logo blog

14 Januari 2018

Tips Mengetahui Sayur dan Buah Bebas Pestisida

Tips Mengetahui Sayur dan Buah Bebas Pestisida

Tips Mengetahui Sayur dan Buah Bebas Pestisida

Piring Kuliner-Sahabat setia pembaca piring kuliner, semakin tinggi ilmu pengetahuan semakin tinggi pula teknologi untuk meningkatkan komoditi pertanian. Yang salah satunya adalah menggunakan pupuk maupun penggunaan pestisida demi membasmi hama tanaman.

Pestisida merupakan senyawa kimia yang tidak mudah terurai. Jika terkonsumsi, residu pestisida tidak akan mudah untuk dikeluarkan dan akan mengendap di dalam tubuh. Dalam jumlah yang kecil, tubuh masih dapat menetralisir residu pestisida. Namun jika dikonsumsi secara terus menerus dan tidak diketahui, maka akan sangat berbahaya dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Di samping manfaatnya untuk meningkatkan produksi hasil pertanian, dampak negatifnya juga tak kalah besar. Meskipun begitu, masih saja banyak oknum petani yang nekat dan berani untuk menggunakannya. Untuk itu, bagi petani sudah seharusnya jika mempunyai sikap tanggung jawab terhadap yang sudah dilakukannya, misal dengan mencuci sayur dan buah hasil pertaniannya terlebih dahulu sebelum menjualnya ke pasar atau orang lain.

Oleh karenanya kita sebagai konsumen, alangkah lebih baik jika kita mengetahui ciri sayur dan buah yang bebas pestisida itu seperti apa. Demi kebaikan diri kita sendiri dan orang tersayang di sekitar kita. Kira-kira tipsnya apa saja? Ikuti ulasan berikut:

1. Warna

Warna, mengapa warna ini menjadi tips pertama untuk mengetahui bahwa sayur dan buah yang akan kita beli adalah aman dan bebas pestisida? Ya, karena dari warna bisa kita lihat serta bedakan mana yang masih mengandung pestisida dan mana yang sudah bersih dari pestisida. Sayur ataupun buah yang bebas dari pestisida akan terlihat berwarna segar alami sesuai dengan warna asalnya. Sedangkan sayur dan buah yang masih mengandung pestisida akan terlihat seperti terselubung butiran berwarna abu-abu keputihan.


2. Rasa

Eits, jangan salah faham dulu. Rasa disini maksudnya bukan rasa di lidah, melainkan rasa di tangan ketika kita memegangnya. Bagaimanapun ketika kita akan membeli sayur atau buah, pasti kita akan memegangnya. Nah, sayur dan buah yang masih mengandung pestisida, pada tangan akan terasa kotor dan seperti ada abunya ketika kita pegang. Sebaliknya, sayur dan buah yang sudah bersih dari pestisida maka akan terasa kesat di tangan.


3. Aroma

Selain warna dan rasa, aroma juga penting untuk mengetahui sayur dan buah yang akan kita beli itu sudah terbebas dari pestisida atau masih mengandung pestisida. Aroma pestisida ini sangat menyengat, mirip-mirip bau karbit (bahan yang biasa digunakan untuk mempercepat kematangan buah). Tetapi jangan coba-coba menghirup dari jarak dekat, karena untuk sayur atau buah yang masih mengandung pestisida jika terhirup oleh manusia akan menyebabkan batuk-batuk atau bahkan sesak nafas yang akan berakibat fatal pada kesehatan tubuh. Cukup dari jauh saja sudah terdeteksi bau khas pestisida. Lain halnya dengan sayur dan buah yang sudah bersih dari pestisida, maka sudah aman untuk dicium aromanya atau dikonsumsi sekalipun.


4. Bekas Gigitan Ulat

Sayur dan buah yang telah digigit atau dimakan ulat sayur atau buah, akan meninggalkan bekas seperti lubang kecil pada permukaan. Sayur dan buah yang mempunyai lubang bekas gigitan ulat di permukaannya, dijamin telah terbebas dari pengaruh pestisida. Mengapa? Sayur dan buah yang terlihat sangat bagus dan tidak berlubang sedikitpun justru harus diwaspadai, karena ulat akan mati ketika memakan sayur dan buah yang mengandung pestisida. Jangankan sampai memakannya, terkena baunya dari jauh saja ulat akan mati seketika.


Kiranya itu saja tips mengetahui sayur dan buah bebas pestisida versi piring kuliner. Selain melakukan tips-tips di atas, jangan lupa untuk selalu mencuci bersih setiap akan memulai memasak. Ibu bijak adalah yang selalu melakukan yang terbaik bagi buah hati dan keluarganya. Salam sehat dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon