logo blog

11 Agustus 2017

Hamburger, dari Mana Sebenarnya Makanan Ini?

Hamburger, dari Mana Sebenarnya Makanan Ini?
Gambar: Hamburger
Piring Kuliner-Sahabat, tahukah anda kuliner asal timur tengah bernama humberger ini? Tentunya anda tau dengan salah satu jenis makanan yang sudah tak asing lagi di mata dunia ini. Benar, makanan yang disajikan dengan roti yang diselipi dengan berbagai daging serta sayuran berupa acar, selada, tomat, sandwich dan lai-lain ini ternyata memiliki beberapa fakta yang belum kita ketahui lho kawan.

Sekilas memang makanan ini seakan terkenal dan berpusan di negeri paman sam Amerika. Lantas, apakah itu benar? Atau sebaliknya? Dari manakah sebenarnya makanan ini? Perlu anda membaca ulasannya secara detail dibawah ini. Bahwa, ada beberapa fakta sejarah yang ternyata berkata lain. Mau tau? Yuk baca.

Baca Juga: Fakta Menarik Hot Dog yang Jarang Anda Ketahui

*Fakta Sejarah

Secara harfiah seakan nama Humberger diadopsi dari kata "Hum" yang memiliki arti dalam bahasa Inggrisnya yaitu daging asap. Secara akal memang humberger selalu disajikan dengan potongan roti yang diselipi daging bakar (daging asap), atau daging goreng. Namun, fakta semacam itu salah.

Nama Humberger sendiri ternyata berasal dari Jerman. Yaitu kota Hamburg. Jauh sebelum itu, bangsa tartar dari Asia tengah adalah bangsa kali pertama yang menggemari daging cincang yang disantap mentah-mentah dengan ada perasan jeruknya.

Namun makanan itu kemudian dibawa ke bangsa Eropa tepatnya di kota Hamburg, Jerman. Namun rakyat Eropa tak terbiasa menyantap makanan mentah tanpa dimasak terlebih dahulu. Akhirnya daging mentah itu dibakar serta digoreng dengan kemudian disantap mereka.

Dari kota Hamburg itulah daging ini dikenal dengan nama Humberger steak. Lantas kemudian makanan ini dibawa oleh para imigran Jerman ke Amerika. Dan diAmerika inilah Humberger steak dipadukan dengan roti yang merupakan makanan pokok bangsanya. Makanan yang mulai tampil dengan variasi barunya ituleh kemudian dikenal dengan nama Humberger dan disenangi oleh rakyat Amerika.

Sejarah lain mengatakan bahwa asal mula terciptanya makanan ini berasal dari dua orang bersaudara asal Amerika yang bernama Frenk dan Charles Menches dari kota Ohio. Mereka adalah pedagang sandwich dengan isi sosis. Suatu kali mereka kehabisan sosis dan menggantinya dengan daging bakar. Maka dari situlah makanan yang dinamai Humberger itu tercipta.

Memang memiliki banyak versi untuk asal mula Humberger ini. Menurut catatan perpustakaan kongres Amerika Serikat serta pemerintah daerah connecticut, Humberger pertamakali dijajakan pada tahun 1895 oleh seorang yang bernama Saat Louis Lassesn. Awal mula jajanan itu belum memiliki nama. Namun pelaut-pelaut yang berasal dari kota Humberg, Jerman memberinya nama Humberger.

*Fakta Unik

Tahukah anda, bahwa ternyata Humberger memiliki beberapa fakta aneh yang pernah terjadi sepanjang sejarah terciptanya. Berikut piring kuliner akan menjelaskan untuk anda beberapa fakta unik yang kami sajikan untuk anda:

1. Jumlah Kalori dalam Humberger

Bagi kamu yang sedang diet atau menjaga berat badan, Humberger kurang ideal bagi anda. Bagaimana tidak? Humberger biasa mempunyai sekitar 295 kalori. Cheesburger memiliki 303 kalori.

2. Usaha Ganti Nama

Pemerintah Amerika Serikat pernah berusaha mengganti nama Humberger yang cenderung merujuk pada kota Humberg, Jerman dengan nama Liberty Sandwich. Namun usaha itu sia-sia. Sebab, masyarakat Amerika telah terlanjur cinta dengan nama Humberger untuk makanan ini.

3. Humberger Termahal di Las Vegas

Harga burgel termahal tercatat berada di Las Vegas. Burger yang bernama The Fleur Burger 5000 ini menggunakan daging wagyu kelas teratas sebagai sumber proteinnya. Bayangkan saja harga untuk satu porsi burger ini dibandrol dengan harga $5000! Sesuai dengan namanya bukan?

Nah, Sobat? Bagaimana seru bukan mengulas berbagai artikel tentang fakta yang jarang kita ketahui? Jika ada pertanyaan atau keluhan, bisa anda masukkan ke kontak laman kami. Semoga bermanfaat!

1 komentar:

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon