logo blog

03 September 2017

Makanan Penyeimbang Daging untuk Kesehatan Tubuh

Makanan Penyeimbang Daging untuk Kesehatan Tubuh
Pilih Makanan Tepat Setelah Konsumsi Daging
Sahabat setia pembaca Piring Kuliner, momen hari raya Idul Adha seperti saat ini adalah moment yang cocok untuk berkumpul bersama keluarga. Moment kumpul keluarga, rasanya kurang lengkap tanpa menu hidangan yang beragam. Nah, di antara menu hidangan yang beragam itu pasti semuanya adalah aneka menu masakan yang berbau daging sapi atau daging kambing yang diolah menjadi berbagai varian dan ragam. Karena di Indonesia, hari raya Idul Adha memang selalu identik dengan daging sapi dan daging kambing. Lain halnya dengan di Timur Tengah, yang berqurban menggunakan unta.

Telah bisa dipastikan, ketika hari raya Idul Adha hampir semua orang mengonsumsi daging, entah daging sapi atau kambing. Bahkan sebagian orang akan berpesta sate dengan sanak saudara atau tetangga. Sate, rendang, gule, soto, dan lain sebagainya adalah makanan favorit hampir setiap orang. Ketika menyantapnya kadang lupa untuk berhenti apalagi jika makannya bersama dengan keluarga besar. Atau acara nyate bareng teman. Namun, dibalik rasanya yang lezat konsumsi daging yang berlebih mengancam kesehatan.


Daging adalah sumber protein hewani yang sangat besar juga kaya akan zat besi. Kekurangan zat besi akan berdampak anemia, dan daging sapi atau daging kambing adalah solusi terbaik. Jika anda mengkonsumsi daging, maka metabolisme pada tubuh anda akan sangat baik, pertumbuhan sangat cepat, daging adalah kandungan suplemen yang susah diganti dengan makanan lain. Dengan syarat, tidak dalam porsi yang berlebihan dan melampaui batas wajar. Karena dapat membahayakan bagi tubuh.

Hidangan yang berbau daging terkadang dihindari oleh sebagian orang karena khawatir kolesterol tinggi. Apalagi bagi yang mempunyai penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi). Tetapi terkadang mereka juga tak kuasa menahan kelezatannya yang memanjakan lidah. Untuk itu, kaum bunda harus mempunyai inisiatif untuk bijak terhadap diri sendiri dan keluarga. Artinya ketika anda dan keluarga telah banyak mengonsumsi daging, anda juga harus mempunyai siasat untuk mengimbanginya dengan makanan yang dapat menetralisir dampak negatif dari daging sapi atau kambing. Jangan sampai hanya enak di lidah tapi tak enak di tubuh.

Hadirnya tulisan ini bukan bertujuan untuk menakut-nakuti anda, tetapi untuk memberikan solusi bagi anda. Langsung saja, berikut ini beberapa makanan dan minuman yang memang dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai penyeimbang daging. Ini dia Makanan Penyeimbang Daging untuk Kesehatan Tubuh:

1. Teh Hitam

Mendengar namanya pasti langsung terbayang rasa pahitnya. Tetapi jangan hanya berfikir tentang rasa, fikirkanlah juga manfaat yang terkandung di dalamnya. Karena teh hitam dikenal sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Mentimun

Acar sering kali disajikan bersamaan dengan sate atau olahan daging lainnya. Karena mentimun salah satu makanan yang mampu menetralisir kolesterol dalam tubuh. Tetapi jika anda tidak suka acar karena aroma bawangnya, anda bisa menjadikan mentimun ini sebagai jus lalu diminum airnya setelah disaring.

3. Nanas

Menurut ahli gizi, selain mentimun nanas juga dipercaya ampuh untuk menetralisir kadar lemak jahat dalam tubuh. Nanas juga sering dipadukan dengan mentimun dan wortel dijadikan acar lalu dihidangkan bersama masakan olahan daging lainnya. Bukan hanya mentimun, nanas juga bisa dijadikan jus lho. Hmm.. rasanya asam manis dan juga segar tentunya.


4. Jeruk Nipis

Kandungan zat flavonoid dalam jeruk nipis mampu mengurangi produksi kolesterol jahat. Maka minumlah minuman yang dicampur perasan jeruk nipis. Selain rasanya yang segar, jeruk nipis juga sangat baik untuk kesehatan jika kita mengonsumsinya dengan rutin.

5. Pisang

Banyak yang tidak mengetahui tentang khasiat yang terdapat dalam buah ini. Darah tinggi atau hipertensi dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi pisang. Kandungan potasium dan kalium yang tinggi dapat mengatasi hipertensi.

6. Bawang dan Tomat

Mungkin anda sering melihat ketika membeli sate bumbunya dicampuri dengan irisan bawang dan tomat. Ternyata fungsinya bukan hanya sebagai pemanis dalam penyajian. Tomat kaya akan vitamin, dan mengandung kalium yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Sedangkan bawang dapat menurunkan kolesterol.

Selain mengimbanginya dengan makanan sehat yang lainnya. Pilihlah  olahan daging rendah kalori. Dan pilihan yang terbaik adalah sup. Karena jumlah kalori daging jika disup akan lebih sedikit. Nah, sekarang anda tidak perlu takut dan khawatir lagi. Demikian tadi informasi dari kami tentang Makanan Penyeimbang Daging untuk Kesehatan Tubuh anda. Semoga bermanfaat, Selamat mencoba.

7 komentar

Wah Cocok ini kak hehe, boleh di coba :D

WWW YUKGAS ID

yah.. begitulah, semoga bermanfaat nggeh.. silahkan share. tuliskan alamat blog anda kembali

Mantab :D memang sih tubuh kita perlu penyeimbang :D karena di dunia ini yang namanya berlebihan itu selalu tidak baik bagi tubuh

kecuali bagi yang pingin gemuk kan gan? :D

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon