sebagai berikut:

  • Mudah letih bila melakukan aktivitas fisik atau mental
  • Nafas pendek
  • Pusing
  • Tidak nafsu makan
  • Wajah terlihat pucat

Jika anda mengalami salah satu dari gejala-gejala di atas, bukan tidak mungkin jika anda pun terserang penyakit anemia. Untuk itu, anda perlu mengetahui jenis-jenis makanan yang dapat mengatasi dan mencegah anemia. Hal ini tentu lebih aman untuk dilakukan daripada harus mengonsumsi obat-obatan atau suplemen penambah darah yang dijual secara bebas di pasaran. Kalau ada yang lebih aman, kenapa pilih yang beresiko?

Baca Juga: Daftar Makanan Sehat dan Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Pada umumnya, orang yang terkena anemia adalah mereka yang kekurangan asupan zat besi. Oleh karena itu, orang yang terkena anemia membutuhkan asupan zat besi dari berbagai jenis makanan penambah darah. Nah, jenis makanan apa saja sih yang ampuh menambah darah itu? Di bawah ini kami jelaskan beberapa Jenis Makanan Penambah Darah yang Harus Anda Tau!

*Jenis Daging Penambah Darah


1. Daging bebek

Daging bebek merupakan makanan hewani yang dapat menambah darah yang sudah sangat terkenal, untuk anda yang saat ini sedang mengalami anemia bisa mengkonsumsi daging bebek untuk menambah darah anda.
2. Daging Merah
Yang dimaksud daging merah disini adalah: daging sapi, kambing dan kerbau. Daging merah kaya akan protein hewani dan banyak mengandung zat besi (Fe), protein dan mineral lainya. Keberadaan zat besi akan mampu meningkatan haemoglobin dengan cepat. Protein juga diperlukan untuk menyusun sel-sel darah merah. Selain dalam daging, protein juga ditemukan dalam telur, ikan, dan kacang-kacangan. Untuk kesehatan tubuh, hindarkan konsumsi daging berlebih karena akan meningkatkan risiko cardiovaskuler.
3. Ikan
Ikan mengandung asam lemak Omega 3. Pada telur ikan mengandung nutrisi protein, karbohidrat, dan zat besi. Ikan salmon contohnya, bermanfaat untuk menambah darah karena selain mengandung Omega 3 juga mengandung Vitamin B12 untuk pembentukan sel-sel darah.

4. Daging dan hati ayam
Protein hewani dapat menaikkan tekanan darah dan anemia, selain itu protein juga berfugsi untuk membangun sel-sel darah merah. Hati juga mengandung zat besi yang bermanfaat untuk penambah darah

*Jenis Sayuran Penambah Darah


1. Bayam

Sayuran penambah darah ini mengandung banyak zat besi, sehingga menjadi makanan nomor satu yang disarankan dokter bagi penganut vegetarian yang menderita anemia. Selain zat besi, bayam juga kaya akan Vitamin C, kalsium, Vitamin B9 dan beta karoten. Bayam dapat dimakan dalam keadaan ditumis atau sayur bening, karena kuah yang dipakai merebus bayam juga mengandung banyak sekali zat besi yang dibutuhkan tubuh.

2. Brokoli

Sayuran yang terkenal mengandung anti oksidan dan dapat mencegah penyakit kanker ini ternyata juga berperan sebagai sayuran penambah darah lho. Kandungan zat besi dan asam folat pada sayuran ini mampu mengisi persediaan zat besi dan asam folat bagi para konsumennya. Untuk mendapatkan jumlah asam folat yang optimal dari brokoli, usahakan untuk tidak memasak sayuran ini sampai terlalu matang karena akan mengurangi kadarnya.

3. Jamur

Bagi anda penggemar jamur haruslah merasa beruntung, karena jamur merupakan sayuran penambah darah yang baik. Jamur mengandung banyak zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk menaikkan kadar darah.

Selain 3 sayuran yang kami sebut di atas, sayuran hijau lainnya juga mampu membantu untuk meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh kita. Pokoknya sayuran yang berwarna hijau itu penting untuk meningkatkan kadar (hb) dalam darah. Adapun yang kami sebut di atas adalah sayuran yang terbukti paling ampuh untuk menambah darah dan mempunyai kadar zat besi yang tinggi.

*Jenis Buah-buahan Penambah Darah


1. Tomat
2. Jambu biji
3. Mangga
4. Buah Naga
5. Apel
6. Alpukat
7. Aprikot
8. Kismis
9. Kesemek
10. Kurma
11. Terong Belanda
12. Semangka

Dan masih banyak lagi yang lainnya. Buah-buahan yang tersebut di atas adalah buah-buahan yang mengandung banyak zat besi, zat fosfor, vitamin c, vitamin B12, vitamin B9, dan lain sebagainya. Yang tentunya buah-buahan tersebut baik untuk mengatasi masalah anemia dan mencegahnya.

*Jenis Minuman Penambah Darah


Adapun untuk jenis minuman, anda bisa mengonsumsi susu secara teratur di pagi dan malam hari untuk menambah darah. Ada baiknya susu yang anda minum adalah susu hasil dari sapi perah asli, atau susu kambing yang anda masak sendiri. Namun jika tidak ada, anda juga bisa meminum susu kalengan yang dijual di swalayan atau indomart sebagai gantinya.

Anda juga bisa mengonsumsi sari kedelai. Karena di antara berbagai jenis kacang-kacangan, kacang kedelai mempunyai kandungan zat besi terbanyak. Jadi anda bisa juga mengonsumsi sari kedelai atau susu kedelai. Atau bisa juga tahu dan tempe yang berasal dari olahan kacang kedelai juga.

Itu dia sekilas ulasan dari kami tentang Jenis Makanan Penambah Darah yang Harus Anda Ketahui. Kalau ada makanan dan buah-buahan yang enak, kenapa harus memilih obat yang pahit? Yuk, mulai sekarang biasakan mengonsumsi jenis-jenis makanan dan buah penambah darah secara rutin! Agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga. Semoga bermanfaat..

3 komentar

kalau makanan penguat .... heheh

kefiting campur bodrex mas baist..

manfaat sekali artikelnya,hidup sehat alami ternyata mudah

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon