logo blog

01 Agustus 2017

Resep Membuat Sate Sapi Sedap Spesial Idhul Adha

Piring Kuliner-Sahabat pembaca setia piring kuliner, tak terasa waktu terus berjalan dari hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan, dst. Dimana seakan baru kemarin kita melakukan ibadah puasa dan hari raya Idhul Fitri, tiba-tiba tanpa terasa sekarang kita telah memasuki hari raya kurban atau lebih bagusnya hari raya Idhul Adha.

Momen berkumpul dengan keluarga kembali tentunya ya, suka cita bersama dengan suasana kurban. Dan pastinya akan diramaikan dan disemarakkan juga dengan berbagai macam hidangan dari daging kurban antara lain: Sapi, kambing, kerbau, dll. Nah, jika sahabat piring kuliner di rumah belum juga bingung untuk menentukan menu masakan yang akan disantap bersama keluarga, mungkin resep sate yang akan kami paparkan di bawah ini dapat sedikit membantu anda sobat.

Nah, mungkin untuk pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu resep membuat sate sapi spesial Idhul Adha ala piring kuliner. Untuk resep sate kambingnya, bisa anda lihat di Resep membuat sate kambing nikmat spesial Idul Adha.

Sate sapi bumbu kecap nikmat
Sate Sapi Bumbu Kecap Nikmat
Mungkin mayoritas menu sate yang terkenal dan tersebar luas di pasaran adalah sate kambing, jarang sekali kita menjumpai olahan khusus sate sapi. Namun, apakah lantas daging sapi tidak dapat diolah menjadi sate sedap sebagaimana daging kambing? Tentu bisa. Dengan syarat anda mau dan mampu mengolahnya. Dibawah ini kami sajikan resep dan carany untuk anda:

*Sate Kambing Bumbu Kecap Khas Madura:
-Bahan-bahan untuk sate sapi:

• 1/2 kg daging sapi (sesuai kebutuhan)
• 20 buah tusuk sate (boleh lebih)
• 200 ml kecap manis
• 4 butir bawang putih
• 5 butir bawang merah
• 2 buah cabai merah (bagi selera pedas, boleh tambah)
• garam secukupnya
• 500 ml air

*Proses Pengolahan Sate Sapi Khas Madura:

1. Potong daging sapi segar berbentuk dadu kecil. Masak potongan daging hingga sedikit lunak (jangan sampai matang). Tiriskan sampai segar kembali. Lalu tusuk dengan tusuk sate, buat sebanya kebutuhan anda. Jika selesai, sisihkan.

2. Untuk bumbu sate sapi cukup anda iris bawang putih dan merah dengan tipis lalu campurkan ke dalam kecap manis yang sudah dilarutkan dengan sedikit air. Masak sebentar, jangan terlalu matang.

3. Langkah berikutnya, lumuri sate kambing dengan sedikit bumbu kecap yang sudah setengah matang sampai rata pada setiap tusukan daging. Campur bumbu dengan sedikit minyak.

4. Panggang sate di atas arang, bolak-balik sampai sate betul-betul matang, selai dengan olesan bumbu dalam setiap balikan, agar rasa sate semakin sempurna. Angkat jika matang.

5. Sajikan sate matang di atas piring. Bumbu sate yang telah disisihkan. Tambahkan kecap di atas barisan sate. Untuk bumbu kecap bisa anda sisihkan di wadah lain. Mumpung suasana lebaran, sertakan pula lontong atau ketupat, dan kerupuk.

Nah, sekian penjelasan kami sobat terkait resep membuat sate sapi special Idhul Adha, semoga dapat memberikan manfaat bagi anda tentunya, serta menjadikan hari raya anda menjadi lebih bermakna bersama sanak keluarga. Semangat mencoba ya sobat!

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon