logo blog

11 Agustus 2017

10 Makanan Korea yang Halal Untuk dikonsumsi

10 Makanan Korea yang Halal untuk dikonsumsi
Macam-macam Sajian Khas Korea
Piring Kuliner-Sahabat setia penikmat piring kuliner, benar tidak ya? Bahwa setiap negara, pasti mempunyai satu ciri khas tersendiri yang akan membedakan negara satu dengan yang lainnya. Nah sobat, sekarang kita akan meluncur ke negara yang asalnya termasuk dalam kependudukan Jepang, Korea Selatan. 

Negara ini terlepas dari pendudukan Jepang dan merdeka pada tanggal 15 Agustus 1945. Saat itu, Jepang mengalami kekalahan dalam perang dan negara-negara di bawah pendudukannya satu persatu mulai melepaskan diri. Begitu pun dengan Negara Korea. Setelah merdeka, Korea membentuk pemerintahannya sendiri dengan presiden pertamanya, Lee Seung Man.

Korea Selatan adalah sebuah negara yang dengan  cepat menjadi negara maju yang bertaraf hidup tinggi. Korea Selatan juga merupakan negara yang tingkat ekonominya tinggi, menempati urutan ke-4 di Asia dan ke-15 di dunia. Kemajuan ekonominya didukung oleh perusahaan elektronik, kereta, kapal, minyak dan gas, serta robot. Republic of Korea, Daehanminguk ( Bahasa Korea ) terletak di Asia Timur, tepatnya di sisi selatan Semenanjung Korea. Dengan ibu kota terletak di Seoul.

Bendera Negara Korea Selatan disebut Taegeukgi dan terdiri dari tiga bagian yaitu: latar berwarna putih, taegeuk berwarna merah dan biru ditengah , serta empat trigram (gwae) di setiap sudut bendera. Dan mempunyai suatu bunga nasional yang selalu dibanggakan, yaitu Bunga Raya Sharoon (Mu Gung Hwa).

Kembali ke topik awal, berbicara tentang ciri khas pasti juga tidak akan terlepas dari kulinernya. Jika anda seorang berkewarganegaraan Indonesia yang mayoritas muslim, tentunya makanan yang berlabel halal akan menjadi wajib untuk anda. Jika anda pecinta Korea, maka tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke Korea untuk dapat mencicipi makanan ala-ala Korea. Karena kini anda bisa buat sendiri di rumah, yang tentunya lebih terjamin kehalalannya.

Di bawah ini adalah daftar beberapa makanan halal yang recommended untuk kalian coba, apa sajakah? Ini dia..

1. Samgyetang

Makanan ini berbahan dasar ayam dan ginseng, yang disajikan dalam keadaan ayam masih utuh lalu ditambahkan ginseng sebagai pelengkap, tapi sebelumnya ayam yang utuh telah diisi nasi dan sayur yaitu kentang.

2. Yangnyeom Tongdak
 
Hidangan ini bahan dasarnya adalah ayam yang ditepungi. Kalau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan ayam crispy. Tetapi lain dengan yangnyeom tongdak ini, karena ada tambahan saos pedasnya.

3. Bulgogi
 
Bulgogi ini terbuat dari daging sapi panggang dengan proses memasak yang sebelumnya sudah dibumbui dengan kecap, minyak wijen, lada, bawang putih, dan sedikit gula sebelum di panggang. Cara memakannya, kamu bisa menyajikannya bersama sayur untuk membungkus bulgogi bersama nasi di dalamnya.

4. Sannakji
 
 Nah, sannakji ini agak unik karena bahan dasarnya adalah gurita yang masih hidup, lalu ditambahi minyak dan biji wijen sebagai bumbunya. Bagi kalian yang belum pernah, mungkin ada baiknya anda pikir-pikir dahulu sebelum mencoba. Karena halal itu juga berarti tidak menganggap menjijikkan bagi yang akan mengonsumsinya.

 5. Bibimbap
 
Makanan yang satu ini dikatakan hampir mirip dengan nasi pecel Indonesia. Kalau dilihat dari namanya bibimbap berarti campur, campuran apa saja yang ada di dalamnya? Yaitu berisi nasi, sayuran warna warni, dan telur setengah matang layaknya pecel Indonesia.

6. Dakkochi
 
Makanan ini juga dikatakan hampir mirip dengan sate ayam Madura. Proses pengolahannya juga sama, daging ayam dipotong dadu dan ditusukkan ke tusuk satenya lalu dipanggang. Hanya bedanya, dakkochi ini ada tambahan saos pedasnya.

7. Miyeok Guk
 
Atau disebut dengan sup rumput laut. Wah, kira-kira bagaimana ya rasanya? Di Indonesia berbagai macam sup dikenal, namun tidak dengan sup yang satu ini. Yang membuatnya unik dan special adalah tambahan rumput laut di dalamnya. Kuah kaldu yang hangat cocok untuk menemani malam anda yang dingin, sedap dan menyegarkan tentunya. Selain rasanya yang sedap, rumput laut juga dikenal dengan khasiat manfaat bagi yang mengonsumsinya.

8. Japchae
 
Makanan ini sama dengan capjae yang ada di Indonesia. Yang membedakan adalah kombinasi antara sayuran, daging dan mie yang ada di dalamnya. Makanan ini tentu mempunyai cita rasa yang segar dan memanjakan lidah.

9. Kimbap
 
Nasi campur ini dibentuk dengan bervariasi dan isian. Bentuknya seperti nasi yang sudah dibumbui dengan garam dan minyak wijen dengan bentuk segitiga atau bentuk bulat, sesuai selera. Dengan isian sayur, daging ikan, ayam, atau sapi yang siap dibungkus bersama nasi dan dibalut dengan lembar rumput laut kering.

10. Kimchi
 
Kimchi ini merupakan hidangan pelengkap berbahan dasar sawi putih. Umumnya makanan ini disajikan bersama nasi sebagai lauk maupun pelengkap makanan. Jika anda suka makanan yang pedas, anda bisa mencoba memasak kimchi ini di rumah. Dengan bumbu cabai, jahe, bawang dan tambahan saus ikan yang kemudian mengalami proses fragmentasi.

Itulah 10 menu hidangan yang halal ala Korea Selatan. Tunggu apa lagi, yuk coba!

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon