logo blog

30 Agustus 2017

Resep Membuat Tape Singkong Manis Tradisional

Resep Membuat Tape Singkong Manis Tradisional
Tape Singkong Manis Lembut
Piring Kuliner-Sahabat? Anda pecinta jajanan tradisional bukan? Jelas saja. Nah, salah satu dari beberapa jenis makanan tradisional nenek moyang kita adalah Singkong. Dahulu, singkong adalah panganan bahkan kuliner pokok dan menjadi handalan keseharian mereka.

Selanjutnya, singkong dapat diolah menjadi beragam varian bentuk dan model jajanan yang dapat memperkaya daftar jajanan tradisional nusantara sampai saat ini. Bisa dicontohkan: Lemit, getuk, jemblem, klepon dan lain-lain.


Namun, yang ingin kita bahas kali ini adalah Tape. Pastinya sobat tahu bukan apa itu tape? ya, dan pastinya juga sobat sangat suka dengan jajanan manis seakan-akan ada aroma alkohol yang ampuh memanjakan lidah kita untuk selalu mencoba dan mencoba makanan ini.

Nah, sekarang anggap kita sudah tahu apa dan bagaimana rasa dan ragam model dari pada jajanan bernama tape ini. Untuk selanjutnya, pastinya anda akan penasaran sendiri kan dengan bahan apa tape ini dibuat serta menjadi sedemikian lembut? Untuk menjawab rasa penasaran anda di rumah, yuk ulas bersama resep kita di bawah ini: Resep membuat tape singkong manis tradisional.

*Bahan Membuat Tape Singkong Manis Tradisional
  • 1 atau 1/2 Kg Singkong
  • 1 atau 1/2 butir ragi (untuk 1Kg singkong, cukup 1 Butir tape)
*Proses Mengolah Tape Singkong Manis Tradisional

1. Kupas, bersihkan serta potong dengan ukuran yang sesuai dengan wadah yang anda gunakan. Gunakan wadah yang bertutup rapat.

2. Kukus setengah matang singkong yang sudah anda potong dan bersihkan tadi. Pastikan jangan sampai terlalu lembek. Angkat dan diamkan sampai dingin.

3. Angkat dengan garpu singkong yang sudah anda kukus. Jangan sentuh dengan tangan. Hal itu disebabkan kontaminasi zat asing dapat mengganggu fermentasi.

4. Remukkan ragi yang masih berbentuk bulatan ke dalam piring.

5. Siapkan wadah, alasai bagian bawahnya dengan daun pisang agar lebih segar.

6. Untuk lapisan pertama, tata singkong rebus dengan garpu, lalu taburi remukan ragi dengan merata. Tata lagi lapisan demi lapisan sembari ditaburi dengan ragi.

7. Diamkan selama kurang lebih 2-3 hari. Cek secara berkala. Jika tekstur tape mulai melembut, serta mudah ditusuk garpu, maka saatnya untuk disajikan bersama keluarga.

Baca Juga: Resep Membuat Kue Bika Ambon Khas Medan

Bagaimana? Sangat mudah bukan? tentunya sobat bisa bahkan sangat gampang untuk membuatnya. Oke, jangan lupa share ya sobat. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon