logo blog

19 September 2017

Aneka Kreasi Olahan Kentang. Apa saja ya?

Jika anda bingung mau dijadikan apa? baca tipsnya.
Piring Kuliner-Sahabat setia, siapa yang tidak mengenal kentang? Kentang merupakan salah satu jenis sayuran yang berasal dari Amerika Selatan. Dan hingga kini kentang sudah menjadi makanan pokok bagi masyarakat Eropa. Dan bisa dibilang, kentang adalah menu sejuta umat. Karena kentang mudah diolah menjadi masakan jenis apapun. Baik sebagai cemilan atau makanan utama, sendiri atau ramai-ramai, bahkan tetap nikmat disantap siang atau malam hari.

Bukannya sok kebarat-baratan, tapi ada kalanya ketika anda bosan mengonsumsi nasi. Karena khawatir berat badan bertambah, tidak ada salahnya jika anda memilih makanan lain yang juga mengenyangkan dan bergizi. Jika anda biasa memilih roti, kali ini anda bisa mencoba makan yang diolah dari bahan utama kentang. Hal ini karena jumlah karbohidrat pada kentang lebih sedikit dibanding nasi.

Kentang ini juga bisa menjadi makanan andalan bagi mereka yang sedang dalam program diet lho. Selain itu, banyak nutrisi pada kentang yang baik bagi tubuh seperti vitamin B6, B1, B3, dan B5, vitamin C, kalium, fosfor, mangan, magnesium, dan zat besi juga kamu temukan pada kentang. Oleh karena itu, biar anda tambah semangat mengonsumsi kentang harus coba beragam olahan kentang yang nggak biasa berikut ini. Mulai dari yang paling sederhana sampai yang paling bikin penasaran lidah untuk mencobanya. Apa saja? Ini dia..

1. Sup

Olahan kentang yang paling sederhana adalah sup. Sup ini nyatanya sudah menjadi penghias meja makan bunda setiap harinya. Dipadukan dengan wortel, kubis, dan sayuran hijau lainnya dipotong berbentuk dadu. Dengan kuah sup yang khas rasa kaldu ayam atau sapi, ditambah irisan bawang merah yang telah digoreng di atasnya.

2. Perkedel Kentang
Olahan kentang yang paling sederhana kedua adalah perkedel. Cukup dengan bumbu garam dan penyedap rasa lainnya sesuai selera. Bentuk kentang yang telah digoreng dan dihaluskan menjadi bentuk bulatan-bulatan. Kemudian kocok telur dan balurkan perkedel ke dalam telur, lalu goreng.

3. Sambel Goreng Kentang
Menu ketiga ini, adalah menu olahan kentang yang juga paling terkenal di kalangan masyarakat luas. Bisa dibumbu balado, bali atau bumbu sambal goreng biasa juga nikmat. Anda bisa menambahkan ikan jeroan atau udang sebagai variasi. Juga bisa gunakan pete atau pasangkan dengan wortel juga sedap.

4. Kering Kentang
Makanan ini juga sangat familiar. Kenapa tidak? Karena menu yang satu ini banyak dijumpai dalam berbagai acara adat seperti tahlil, yasinan, maupun acara pernikahan. Cara pembuatannya dengan diiris tipis-tipis dan digoreng lalu dibumbui dengan bumbu manis pedas yang mantap.


5. French Fries
Kalau di atas kita telah mengulas soal menu sederhana olahan kentang. Sekarang kita menyeberang ke kota, makanan yang satu ini telah menjadi minat terbesar bagi para pengunjung caffe atau sebuah rumah makan. Makanan ini akan dipotomg menjang dan lalu digoreng.

6. Kentang Crispy Isi Abon
Menu yang satu ini bisa dibilang unik. Langkahnya sama dengan membuat perkedel kentang, hanya yang membedakan dikukus dan dihaluskan. Setelah itu campur adonan dengan seledri hingga merata. Pipihkan adonan lalu letakkan abon di tengah-tengah adonan dan gulung kembali adonan yang telah berisi abon berbentuk lonjong. Masukkan ke dalam telur kocok, baluri tepung dan goreng.

7. Potato Wedges
Masakan yang satu ini sering dijumpai di restoran, tetapi sayang kalau anda tidak membuatnya sendiri karena sangat mudah cara pembuatannya. Bersihkan kentang, iris berbentuk bulan sabit, lalu rebus setengah matang di dalam air garam. Angkat, pindahkan ke wadah lalu taburi tepung bumbu hingga merata. Goreng hingga warnanya kekuningan.

8. Bola-bola Kentang
Langkahnya sama dengan perkedel dan kentang crispy isi abon. Hanya, adonan bola-bola kentang ini dicampur dengan potongan ayam, seledri, wortel, dan bawang bombay. Setelah dibentuk menjadi bola-bola kecil, masukkan ke dalam kocok telur, lalu gelindingkan di dalam sangrai kelapa dan goreng.

Itulah beberapa aneka kreasi olahan kentang versi piring kuliner. Tak hanya yang kami sebut di atas, masih banyak lagi yang lain menu olahan kentang. Insyaallah next episode yaa. Nah, jika anda lebih suka terong sobat, silakan baca: Semoga bermanfaat!

1 komentar:

kentang krispi enak banget tuh

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon