logo blog

02 Agustus 2017

10 Jenis Buah Penurun Kolesterol Tinggi Secara Alami

Piring Kuliner-Kalau kemarin kita membahas tentang beberapa macam jenis minuman yang berkhasiat ampuh untuk menurunkan kadar lemak jahat atau yang biasa disebut kolesterol. Sekarang ada yang baru nih.. buah-buahan juga dikenal dengan berbagai khasiatnya, salah satunya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Kolesterol disebabkan oleh terlalu banyaknya lemak yang ada di dalam darah, jenis lemak ini adalah lemak jenuh atau lemak jahat yang sulit diuraikan dalam darah, lama kelamaan lemak itu bisa tertimbun di dalam pembuluh darah, dan darah tidak bisa mengalir dengan lancar karena penyumbatan dari lemak tersebut. Akibatnya dapat beresiko terjadinya stroke dan tekanan darah tinggi. Sebenarnya kolesterol juga sangat penting untuk membangun dinding sel dan membantu pembentukan hormone dalam tubuh, kolesterol ini yang disebut dengan lemak baik.

Buah penurun kolesterol
Gambar: Buah-buahan penurun kolesterol

Bagi mereka penderita kolesterol, segala macam cara akan dilakukan untuk menurunkan kolesterol. Diantaranya adalah dengan tetap menjaga pola makan yang sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi buah yang dapat menurunkan kolesterol.

Ya, mengonsumsi buah-buahan segar juga dapat menurunkan kolesterol secara alami. Walaupun prosesnya terbilang relatif lama dibandingkan dibandingkan dengan obat-obatan penurun kolesterol, namun dengan mengonsumsi buah akan mendapatkan hasil yang lebih memuaskan karena lebih aman dan tentunya tanpa efek samping.

Baca Juga: Bahaya Daging Babi bagi Tubuh

Lantas, apa sajakah buah yang dapat menurunkan kolesterol? Berikut akan kami rinci beberapa buah yang terbukti ampuh untuk menurunkan kolesterol ala Piring Kuliner. Ini dia:

1. Jeruk Nipis

Buah ini sangat kaya akan antioksidan yang memiliki efek yang kuat untuk menurunkan kolesterol, terkhusus kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh anda.

Anda dapat menikmatinya dengan cara dibuat jus atau diseduh dengan air hangat juga nikmat. Tetapi untuk anda yang tidak suka asam, jangan sekali-kali anda mencoba mencoba buah ini secara langsung. Sebaliknya, bagi anda yang suka asam, anda bisa menikmatinya dengan cara memeras jeruk nipis ini untuk diambil airnya lalu minumlah secara langsung.

2. Jeruk Lemon
 
Selain jeruk nipis, jeruk lemon juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C dalam lemon akan mengurangi produksi apo-B yaitu sejenis zat yang memicu bertambahnya kolesterol dalam darah. Bukan hanya itu, di dalam buah lemon juga terkandung antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi oksidan LDL.

3. Apel
Terutama bagi kalian yang berdomisili di Malang, dimana-mana dapat kalian jumpai buah ini. Apel sebagai sumber serat larut yang dapat menurunkan kolesterol dan dapat mencegah pengerasan arteri serta melindungi tubuh terhadap serangan jantung dan stroke.

Kita bisa menikmati buah ini sambil mendapatkan manfaatnya dengan cara di makan langsung atau berupa jus. Apel juga bisa dibuat cuka. Mengonsumsi cuka apel secara rutin dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Di samping itu, buah apel merupakan buah ampuh untuk penderita diabetes dan cuka apel diketahui dapat meningkatkan sensitivitas insulin penderita diabetes tipe-2.

4. Jambu Biji Merah

Selama ini jambu biji hanya dikenal masyarakat luas sebagai obat atau pencegah penyakit malaria dan demam berdarah. Namun selain itu, dengan kandungan vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid, likopen, dan selenium yang keseluruhan itu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Adapun kandungan yang terdapat dalam jambu biji, yang berperan sangat banyak dalam menurunkan kolesterol adalah antioksidan flavonoid yang mampu menurunkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida. Hal ini dibuktikan melalui penelitian, bahwa konsumsi jus jambu merah selama 2 bulan dalam dosis terukur dapat menurunkan kolesterol sampai 53% dari total 83% kolesterol LDL.

5. Anggur

Buah anggur yang biasa digunakan orang-orang sebagai buah tangan ketika menjenguk orang sakit, atau ketika berkunjung ke rumah saudara. Ternyata buah ini juga mengandung zat yang berperan aktif menurunkan kolesterol, yaitu senyawa flavonoid, di samping itu senyawa ini juga mampu mencegah penggumpalan darah dan menangkal kerusakan akibat masuknya radikal bebas.

Selain itu, buah anggur juga mengandung banyak serat dan memiliki zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol jahat, sekaligus menaikkan kolesterol baik HDL.

6. Mangga
Buah mangga juga merupakan salah satu sumber Vitamin C yang dapat mencegah terjadinya plak (penimbunan) kolesterol pembuluh darah. Di sisi lain, buah mangga juga merupakan salah satu sumber makanan kaya serat yang dapat mengurangi masuknya kolesterol ke dalam aliran darah pada tahap pencernaan.

7. Tomat

Tomat ini dikenal banyak mengandung likopen yang memiliki peran untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Dan taukah anda? Tomat juga bisa menjadi makanan sehat bagi mereka penderita maag kronis karena sifatnya yang dapat menenangkan lambung. Kita bisa menikmatinya dengan cara dimakan segar, dibuat jus, dibuat campuran salad buah, atau dimasukkan dalam sup.

8. Alpukat

Alpukat memiliki banyak sekali kandungan lemak di dalamnya. Kandungan lemak di dalam buah alpukat bukanlah lemak jahat atau kolesterol jahat yang membahayakan bagi tubuh, tetapi kandungan lemak yang ada di dalam buah alpukat adalah lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh. Mengonsumsi buah alpukat secara rutin sangat bermanfaat sebagai antioksidan yang berkhasiat menjaga pembuluh darah dari penumpukan kolesterol jahat.

9. Buah Berry

Jenis buah-buahan yang termasuk dalam kategori berry terkenal kaya akan pterostilbene yang memiliki khasiat sebagai antioksidan. Selain dapat menurunkan kolesterol jahat, zat ini juga dapat mencegah penumpukan plak dalam arteri yang jika dibiarkan lama kelamaan bisa menyebabkan serangan jantung koroner dan stroke.

10. Pisang
 
Buah yang satu ini, merupakan sumber yang paling baik dari serat makanan, yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat. Selain itu, kandungan kalium dalam pisang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, dapat menurunkan kolesterol jahat dan menyehatkan jantung.

Nah, itulah beberapa jenis buah yang dapat menurunkan kolesterol dengan cepat. Selain rutin mengonsumsi buah-buahan di atas kami sarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter dan selalu mengecek perkembangan kadar kolesterol dalam tubuh kita agar selalu normal.
Sehat itu mahal sobat!

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon