logo blog

09 Januari 2018

4 Resep Ramuan Tradisional Untuk Turunkan Demam Pada Anak

4 Resep Ramuan Tradisional Untuk Turunkan Demam Pada Anak

Ramuan Tradisional Untuk Turunkan Demam Pada Anak

Sahabat, menjadi ibu bukanlah perkara yang ringan. Terlebih ketika si buah hati sakit, rasa-rasanya ibu ingin menggantikan posisi anaknya yang sedang sakit (kalau bisa). Jangankan anak sakit parah, demam saja ibu pasti akan kebingungan setengah mati. Karena bagi seorang ibu, anak adalah harta yang tak ternilai harganya.

Jikalau ada pepatah yang mengatakan bahwa, "seorang ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya". Maka demikian juga bahwa, "seorang ibu adalah perawat bahkan dokter pertama bagi anak-anaknya". Semua ibu akan rela melakukan segala hal demi kebaikan anaknya, demi melihat anaknya tersenyum ceria. Seorang ibu akan jauh lebih merasakan sakit ketika anaknya sakit.

Untuk itu, demam pada anak patit dilakukan dengan cara yang tepat dan aman apalagi masih bayi atau balita. Penting bagi ibu untuk memberikan pengobatan alami sebagai pertolongan pertama pada anak yang terserang demam. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan tumbuhan herbal.

Anda tak perlu risau, di bawah ini akan kami urai 4 Resep Ramuan Tradisional Turunkan Demam pada Anak. Berikut uraiannya:

4 Resep Ramuan Tradisional Untuk Turunkan Demam Pada Anak

1. Temulawak

Tanaman herbal temulawak merupakan tanaman yang dipercaya untuk turunkan demam pada anak oleh orang zaman dahulu. Kandungannya seperti: alpha betha curcumena, garmacrene, xanthorrhizol terbukti ampuh untuk turunkan demam pada anak. Adapun untuk caranya adalah sebagai berikut:
  • Siapkan 1 ruas temulawak yang sudah dibersihkan
  • Parut hingga lembut dan tambahkan 1 gelas air putih
  • Peras untuk diambil airnya dan tambahkan 1 sdm madu asli, aduk hingga merata
  • Minumkan pada anak yang demam, maka panasnya akan turun
2. Bawang Merah

Bawang merah adalah sahabat setia para ibu rumah tangga. Namun siapa sangka ternyata bawang merah bukan hanya berguna sebagai bumbu masakan saja, namun juga bisa dijadikan sebagai obat penurun demam anak yang ampuh. Caranya berikut ini:
  • Siapkan beberapa siung bawang merah yang telah dicuci
  • Parut hingga lembut dan tambahkan minyak kelapa secukupnya, aduk sampai tercampur rata
  • Balurkan ke seluruh anggota badan anak. Seperti pada bahu, punggung, dada, telapak kaki, dan ubun-ubun.
Jika sudah mengoleskannya, maka demam pada anak anda akan segera turun.

3. Kunyit

Kunyit yang juga mempunyai nama kunir ini mempunyai manfaat yaitu untuk menurunkan demam pada anak. Kandungan kunyit antara lain: curcumin, atsiri, turmeron, zinghiberen yang mempunyai sifat antibakteri, antioksidan, dan inflamasi. Untuk caranya cukup mudah, yakni:
  • Cuci 1 ruas kunyit
  • Parut dan tambahkan setengah gelas air panas
  • Setelah dingin, peras untuk diambil airnya
  • Tambahkan 1 sdm madu dan jeruk nipis, aduk hingga merata
  • Bagi menjadi 3 dan minumkan pada anak yang sedang demam 3 kali dalam sehari

4. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda mengandung banyak nutrisi diantaranya adalah kalium. Di saat anak sedang demam, maka anak akan mengeluarkan banyak keringat. Untuk itu, minumkan air kelapa muda untuk menurunkan panas demam anak. Perbanyak minum air kelapa muda, maka demam anak akan berangsur-angsur menurun. Tidak hanya pada anak-anak, air kelapa muda juga bisa digunakan untuk menurunkan demam pada orang dewasa.

Memanfaatkan tumbuhan herbal adalah pilihan bijak untuk mengatasi demam pada anak. Namun yang perlu ibu ketahui jika dengan melakukan 4 tips di atas tetapi anak masih tetap demam, dalam arti panasnya tak kunjung turun. Maka sebaiknya bawalah anak anda untuk periksa ke dokter.
Sebaliknya, jika dengan 4 Resep Ramuan Tradisional Turunkan Demam pada Anak di atas sudah terbukti ampuh dan demam pada anak anda telah turun. Maka bersyukurlah, karena anda akan mendapati kembali senyuman riang buah hati anda. Terima kasih dan selamat mencoba bunda.

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon