logo blog

05 Juni 2017

6 Menu Buka Puasa ala Arab

Piring Kuliner-Bagi sebagian orang yang pernah melakukan ibadah haji atau pernah tinggal di negara timur tengah tepatnya Arab, terkadang mengimpikan untuk kembali menikmati suasana menyenangkan yang pernah dialaminya dahulu.

Nah, pembaca setia piring kuliner, jika anda ingin menu buka puasa anda menjadi seperti dulu lagi ketika masih berada di Arab, kini tak perlu lagi anda merisaukan itu.

Terlebih masalah kuliner, bulan puasa merupakan momen yang akan mengingatkan kita pada kenangan masa lalu masalah kuliner yang pernah disantapnya. Sekarang ntuk mengingat kembali masakan apa saja yang ada di Arab, kami akan jelaskan rincian menu buka puasa ala Arab  sebagai mana berikut:


1. Kibbeh (Kubba)

Sekalipun menu makanan ini cukup asing bagi orang Indonesia, Kibber atau Kubba, begitu masyhur sebagai kuliner orang Arab. Terbuat dari beras, kentang atau keripik gandum. Sekilas makanan ini mirip seperti lauk tempe yang dikepal berbentuk lonjong.

Di dalamnya berisi daging giling, cabai, bawang dan daun peterseli. Namun sekalipun mirip tempe, jangan herankan kalau rasanya dapat membuat lidah ingin selalu mencoba dan mencobanya lagi.

2. Kanafeh
Menu buka puasa ala arab

Gandum merupakan bahan utama dari makanan ini, kemudian keju, dan dibalut dengan sirup manis. Sekilas dari luar, makanan sedap ini seperti serabut. Namun, tak pernah anda duga sebelumnya bahwa tekstur makanan ini sangatlah lembut.

Perpaduan rasa gurih keju dengan manisnya sirup membuat rasanya termat unik. Kanafeh biasa dikenal menjadi lawan dari baklava. Bedanya, baklava  memiliki rasa yang renyah sedangkan kanafeh teksturnya lembut.

3. Samosa
menu buka puasa ala arab

Anda pernah menikmati jajanan pastel? ya, pastel jajanan yang terkenal di Indonesia. Namu, kita kini tak membahas pastel. Akan tetapi Samosa, samosa terbuat dari lapisan gandum tipis yang renyah membalut daging giling rebus di dalamnya.

Snack khas ini biasanya berbentuk segitiga dengan daging diling yang direbus atau di goreng. Samosa biasanya disantap dengan saus kecap yang sudah disajikan dengan menu khusus. Rasanya amat renyah, dan daging di dalamnya membuat kejutan yang selalu membuat kita selalu ingin mencoba.

4. Baklava
menu buka puasa ala arab

Baklava memiliki cita rasa yang manis. Terbuat dari adonan gandum renyah yang berlapis-lapis. Berisi aneka ragam kacang ini adalah menu buka puasa ala arab. Cocok bagi anda yang ingin sensasi makanan ala arab khususnya padang pasir.

Berbalut sirup yang manis, baklava mampu memberi sensasi tak henti-hentinya bagi anda untuk dinikmati. Jika anda penasaran, jajanan ini banyak disediakan di warung-warung kedai Arab terdekat.

5. Yogurt
menu buka puasa ala arab
 Yogurt ternyata merupakan santapan wajib bagi warga arab yang ingin menikmati buah kurma. Buah kurma bagi mereka akan terasa hambar bila tak dibarengi dengan yogurt. So, karena bka puasa sunnah dengan kurma, menu yogurt ini pasti ada yogurt di sampingnya.

6. Shorba

Jika anda pernah mengkonsumsi sup, shorba ini justru sup asal bangsa timur tengah khususnya Arab. Paling sering shorba disajikan ketika bulan Ramadhan. Dijadikan sebagai menu buka puasa yang paling digemari. Kalau di Indonesia, sama saja kita makan oseng atau sup.

Shorba merupakan sup ala Arab yang tercampur di dalamnya berbagai macam sayuran, kacang-kacangan, lemon, daging ayam dan lainnya. Sebab itulah shorba memiliki rasa yang amat unik. Gurih kacangnya, nikmat kaldunya, serta sehat sayurannya.

Sahabat Piring Kuliner berminta mencoba? silakan menikmati! 

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon