logo blog

31 Mei 2017

5 Menu Makanan dan Masakan Kesukaan Santri. Apa saja ya?

Piring Kuliner-Menjadi seseorang berstatus santri pondok pesantren atau kaum bersarung ternyata bukanlah satu-satunya hambatan untuk selalu berkreasi dalam setiap hal. Salah satunya makanan. Di balik keterbatasannya dalam segala hal, ternyata ada beberapa menu masakan kegemaran santri yang paling sering disukainya.

Keinginannya untuk merasakan masakan-masakan nikmat di luar sangatlah terbatas. Namun, ada jalan pintas lain yang sekaligus menjadi penawar keinginannya dalam makanan. Apa saja menu masakan kegemaran santri? Berikut penjelasannya:

*5 Menu Makanan dan Masakan Santri:


1. Terong Bakar Pencek

Nah, hidangan yang satu ini, adalah salah satu menu yang menjadi incaran utama ketika para santri mengadakan masak. Hal ini bagi mereka menjadi salah satu menu nikmat populer bahkan melebihi spaghetti.

 Makanan dan Masakan Kesukaan Santri

 Makanan dan Masakan Kesukaan Santri

Alasan mengapa terong ini harus dibakar di atas arang tungku, sebab sangat berpengaruh terhadap rasa. Terong bakar dengan kukus sangatlah berbeda. Baik dalam hal kegurihan, kenikmatan rasanya, maupun proses pembuatannya.

Untuk selanjutnya, terong-terong bakar hangat itu akan dicampur aduk tak berkaruan dengan nikmatnya sambal kacang pedas. Dan akan disantap secara bersama. Mantap!

2. Mie Telor Kuah

Menu masakan kegemaran santri selanjutnya adalah Mie Telur kuah. Makanan ini menjadi alternatif ringan bagi santri yang sedang menginginkan untuk makan enak, akan tetapi tak cukup biaya. Selain harganya yang murah, proses memasaknyapun sangat mudah.

Menu masakan kegemaran santri

 Makanan dan Masakan Kesukaan Santri

Cukup dengan memanaskan air dari atas tungku berisikan kayu bakar, mie rebus ini akan segera bisa dihidangkan. Dengan kemudian menambahkan telur untuk diaduk rata bersama bumbu-bumbu yang telah disediakan.

Untuk memilih miepun bermacam-macam. Bisa mie goreng, kuah, kari, atau bahkan mie kuning yang bumbunya disediakan sendiri. Dengan demikian, Mie Telur ala santri siap untuk dinikmati.


3. Ikan Asin Goreng

Jangan asal hanya memberi komentar tidak sedap pada lauk ini, sebelum anda mencobanya terlebih dahulu. Nah, menu masakan kegemaran santri yang satu ini, bisa dikatakan murah, nikmat, mantap dan lain sebagainya bagi para kaum bersarung.

 Makanan dan Masakan Kesukaan Santri

 Makanan dan Masakan Kesukaan Santri

Makanan santri yang setiap harinya hanya berupa tempe, menumbuhkan keinginannya untuk mencoba menu lain, untuk memperhemat pengeluaran, Ikan Asin ini jalannya. Sebab, bagi mereka Ikan Asin goreng yang hangat, sangat nikmat dan gurih apabila dipencek dengan sambal pedas yang disantap dengan sepiring nasi hangat. Bikin ngiler ya?

4. Nasi Goreng Semrawut

Nasi goreng jangan hanya kita anggap sebagai kuliner kelas menengah ke atas. Sebab, para kaum bersarung ini juga memiliki menu masakan kegemaran yang sama. Namun, bedanya hanya pada sisi penyajian dan model nasinya saja.

 Makanan dan Masakan Kesukaan Santri

 Makanan dan Masakan Kesukaan Santri

Asal ada nasi tak terpakai, saatnya kaum bersarung ini beraksi untuk menunjukkan kebolehannya memasak nasi goreng ala mereka. Disebut demikian, sebab nasi ini akan tergoreng matang di atas wajan dengan campuran makanan lain yang tak termakan. Misal: mie bekas, tempe bekas, sayur bekas, ikan bekas. Oleh karena itu namanya semrawut.

Jadi, sekalipun menurut kita terkesan tak sedap, jangan tanyakan pada para kaum bersarung perihal kenikmatannya. Sebab setiap masakan pasti diaromai dengan sambal pedas yang memukul-mukul perut untuk selalu mencoba.
 

5. Ayam Rendang ala Kadarnya

Nah, adapun menu masakan kegemaran santri yang terakhir ini, khusus digunakan tatkala cairan. Cairan yang dimaksud adalah kiriman. Atau paling tidak ada hajatan khusus untuk mengolah masakan ini dengan iuran bersama. Sebab harganya yang di atas kemampuan mereka.

 Makanan dan Masakan Kesukaan Santri

 Makanan dan Masakan Kesukaan Santri

Anehnya, di setiap pondok pesantren tak pernah diajarkan tatacara mamasak. Namun, jangan heran jika mereka sangat ciamik dalam memainkan sutil-sutil di atas wajan. Alhasil, masakan apapun akan rampung diolahnya. Sekalipun banyak perbedaan rasa dengan umumnya ya.

Ayam rendang yang dimasak tanpa bumbu panduan ini akan diolah oleh tangan-tangan tangkas menjadi sajian makanan nikmat ala kadarnya. Namun, tetap saja. Bagi mereka yang namanya ikan ayam ya tetap saja nikmat sekalipun hanya ditunu yanpa bumbu. Seru ya!

Sekian ulasan singkat info Makanan dan Masakan Kesukaan Santri Sebenarnya ada beberapa pilihan olahan lain untuk ikan ayam ini selain rendang. Bisa saja dibakar, digulai, disantan dan lain-lain. Pastinya, sangatlah mantap!

Anda penasaran? Silakan mencoba!

8 komentar

makanannya bikin ngiler nich...

ngiler sih boleh.. tapi jangan sampai mokel bang. :D

lumayan blognya,kalo mo di jual hubungin 085608346247

Kira-kira berapa lakunya blog seperti ini bang?

Nasi goreng semrawut the best! Hahaha..

Terong bakar pencek, gimana tuh rasanya ya

semrawut bentuknya, ajib rasanya!

wah, nyoba deh agan nyantri dulu. Pasti muantap gan! hehehe

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon