logo blog

22 Oktober 2017

Nasi Padang, Kuliner Khas Ikon Kota Padang

Nasi Padang, Kuliner Khas Ikon Kota Padang

Nasi Padang, Kuliner Khas Ikon Kota Padang

Piring Kuliner-Sumatera Barat dikenal dengan kuliner khasnya yang mendunia. Disebut masakan padang karena Sumatera Barat beribukotakan Padang. Menu masakan padang tak dapat diragukan lagi eksistensinya. Terlebih nasi padang, anda tak perlu susah payah untuk mencarinya, karena kuliner yang satu ini bisa anda temukan di seluruh pelosok nusantara. Baik itu di restaurant maupun di warung-warung pinggir jalan.

Peminat sekaligus penggemarnya tak terhitung lagi jumlahnya. Hanya sebagian kecil orang yang tidak mengetahui kuliner khas kota Padang ini. Mereka yang tidak tahu rata-rata adalah yang termasuk dalam kategori primitif, hehe. Dan bagi mereka yang tidak tahu, pasti akan bertanya-tanya apa sih bedanya masakan padang dengan masakan lainnya? Kayaknya sama saja. Tetapi ketika anda sudah mencicipinya, dijamin bakal ketagihan untuk selalu menikmatinya lagi, dan lagi.

 Nasi Padang, Kuliner Khas Ikon Kota Padang

Alasan mengapa orang-orang menyukai masakan padang adalah penggunaan kelapa dan rempah-rempah kuat sebagai bumbu utama. Kelapa bisa dicampurkan dalam bentuk parutan atau diambil santannya. Terkadang juga menggunakan minyak kelapa. Hal ini tentunya yang menjadikan masakan padang menjadi berbeda dengan masakan lainnya. Masakan khas padang adalah sayur daun singkong rebus dan gulai nangka. Dua makanan khas inilah yang termasuk dalam satu paket lengkap bernama: Nasi Padang.

Isinya ada nasi yang dicetak menggunakan cetakan mangkok kecil, sehingga bentuk nasinya menjadi setengah lingkaran. Ada dua makanan khas, yakni daun singkong rebus dan gulai nangka. Juga ada lauk, lauk ini biasanya sesuai selera dan permintaan pembeli. Lauknya sangat beragam, tinggal pilih saja anda ingin yang mana. Hemm.. pasti ingin mencoba semuanya. Namun di antara yang beragam tersebut, yang paling populer adalah rendangnya. Dan satu lagi, sambal yang berbahan dasar cabai hijau dan tomat hijau, yang rasanya sungguh mengguncang lidah anda.

Tidak membutuhkan harga yang mahal, di Kabupaten maupun Kota Malang, dengan 15.000 saja anda sudah bisa memanjakan lidah anda. Tetapi jangan khawatir dengan yang di tempat lain, harganya juga tidak jauh dari itu kok. Karena mayoritas warung-warung yang menyediakan masakan padang sama rata soal harga. Lain halnya dengan restaurant-restaurant yang terbilang elite, mungkin saja harganya agak jauh dari bayangan.

Terlepas dari harga, anda tidak akan mempertimbangkan lagi kalau sudah tau lezatnya masakan padang. Jika anda tipe orang yang kurang suka dengan makanan luar atau makanan warung dan sejenisnya, anda juga bisa membuatnya sendiri di dapur rumah anda. Meskipun terbilang agak sulit dan prosesnya agak ruwet, tapi memasak menu makanan padang tidam selama yang anda pikir. Karena cara memasaknya sama saja dengan masakan biasa, hanya saja bedanya terletak pada bumbu.

Baca juga:
Resep Membuat Nasi Goreng Kambing, Kuliner Khas Betawi
Soto Banjar, Kuliner Khas Suku Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Gudeg, Kuliner Khas Kota Yogyakarta

Indonesia memang terkenal akan kuliner dan wisatanya. Tergantung masyarakatnya saja, mau mengetahui atau tidak. Karena sangat mudah untuk mendapatkan menu-menu masakan padang. Lezat yang tak perlu diragukan lagi. Karena rasa yang unik tidak dapat diuraikan dengan kata-kata, hanya mampu dirasakan lewat indra perasa, yakni lidah.

Mungkin hanya tadi yang dapat kami sampaikan kawan mengenai info Nasi Padang, Kuliner Khas Ikon Kota Padang Jadi bagaimana? Sudah tertarik dengan masakan padang? Ataukah belum? Dijamin rugi kalau tidak mencoba!

4 komentar

makanan ini yang pertama kali di tawarkan saudara aku sewaktu aku disana,pokoknya rasanya mantaaaap

Nasi padang is the best pokoknya

Mantap.Nasi padang... Tapi top dimana-mana

Wadduh... Beneran nih? hehe

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon