logo blog

21 September 2017

Resep Membuat Kue Bihun Kukus Praktis

Resep Membuat Kue Bihun Kukus Praktis
Saran sajian Kue Bihun Kukus Mantap
Piring Kuliner-Sahabat, mungkin anda sedikit heran atau merasa aneh dengan resep kue bihun kukus yang satu ini. Bagaimana tidak? Bihun yang selalu identik dengan resep olahan yang asin dan gurih, kini anda bisa membuatnya tampil beda dengan rasa sedikit manis atau kue.Kue bihun kukus ini merupakan kue tradisional yang banyak terinspirasi oleh kue putu mayang, hanya bahan utamanya adalah bihun.

Kata bihun tersebut di ambil dari bahasa Tionghoa, yang artinya tepung beras yaitu “bi” artinya beras dan “hun” artinya tepung. Namun sekarang banyak yang membuat bihun dari jagung dan rasanya juga tak kalah lezat. Dalam membuat olahan kue ini, anda juga bisa menggunakan bihun jagung agar rasa kue yang dihasilkan enak dan lezat. Rasanya sangat lembut dan enak sekali. Apalagi ditambah dengan topping kelapa parut di atasnya sebagai pelengkap makanan ini.

Proses pembuatan yang simple dan bersahabat di kantong tentunya, karena bahan-bahannya pun tergolong sederhana dan mudat didapat. Sangat cocok untuk mengisi waktu luang anda di rumah.

Anda bisa membuat camilan yang enak dan sehat untuk yang tersayang. Semakin penasaran dengan resepnya? Yuk simak Resep Membuat Kue Bihun Kukus Praktis di bawah ini!

Bahan Kue Bihun Kukus Praktis:
  • Bihun jagung 125 gr
  • Kelapa parut 150 gr
  • Santan kelapa kental 150 ml
  • 2 sdm maizena
  • Gula pasir putih 100 gr
  • Air perasan daun suji 50 ml atau pewarna makanan (untuk warna anda bisa membuatnya sesuai selera anda)
  • 1 sdt garam dapur halus
  • 3 sdm minyak sayur (untuk olesan)
Cara Membuat Kue Bihun Kukus Praktis:

1. Rebus bihun terlebih dahulu dengan air panas sampai layu, sebentar saja jangan sampai terlalu matang, lalu sisihkan.

2. Kemudian campurkan maizena, gula pasir, santan kelapa, dan sedikit garam, aduk sampai rata.

3. Masukan juga bihun yang sudah direbus tadi, aduk lagi hingga tercampur rata.

4. Sekarang bagi adonan bihun yang sudah jadi dalam wadah yang berbeda, kemudian beri campuran pewarna, uleni sampai rata.

5. Lanjut, masukkan adonan yang sudah jadi ke dalam loyang kue atau cetakan kue yang sudah disiapkan, jangan lupa beri olesan minyak dalam loyang atau cetakan yang sudah disiapkan agar tidak lengket.

6. Kukuslah adonan yang sudah di dalam loyang atau cetakan kurang lebih 20 menit, atau sampai terasa matang, angkat dan keluarkan kue dari loyang.

7. Taburi bagian atasnya dengan parutan kelapa yang sudah disiapkan. Dan kue bihun siap disajikan.

Menarik bukan sajian kue yang satu ini? Mungkin anda baru mengetahuinya juga, tak ada salahnya jika anda mencobanya. Jika anda butuh resep kue manis lainnya, silakan baca:
  • Resep Membuat Kue Bika Ambon Khas Medan
    Resep Membuat Tape Singkong Manis Tradisional

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon