logo blog

03 Agustus 2017

Resep Aneka Kreasi Olahan Terong

Piring Kuliner-Bagi kita yang tinggal di Indonesia, terong adalah menu makanan sederhana yang bahkan hampir tiap hari disajikan di meja makan. Namun lain halnya dengan di Eropa dan Amerika, terong adalah sayur berkelas dan seringkali disajikan dengan teknik grilled (teknik memanggang di atas papan panggangan).

Sayur yang berasal dari Srilanka ini bukan hanya memiliki banyak penggemar, tetapi juga mempunyai banyak kandungan gizi di dalamnya. Banyak orang mengonsumsinya sebagai menu andalan saat program diet karena kandungan kalorinya yang rendah. Tak hanya itu saja, alasan mengapa makanan rendah kalori ini banyak diminati para vegetarian sebagai pengganti daging karena teksturnya yang mirip dengan daging.

Menjadi ibu harus selalu memutar otak tiap pagi perihal masakan apa yang akan dimasak untuk keluarga. Tentunya bunda ingin selalu menyajikan menu makanan yang beragam agar tidak terasa membosankan, serta menambah nafsu makan keluarga. Dengan uang belanja yang tidak terlalu besar, anda bisa mencoba 5 kreasi menu masakan terong ini untuk orang-orang yang tersayang.

Baca juga: 10 Jenis Buah Penurun Kolesterol Tinggi Secara Alami

Apa saja? Simak baik-baik ya..

1. Terong Balado
Inilah menu masakan berbahan terong yang paling populer di kalangan masyarakat luas. Namun jika bunda ingin memberikan sajian yang berbeda, anda bisa menambahkan kemangi di atasnya. Aromanya yang khas akan menambah cita rasa terong semakin lezat. Untuk bumbunya seperti bumbu sambal pada umumnya, cukup anda tambahkan irisan bawang merah dan bawang putih lalu diulek bersama ulekan sambalnya, dijamin akan terasa lebih sedap.

2. Grilled Terong
     
Mayoritas orang kebingungan dalam memasak terong agar lebih lezat dan menarik minat. Tidak melulu harus anda buat terong balado. Menu ini sangat cocok dihidangkan saat nongkrong bareng bersama teman atau saat bersantai bersama keluarga. Cara memasaknya hanya cukup dipanggang di atas panggangan, hanya perlu garam dan saus barbeque atau kecap pedas instan sebagai bumbu siraman di atasnya.
      
      3. Tumis Terong Tahu Sedap
Tumis terong dan tahu sedap ini sangat mudah anda sajikan di rumah sebagai menu santap siang atau malam. Bahan yang diperlukan hanya terong dan tahu. Untuk bumbunya seperti: bawang merah, bawang putih, cabe rawit, irisan tomat, dan garam. Anda juga bisa tambahkan MSG atau micin sesuai kehendak hati. Setelah semua bumbu ditumis di atas penggorengan, masukkan terong dan tahu yang telah dipotong berbentuk dadu, lalu tambahkan kecap sebagai bumbu terakhir.

4. Terong crispy
Bukan hanya ayam yang bergelar crispy, terong juga bisa lho. Cara membuatnya juga tidak terlalu ribet. Kupas terong dan potong-potong berbentuk dadu (sesuai selera), lalu rendam dalam air garam selama 15 menit. Masukkan terong yang telah dipotong tersebut ke dalam wadah berisi tepung, lalu masukkan ke dalam wadah berisi telur yang telah dikocok, kemudian pindahkan kembali pada wadah yang berisi tepung roti. Terakhir, goreng pada wajan berisi minyak yang telah dipanaskan, tunggu hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan.

5. Pasta Terong
Seperti yang kami jelaskan pada artikel sebelumnya, pasta adalah makanan khas Italia. Makanan ini banyak digemari terutama anak-anak. Kini bunda bisa mengombinasikan pasta dengan terong. Untuk pastanya, anda bisa gunakan bumbu instan pasta. Rendam terong terlebih dahulu dalam air garam, lalu tumis sedikit hingga matang. Kemudian masukkan terong ke dalam bumbu pasta yang telah ditumis juga, lalu masukkan juga pastanya. Aduk hingga rata, dan pasta terong siap disantap.


Mudah dan sangat praktis bukan? Anda bisa mencoba sekarang juga.

2 komentar

waah... Pasti terong yang menempati urutan pertama itu yang special ya mbak, sebab olahan sendiri hemm enak pastinya.
Kunjungi juga blog saya ya... ngajifiqih1.blogspot.com

Selamat anda benar! Hadiahnya jenengan bisa baca resep-resep menarik yang tentunya bikin ngiler, dengan terus mengikuti blog kami :)
Siap saling mengunjungi..

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon