logo blog

26 Agustus 2017

Resep Membuat Kue Bika Ambon Khas Medan

Resep Membuat Kue Bika Ambon Khas Medan
Saran Penyajian Kue Bika Lezat
Piring Kuliner-Sahabat pembaca setia kami, anda tau kue bika Ambon? Jawabannya pasti iya. Tetapi pasti anda tidak pernah mengira bahwa kue yang satu ini bukanlah berasal dari Ambon, melainkan dari ibukota Sumatra Utara yaitu Medan. Pertanyaannya, mengapa disebut bika Ambon? Bukan bika Medan? Konon, pada mulanya salah satu toko yang menjual kue ini berada di jalan Ambon, kota Medan. Dari situlah kue berwarna kuning ini berasal. Dan hingga saat ini bika Ambon telah menjadi salah satu oleh-oleh khas kota Medan.

Banyak para kaum ibu dan remaja putri mengeluh akan sulitnya membuat Kue basah satu ini. Kebanyakan dari mereka gagal membuat resep bika Ambon sehingga keluar bolong bolong nya seperti sarang tawon dan hasil akhirnya bantet sehingga megurangi kelezatan bika Ambonnya. Memang butuh sedikit kesabaran dalam pembuatan kue ini, karena memakan waktu yang relatif lama yaitu pada tahap mendiamkan adonan selama kurang lebih 10 jam. Tetapi itu semua akan terbayarkan ketika anda dapat menikati kelegitan dari kue ini.

Baca Juga: Resep Membuat Kue Dorayaki Isi Kacang Merah

Selain proses mendiamkan adonan yang cukup lama, yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kue bika ambon adalah saat pemanggangan. Pada awal proses pemanggangan, buka tutup oven hingga permukaan adonan bika mengembang dan terlihat berongga. Setelah itu, tutup pintu oven dan gunakan api atas saja. Pemilihan bahan juga berpengaruh pada keberhasilan pembuatan bika ambon. Agar kue berminyak dan tidak bantat, gunakan santan kelapa segar dari buah kelapa yang cukup tua. Jangan menggunakan santan kental instan agar kue tidak menjadi kering dan bantat.

Dari pada penasaran karena jarak yang tidak memungkinkan untuk ditempuh, anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Langsung saja, yuk simak resep di bawah ini!

*Bahan-Bahan Membuat Kue Bika Ambon:

  • 175 gr gula pasir
  • 100 gr tepung sagu
  • 200 ml santan kental
  • 1 lembar daun pandan (rebus dengan 100 ml air, biarkan dingin)
  • 2 lembat daun jeruk
  • 10 kuning telur
  • 2 putih telur
  • Minyak goreng untuk olesan
  • ½ sdt ragi instan
  • 50 gram tepung terigu
  • 50 ml air

*Proses Pembuatan Kue Bika Ambon:

1. Campur ragi instan, tepung terigu dan air jadi satu, aduk rata. Diamkan 15 menit hingga mengembang.

2. Kocok telur dan gula putih hingga mengental. Masukkan tepung sagu dan santan secara bergantian sambil di aduk rata.

3. Tambahkan adonan biang, aduk hingga tercampur rata. Tutup adonan dengan serbet dan diamkan selama 10 jam.

4. Setelah adonan didiamkan selama 10 jam, siapkan cetakan bika ambon yang telah diolesi minyak. Aduk adonan, tuangkan adonan ke dalam cetakan yang telah dipanaskan terlebih dahulu hingga bunyi mendesis. Panggang dengan tutup oven sedikit terbuka. Angkat.

5. Panggang kembali menggunakan api atas hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat, biarkan agak dingin.

6. Keluarkan dari cetakan, potong-potong dan hidangkan.

Tidak terlalu rumit kan? Hanya saja, memang membutuhkan kesabaran dan tlaten dalam membuatnya. Kue bika Ambon ini mampu bertahan hingga 3 hari tanpa bahan pengawer lho. Lepas dari 3 hari itu, biasanya permukaan kuenya akan mengering dan tidak lagi nikmat disantap. Untuk itu, sebaiknya kue ini dihidangkan dan disantap ketika masih segar. Atau ketika masih hangat, hemm.. pasti sangat lezat. Tunggu apa lagi? Mari mencoba resepnya, semoga berhasil!

9 komentar

Gan coba blog saya di cek Waddisatria.net

oke gan,,, sebentar saya review

chatnya lewat Hangouts G-mail saja bang...sebab WA saya jarang online. kalau butuh no. WA, lihat di laman TENTANG di atas

Gan udah saya follow WA nya gan

jangan lewat WA gan,,, Wa saya sudah off.. lewat Hangouts saja

koreksi pertama memang masalah template gan... masih gratis via blogger itu... ganti yang premiun gan

Iya gan template apa yang harus kita gunakan

punya FB gan? chat FB aja gan

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon