logo blog

06 Agustus 2017

Resep Membuat Jamur Crispy Renyah dan Gurih

Jamur Crispy Renyah dan Gurih
Jamur Crispy Renyah dan Gurih
Piring Kuliner-Sahabat pembaca setia piring kuliner, kali ini kami akan berbagi resep jamur crispy renyah untuk menemani hari libur anda. Dari pada membelinya di kios-kios pinggir jalan, mengapa tidak coba membuat sendiri? Selain lebih sehat, anda bisa membuat rasanya sesuai selera lidah anda.

Makanan yang satu ini termasuk makanan yang populer setelah ayam crispy. Keduanya sama-sama memiliki konsep yang sama yaitu melapisi bahan utama dengan tepung untuk mendapatkan rasa renyah dan gurih. Tekturnya pun sama persis. Untuk membuat jamur crispy ini tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak, karena harganya yang terjangkau dan bahan yang mudah didapat.

Mengenai jamurnya, anda bisa menggunakan jamur tiram. Lokasi budidaya jamur tiram ini bisa anda jumpai di berbagai tempat di Kota Malang dan Kota Batu. Tak perlu menunggu musim hujan untuk mendapatkannya, karena jamur ini bisa anda dapatkan di pasar-pasar tradisional atau warung-warung yang menjual sayuran segar.

Seperti makanan berlapis tepung lainnya, pembuatan jamur crispy ini tergolong praktis dan sederhana dengan waktu yang relatif singkat. Inti dari proses pembuatannya adalah melapisi jamur dengan tepung untuk kemudian digoreng. Tetapi jangan salah, tepung tidak hanya dilapiskan begitu saja, juga membutuhkan bahan pengikat agar tepung bisa menempel dengan sempurnya yakni: telur. Namun telur ini tidak wajib, bisa digunakan atau tidak terserah sesuai selera.

Mengenai tepungnya ada dua macam, tepung yang sudah dicampur dengan air untuk bahan pencelup dan tepung biasa untuk bahan perekatnya. Agar jamur crispy terasa lebih renyah dan gurih tentunya.

Anda juga bisa gunakan tepung serbaguna atau repung instan yang disediakan di toko-toko terdekat di rumah anda. Tetapi resep yang akan kami sajikan ini, kami memilih menggunakan bumbu alami atau bumbu dapur untuk mendapatkan cita rasa yang lebih sempurna. 


Apa saja dan bagimana proses pembuatannya ya? Yuk simak.

*Bahan-bahan Jamur Crispy Renyah dan Gurih:

250 gram jamur tiram
Minyak goreng secukupnya

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, ada dua macam tepung. Tepung yang digunakan untuk bahan pencelup dan bahan pelapis. Bahannya sama, hanya yang membedakan yang satu ditambahkan air dan telur, yang satu tidak.

Bahan Pencelup:
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 btr telur
  • 3 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 150 ml air

Bahan Pelapis:
  • 250 gr tepung terigu
  • 2 sdm tepung beras
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdt garam

*Proses Pembuatan Jamur Crispy Renyah dan Gurih:

1. Potong-potong jamur tiram menjadi beberapa bagian (sesuai selera), dan cuci dengan air sampai bersih.

2. Masukkan tepung terigu dan semua bahan pencelup ke dalam mangkok, lalu tambahkan air. Aduk sampai tercampur rata.

3. Masukkan tepung terigu dan semua bahan pelapis ke dalam mangkok yang lain, aduk hingga merata. Siapkan wajan penggorengan.

4. Masukkan sedikit demi sedikit jamur yang telah dipotong dan dibersihkan tadi ke dalam bahan pencelup, kemudian masukkan ke dalam bahan pelapis. Pastikan semua bagian telah terlumuri dengan sempurna.

5. Goreng jamur yang telah dicelup dan dilumuri dengan bahan pelapis ke dalam wajan penggorengan, tunggu hingga berubah warna kuning keemasan.

Jika sudah berubah warna, jamur crispy bikinan sendiri siap disantap. Bisa anda gunakan sebagai camilan ketika nonton TV, untuk selingan ketika si buah hati sedang mengerjakan tugas sekolahnya, atau untuk mengobati rasa bosah suami ketika bekerja di rumah. Selain sebagai camilan, bisa juga digunakan sebagai lauk makan keluarga anda.
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba bunda. Happy sunday :)

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon