logo blog

31 Agustus 2017

Aneka Jenis Rujak Nusantara yang Wajib dicoba!

Aneka Jenis Rujak Nusantara yang Wajib dicoba!
Aneka Jenis Rujak Nusantara. Wajib anda coba!
Piring Kuiner-Sahabat, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini bukan? Ya,  rujak. Rujak adalah makanan tradisional yang berisi campuran buah-buahan, sayuran dan potongan bahan-bahan lainnya yang disiram dengan bumbu special. Meskipun hanya sekedar rujak, ternyata rujak ini mempunyai perbedaan yang masing-masing menandakan ciri khas dari daerah asalnya. Mungkin masih banyak yang belum ketahui, berikut ini beberapa rincian rujak asli Indonesia yang wajib anda coba!

*Rujak Cingur, Surabaya, Jawa Timur

Rujak inilah yang paling terkenal di antara berbagai varian rujak yang lainnya. Rujak ini berisi irisan timun, lontong, tahu, tempe. Juga ada sayuran seperti: kecambah (tauge), kangkung, kacang panjang dan lainnya. Adapun bumbunya adalah kacang yang telah digoreng lalu diuleg bersama petis, cabai, dan pisang klutuk serta bumbu penyedap lainnya. Sedangkan cingur, adalah bagian mulut atau moncong sapi yang telah direbus dan diiris-iris lalu dicampurkan di dalam rujak ini. Rasanya yang gurih dan sedap menjadikan rujak cingur ini sebagai salah satu rujak terbaik yang pernah ada.

*Rujak Kuah Pindang, Bali

Di bali, ada rujak yang tidak dilewatkan yaitu rujak kuah pindang. Isinya adalah potongan-potongan buah segar seperti rujak manis yang sering dijajakan di pinggir jalan. Tetapi bedanya, rujak ini menggunakan bumbu encer berupa kuah yang terbuat dari ikan, garam, terasi, dan cabai. Rasanya pun berbaur antara gurih, asin, pedas dengan aroma ikan yang sangat kuat.

Baca Juga: 5 Jajanan Khas Jawa yang Wajib Anda Coba!

*Rujak Bebeg, Cirebon, Jawa Barat

Dinamakan Rujak Bebeg sebab cara membuatnya diebek-ebek atau dilumatkan. Rujak ini berisi potongan buah mangga, mentimun, jambu, bengkuang, nanas, bahkan mengkudu dimasukkan dalam lesung kecil atau alu lalu ditumbuk bersama bumbu yang terbuat dari gula merah, terasi, asam jawa, serta cabai dan garam. Rasanya sangat segar, biasanya dihidangkan saat acara tujuh bulanan bagi ibu hamil.

*Rujak Soto, Banyuwangi, Jawa Timur

Rujak soto, kira-kira isinya apa ya? Rujak ini berisi rujak cingur yang diguyur soto daging sapi atau soto babat. Soal rasa, tentunya adalah perpaduan antara sedapnya kuah bercampur kacang tumbuk dan aroma petis yang sangat lezat.

*Rujak Mie, Palembang, Sumatera Selatan

Rujak unik yang satu ini, tak kalah sedapnya dengan rujak lainnya. Berisi mie kuning, tahu, tauge, serta potongan timun, lalu diguyur kuah cuko yang aduhai sedapnya!

*Rujak U Groh, Aceh

Dalam Bahasa Indonesia, arti rujak u groh adalah rujak batok kelapa. Mendengar namanya saja sudah unik ya? Apalagi komposisi di dalamnya. Varian rujak unik yang berasal dari Aceh ini tidak menggunakan buah maupun sayur sebagai bahan utama, melainkan menggunakan batok kelapa yang sudah dikuliti dan diiris tipis. Jadi Anda tak perlu khawatir sedang melakukan adegan debus berbahaya. Rasanya memang sedikit sepat, namun bantuan gula aren mampu menetralisir rasa.

*Rujak Shanghai, Jakarta

Wah, ternyata Jakarta yang disebut-sebut dengan Kota Metropolitan juga mempunyai makanan khas berupa rujak. Rujak shanghai namanya. Poin unik dari rujak ini menggunakan irisan lobak, cumi, serta ubur-ubur sebagai isian, lalu diguyur saus tomat dan bubuk koya.

*Rujak Juhi, Jakarta

Masih di Jakarta, rujak ini lebih terkenal dengan ciri khas suku Betawi. Juhi adalah kepiting bakar atau asap yang dijadikan isian campur irisan timun, kol, kentang, serta mie kuning. Juga ada tambahan emping goreng dan bumbu kacang yang membuat rasanya lebih nendang.

*Rujak Gobet, Surabaya, Jawa Timur

Nah, kembali lagi ke Surabaya. Rujak yang satu ini tak kalah sedapnya dengan rujak cingur Surabaya yang telah kita bahas di atas. Musim mangga seperti sekarang adalah waktu yang pas untuk membuat rujak gobet atau rujak serut bersama kedondong dan mentimun. Kuah rujak yang terbuat dari gula aren dan asam jawa membuat siapapun jatuh cinta. Segar dan nikmat tentunya.

Baca Juga: 7 Jajanan Khas Aceh Yang Wajib Dicoba!

*Rujak Es Krim, Jogjakarta, Jawa Tengah

Hawa gerah di siang hari memang cocok untuk menikmati semangkuk rujak es krim yang dijajakan di halaman Puro Pakualaman Yogyakarta. Kuliner legendaris tersebut sejatinya adalah rujak buah serut yang ditambah es puter di atasnya. Sambil bercengkrama di bawah rindang pepohonan, lelehan es krim lembut dan segarnya rujak serut membuat anda tak lagi cemberut.

*Rujak Petis, Madura, Jawa Timur

Cara membuatnya sederhana saja, petis dari Pulau Madura yang asin dan pekat dihaluskan bersama air dan cabai. Adapun cara makannya adalah dicocol dengan potongan buah mangga muda atau mentimun. Menikmati rujak petis ala Madura sangat cocok ditemani dengan segelas es dawet.

*Rujak Asin, Lamongan, Jawa Timur

Di Paciran, Kabupaten Lamongan, kita bisa menjumpai rujak asin yang dari segi rasanya hampir sama dengan rujak petis Madura. Hanya saja rujak asin menggunakan campuran kacang, terasi, asam jawa, serta pisang klutuk yang ditumbuk jadi satu sebagai bumbunya, lalu dicocol dengan potongan buah yang berukuran besar.

*Rujak Bulung, Bali

Dari Lamongan kita terbang ke Bali, jika rujak kuah pindang berisi aneka buah-buahan. Maka rujak bulung ini memiliki perbedaan yaitu berisi rumput laut. Dan dibedakan lagi menjadi dua jenis yakni bulung buni yang tidak dimasak tapi hanya dicuci menggunakan air panas lalu disajikan ala urap-urap, dan satunya lagi adalah bulung rambut yang disajikan bersama kuah pindang. Rasanya jangan ditanya, selain nikmat, kandungan gizinya pun luar biasa.

Ternyata Indonesia mempunyai varian rujak yang selain nikmat juga unik, dan patut dicoba. Tentunya ini masih sebagian saja, masih banyak lagi yang lainnya. Nah, dari beberapa jenis rujak yang telah kami rinci di atas, jenis rujak yang manakah yang belum anda coba?

Bantu share artikel ini ya kawan.

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon