logo blog

20 Agustus 2017

Resep Membuat Cumi Asam Manis Pedas Special

Resep Membuat Cumi Asam Manis Pedas Special
Gambar: Cumi Asam Manis Pedas Special
Piring Kuliner-Sahabat pembaca setia piring kuliner, mungkin anda sudah merasa jenuh dengan menu olahan ayam atau daging setiap harinya. Sudahkah terfikirkan untuk membuat masakan dengan menu utama seafood? Nikmatnya masakan seafood pasti sudah seringkali anda dengar atau juga rasakan. 

Menu-menu seafood cukup mudah ditemukan di Indonesia sendiri. Sebagai negara yang cukup kaya akan hasil lautnya, menu seafood juga mejadi salah satu sajian yang populer di Indonesia. Kepopuleran menu seafood juga membuat cukup banyak restoran yang kemudian menjajakan menu ini.

Cumi-cumi adalah salah satu produk laut yang digemari di seluruh dunia. Cumi-cumi mempunyai karakteristik daging yang kenyal dan manis, cepat matang, dan berwarna putih. Cumi-cumi dapat diolah menjadi berbagai sajian kuliner yang salah satunya adalah cumi asam manis pedas. Cumi asam manis menggunakan bahan utama cumi-cumi segar, nanas atau tomat sebagai inti dari rasa asam, dan gula pasir sebagai inti dari rasa manisnya.

Serta perpaduan cabai merah dan saos pedas yang nendang di lidah. Cumi asam manis dapat disajikan untuk buah hati karena rasanya yang enak dan kaya akan gizi untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi tiap hari.

Berbicara mengenai seafood, bagi anda yang ingin mencicipi menu olahan seafood ada baiknya mencoba membuatnya sendiri di rumah, sehingga anda bisa lebih berkreasi dari mulai pemilihan menu dan rasa hingga penataannya. Anda bisa membuatnya sesuai kehendak hati anda dan tentunya juga sesuai dengan lidah anda. Memasak cumi ini tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya 5-10 menit saja cukup. Karena jika terlalu lama maka daging cumi akan mengeras dan kenyal.

Menu nikmat yang satu ini bisa menjadi sebuah menu yang sedap untuk kemudian anda aplikasikan sebagai sebuah sajian alternatif yang dihidangkan bersama dengan nasi. Rasa daging cuminya yang khas bersama perpaduan bumbu asam manis pedasnya yang lezat sangat cocok untuk dijadikan menu santap keluarga tersayang bunda.

Untuk itu, di bawah ini kami urai resep cumi asam manis pedas special ala piring kuliner. Ikuti terus ya..

*Bahan membuat Cumi Asam Manis Pedas:

  • 500 gram cumi-cumi
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 2 batang serai (iris miring)
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt gula pasir
  • Minyak untuk menumis
*Bahan Iris:
  • 2 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 1 buah bawang Bombay (iris memanjang)
  • 1 buah tomat (potong dadu)
  • 1 batang daun bawang (iris kecil-kecil)
  • 1 sdm cabai merah giling
  • ½ cm jahe
  • 2 sdm saos pedas
  • Kecap secukupnya
Cara Memasak Cumi Asam Manis Pedas:

1. Pertama, kupas kulit ari pada cumi-cumi dan buang tinta hitamnya. Kemudian iris bulat-bulat dan cuci bersih.

2. Kedua, lumuri cumi-cumi dengan air jeruk nipis dan diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, bilas dan tiriskan.

3. Selanjutnya, panaskan minyak untuk menumis semua bumbu yang diiris dan tambahkan serai. Tumis hingga harum.

4. Masukkan cumi-cumi, saos pedas, garam, gula, dan kecap secukupnya ke dalam wajan berisi bumbu yang telah ditumis tadi. Aduk hingga rata, anda bisa tambahkan air sedikit supaya tidak terlalu kental. (Cukup 10 menit untuk memasak cumi).

5. Dan, cumi asam manis pedas siap disajikan.

Hemm.. senangnya melihat keluarga bersantap dengan lahap. Nikmatnya menu yang satu ini pasti dapat menambah nafsu ketika menyantap hidangan. Bukan hanya itu, kelezatan dan empuknya daging cumi mampu menghipnotis banyak orang untuk selalu teringat dan ingin kembali mencicipinya.

Jangan lupa dicoba resepnya bunda!

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon