logo blog

24 Agustus 2017

Pizza, Serta Asal Usul di Balik Terciptanya Makanan Ini


Pizza, Serta Asal Usul di Balik Terciptanya Makanan Ini
Pizza Italia
Piring Kuliner-Sahabat, pernahkah anda mengerti bahwa makanan yang mungkin anda beri nila sempurna dalam hal kelezatanya ini memiliki sejarah serta asal-usul yang tak pernah anda ketahui sebelumnya. Ya, Pizza adalah roti bundar pipih serta berbeda dengan dengan jenis roti lainnya. Sebab, Pizza ditaburi selai saos tomat serta mayones, keju pizza (Mozzarella) dan taburan makanan lain di atasnya.

Jauh sebelum itu, Pizza memiliki sejarah yang tak lepas dari munculnya. Kenapa ada roti yang berbentuk bundar, pipih serta ada taburan bahan-bahan khusus di atasnya pula. Baik sahabat, jika anda penasaran, untuk itu maka mari kita ikuti terus ulasan artikel sampai tuntas ya.

Baca Juga: Hamburger, dari Mana Sebenarnya Makanan Ini?

*Sejarah Pizza, Asal Mula Pizza.
 
Sebenarnya, pizza zaman dahulu dengan zaman sekarang tentulah sangat berbeda. Jika yang kita lihat saat ini pizza adalah makanan mahal serta biasa dikonsumsi oleh orang-orang kelas menengah ke atas, justru zaman dahulu pizza dikonsumsi oleh orang miskin yang tak memiliki bahan pangan pokok yang lain kecuali sebatas yang mudah ia dapatkan dari hasil taniya seperti: Tepung Terigu, Minyak, Garam dan Ragi.

Kono, pizza lahir sekitar abad ke-16 serta masih hanya berbentuk roti dan tidak ada olesan saus tomat ataupun lainnya. Berawal dari seorang imigran asal Italia yang kebanyakan berasal dari Napoli menuju New York, Amerika Serikat.

Dan pada abad itu pula, muncul ide baru penduduk Napoli dengan menaburi Pizza dengan saus tomat agar rasanya lebih enak tanpa lauk. Nama keju yang digunakan oleh koki Pizza ini kemudian diberi nama "Mozzarella". Koki itu bernama Raffaele Esposito dan istrinya.

Suatu hari keduanya menyiapkan hidangan untuk disuguhkan kepada Ratu Margherita Savoia, istri Kaisar Italia Umberto I yang mana adalah permintaan sang ratu sendiri. Pizza disajikan dengan saus tomat dengan warna merah, mayones dengan warna putih, serta daun basil dengan warna hijau. Sedangkan gabungan dari tiga warna itu melambangkan bendera kehormatan Italia.

*Seputar Pizza

Pizza sendiri saat ini merupakan makanan kebanggaan negara Italia serta merupakan ikon negara tersebut. Jika anda berlibur ke negara Italia, maka Pizza bisa anda temui di sembarang kedai. Dengan harga berbeda pula.

Pizza terbesar yang pernah memecahkan rekor dunia dicetuskan oleh lima koki asal italia lebih jelasnya, baca: Pizza Terbesar ini, Memecah Rekor Dunia!

Ternyata setiap negara juga memiliki sajian pizza yang bervarian. Bisa kami jelaskan jenis-jenis Pizza berdasarkan negara yang berbeda. Namun tetap asal mulanya adalah Italia. Berikut daftar jenis Pizza:

  • Pizza Berlusconi – Finlandia

  • Tarte flameĆ© – Prancis

  • Flammkuchen – Jerman

  • Crab n Cheese Pizza – Hungaria

  • Okonomiyaki – Jepang

  • Manakish – Libanon

  • Zapiekanka – Polandia 
Nah, Sahabat Piring Kuliner, puaskan dengan ulasan artikel di atas? Maka, jika anda rasa bermanfaat, silahkan di share ya! Jangan lupa subscribe di kolom kami. Mudahnya klik di sini. Semoga bermanfaat!

2 komentar

Jadi lapar gan,,, :D

Silahkan hubungi 17045 gan hehehehe

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon