logo blog

17 Agustus 2017

Tips dan Resep Makanan yang Ampuh Mencegah Kanker Serviks

makanan pencegah kanker serviks
Bubur Oat, ampuh mencegah kanker serviks
 Piring Kuliner-Sahabat pembaca setia piring kuliner, anda pastinya pernah bahkan sering mendengar pepatah berikut: "lebih baik mencegah dari pada mengobati". Nampaknya pepatah ini tidak banyak orang menyadari betapa pentingnya.

Mencegah agar tidak terjangkit atau terjangkit dulu lalu mengobati, kira-kira lebih sulit mana? Jawaban pastinya ya lebih sulit mengobati dong.Karena orang yang sudah terkena penyakit akan lebih sulit dan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk penyembuhannya.
Ulasan kali ini adalah tentang beberapa resep masakan yang dapat mencegah penyakit kanker serviks (kanker leher rahim). Sebelum mengetahui resep apa saja yang dapat mencegah kanker serviks, tak ada salahnya jika kita mengetahui apa itu kanker serviks dan penyebabnya serta mengenali gejala-gejalanya.

Kanker serviks adalah penyakit yang datang saat sel-sel sehat mengalami mutasi genetik atau perubahan di DNA. Mutasi sel tersebut lalu berubah dari sel normal menjadi sel tidak normal. Sel yang sehat umumnya tumbuh dan berkembang biak pada kecepatan tertentu, sementara sel kanker tumbuh dan berkembang biak secara brutal tak terkendali.

+Penyebab Kanker Serviks:
 
1. Merokok
2. Gonta-ganti pasangan
3. Bercinta terlalu dini
4. Lemahnya sistem kekebalan tubuh

+Gejala Kanker Serviks:
 
Gejala kanker serviks ini tidak bisa terlihat jelas, bahkan mungkin saja gejalanya tidak muncul sama sekali. Sering kali, orang yang menderita kanker serviks baru mengetahui penyakitnya ketika sudah memasuki stadium akhir. Maka dari itu, anda perlu melakukan pap smear secara rutin sesuai saran dokter sehingga anda bisa mengetahui sel-sel yang berada dalam rahim anda berada dalam golongan normal atau abnormal. Tes ini dilakukan guna mengkap sel pra kanker dan mencegahnya agar tidak berkembang.

Namun perlu diketahui, beberapa gejala yang muncul bagi penderita kanker serviks adalah sebagai berikut:

1. Pendarahan pada organ intim (vagina)
2. Merasa sakit setiap kali berhubungan intim
3. Perubahan waktu menstruasi
3. Cairan keluar tanpa henti dari vagina dan mengeluarkan bau yang aneh atau berbeda dari biasanya, warnanya merah muda, cokelat, pucat atau bisa juga mengandung darah segar.

Makanan juga bisa menjadi penyebab kanker serviks, seperti: makanan yang dibakar atau dipanggang, makanan yang dicampur dengan bahan kimia, makanan berlemak. Namun ada juga makanan yang dapat mencegah kanker serviks, seperti yang akan kita uraikan kali ini. Apa saja? Simak baik-baik ya..

1. Oat Campur Buah

*Bahan:
Oatmeal
Setengah apel
Setengah jeruk manis
1 Iris nanas manis
1 Pisang
Buah badam cincang
Air Bersih
1/2 Jeruk manis
Biji Bunga Matahari

*Proses Pembuatan:
1. Masak oatmeal dengan menggunakan air bersih agar bisa mendapatkan kekentalan yang kamu inginkan. Pakai panci yang terbuat dari kaca atau juga stainless steel.
2. Potong buah-buah tersebut sesuai dengan selera kamu. Masukkan potongan buah-buah di atas ke dalam sebuah mangkok.
3. Hidangkan buah dengan oat yang sudah matang, lalu hiasi bagian atas dengan biji bunga matahari dan buah badam cincang supaya terlihat cantik.

2. Bubur Kacang

*Bahan:
Air Bersih
20 buah kurma merah (buang bijinya)
30 gr mung bean atau kacang hijau (rendam dalam air selama semalam dan cuci sebelum kamu gunakan)
Daun pandan

*Proses Pembuatan:
1. Cuci terlebih dulu mung bean (kacang hijau), kemudian masukkan ke dalam panci, tambahkan air dan rebus.
2. Setel api kecil saja, tutup panci dan biarkan mendidih sampai kacang terasa lunak.
3. Masukkan kurma merah dalam panci lain yang sudah diisi air bersih. Lalu rebus selama 20 – 30 menit. Kemudian saring buburnya.
4. Tambahkan kurma merah masak yang sudah disaring tadi dalam panci berisi mung bean yang sudah masak.
5. Tambahkan air bersih untuk mendapatkan kekentalan. Sajikan ketika masih panas.

3. Oseng Bayam Miso

*Bahan :
2 sdt miso
250 gr bayam
Air bersih
1 sdt minyak zaitun extra murni yang sudah dipres dingin
2 sdt bawang putih cincang

*Proses Pembuatan:
1. Campur 2 sendok teh miso dengan 2 sendok makan air besih.
2. Tumis bawang putih dalam sebuah wajan yang panas. Tambahkan air secukupnya, jika sudah mendidih campurkan bayam. Segera angkat jika bayam sudah empuk.
3. Tambahkan saus miso serta minyak zaitun pada bayam, kemudian goyang-goyangkan wajannya. Selesai, lalu hidangkan.

Ada penyakit tentu ada obat, ada obat pasti juga ada cara untuk mencegah sebelum terjangkit. Kalau ada cara, mengapa tidak? Jangan hanya baca, coba dan praktekkan sekarang juga!

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon