logo blog

01 Agustus 2017

Resep membuat sate kambing nikmat spesial Idul Adha

Piring Kuliner-Sahabat pembaca setia piring kuliner, tak terasa waktu terus berjalan dari hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan, dst. Dimana seakan baru kemarin kita melakukan ibadah puasa dan hari raya Idhul Fitri, tiba-tiba tanpa terasa sekarang kita telah memasuki hari raya kurban atau lebih bagusnya populer dengan nama hari raya Idhul Adha.

Momen berkumpul dengan keluarga kembali tentunya ya, suka cita bersama dengan suasana kurban. Dan pastinya akan diramaikan dan disemarakkan juga dengan berbagai macam hidangan dari daging kurban antara lain: Sapi, kambing, kerbau, dll. Nah, jika sahabat piring kuliner di rumah belum juga bingung untuk menentukan menu masakan yang akan disantap bersama keluarga, mungkin resep sate yang akan kami paparkan di bawah ini dapat sedikit membantu anda sobat.

Nah, mungkin untuk pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu resep membuat sate kambing spesial Idhul Adha ala piring kuliner untuk resep sate sapinya bisa anda lihat di Resep membuat sate sapi nikmat spesial Idul Adha


sate kambing bumbu kacang nikmat
Sate kambing khas Madura
*Sate Kambing Bumbu Kacang Khas Madura:

-Bahan-bahan untuk sate kambing:

• 1 kg daging kambing (sesuai kebutuhan)
• 20 buah tusuk sate (boleh lebih)
• 250 gram kacang goreng
• 2 buah jeruk limun
• 200 ml kecap manis
• 4 butir bawang putih
• 5 butir bawang merah
• 2 buah cabai merah (bagi selera pedas, boleh tambah)
• 100 ml kecap manis
• garam secukupnya
• 500 ml air

*Proses Pengolahan Sate Kambing Khas Madura:

1. Potong daging kambing segar berbentuk dadu tipis, lalu tusuk dengan tusuk sate, buat sebagai kebutuhan anda. Lumuri dengan sedikit air jeruk agar bau amis hilang. Jika selesai, sisihkan.

2. Haluskanlah seluruh bumbu antara lain: Kacang, bawang, cabai (bagi yang suka pedas) dan garam. Kemudian campur bersama kecap dan air secukupnya, masak sampai berminyak serta diolah matang. Tertanda dari aroma sedap bumbu sate.

3. Langkah berikutnya, lumuri sate kambing dengan sedikit bumbu kacang yang sudah matang sampai rata pada setiap tusukan daging.

4. Panggang sate di atas arang, bolak-balik sampai sate betul-betul matang, selai dengan olesan bumbu agar rasa sate semakin sempurna. Angkat jika matang.

5. Sajikan sate matang di atas piring. Bumbu sate yang telah disisihkan. Tambahkan kecap di atas barisan sate. Mumpung suasana lebaran, sertakan pula lontong atau ketupat, dan kerupuk.

Nah, sekian penjelasan kami sobat terkait resep membuat sate kambing special Idhul Adha, semoga dapat memberikan manfaat bagi anda tentunya, serta menjadikan hari raya anda menjadi lebih bermakna bersama sanak keluarga. Semangat mencoba ya sobat!

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon