logo blog

26 Oktober 2017

Resep Membuat Nasi Uduk Khas Betawi

Saran Sajian Nasi Uduk Khas Betawi

Piring Kuliner-Nasi uduk, makanan khas betawi yang sangat terkenal di berbagai pelosok negeri bahkan juga sudah banyak dikenal di kancah Internasional. Nasi uduk ini adalah warisan turun temurun dari nenek moyang, yang hingga saat ini masih populer di kalangan masyarakat luas. Alasan mengapa orang banyak menyukai kuliner yang satu ini adalah, karena cita rasanya yang gurih membuat lidah selalu ketagihan untuk mencobanya. Tidak perlu pergi jauh-jauh ke Betawi, karena anda bisa membuatnya sendiri di rumah.
Sensasi rasa yang gurih dan enak akan anda dapatkan ketika anda menyantap nasi uduk asli betawi. Bahkan tambahan gizi yang tersimpan di dalam nasi uduk akan mencukupi asupan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh keluarga anda. Karena di dalam menu ini, nasi yang gurih sedap dipadu dengan lauk pauk yang juga baik untuk tubuh. Resep nasi uduk yang komplit khas betawi memerlukan tambahan bahan lainnya, seperti: ayam goreng, kerupuk, tahu atau tempe, emping, irisan mentimun, irisan telur, dan biasanya ditambah dengan irisan bawang merah goreng.  
Baca Juga: Resep Membuat Nasi Goreng Kambing, Kuliner Khas Betawi
Hal utama yang perlu diperhatikan ketika anda akan membuat nasi uduk adalah kualitas beras dan santan kelapa. Beras yang harus anda pilih adalah beras yang pulen, sebab nasi uduk dikatakan bagus jika bertekstur nasi agak keras dan tidak lengket. Bunda juga perlu memilih kelapa yang masih baru (fresh) dan sudah tua untuk dijadikan santan, untuk mendapatkan hasil nasi uduk yang gurih sempurna. Baiklah, langsung saja, untuk lebih jelasnya simak terus Resep Membuat Nasi Uduk Khas Betwai di bawah ini:

* Bahan Membuat Nasi Uduk Khas Betawi:

  • 500 gr beras (½ kg)
  • 600 ml santan kelapa (3 gelas dari 1 butir kelapa tua)
  • 4 lembar daun salam
  • 2 batang serai ukuran sedang
  • ¾ sdt ketumbar bubuk
  • 2 hingga 3 lembar daun pandan (jika bunda menggunakan beras pandan, maka tidak perlu menggunakan daun pandan)
  • 1 sdm garam (secukupnya sesuai selera)

* Cara Membuat Nasi Uduk Khas Betawi:


1. Cuci beras hingga bersih dan tiriskan.

2. Kukus beras dengan langseng selama kurang lebih 20 hingga 25 menit (setengah matang).

3. Ambil panci ukuran secukupnya lalu masukkan juga santan, daun salam, serai, ketumbar bubuk, daun pandan, garam. Aduklah hingga merata kemudian rebus dengan api sedang hingga mendidih.

4. Masukkan beras aron dalam panci ukuran secukupnya dan tuang air rebusan santan hingga kurang lebih 1 ruas jari di atas beras.

5. Selanjutnya masak dengan nyala api kecil atau sedang hingga air santan habis, sekali-kali aduk biar matangnya merata. Kukus selama kurang lebih 30 menit. Angkat langsung dan simpan nasi uduk di wadah yang telah disediakan.

* Bahan Sambal Nasi Uduk:

100 gr kacang tanah

4 buah cabe rawit merah

2 siung bawang putih

½ sdt gula pasir (secukupnya)

½ sdt garam (secukupnya)

1 biji jeruk nipis

* Cara Membuat Sambal Nasi Uduk Khas Betawi:


1. Goreng kacang tanah dengan sedikit minyak goreng.

2. Goreng juga bawang putih (biar praktis goreng bareng bersama kacang tanah).

3. Setelah itu, tumbuk (uleg) hingga halus semua bahan seperti: kacang tanah goreng, bawang putih, gula pasir, dan garam. Tumbuk dan aduk-aduk hingga merata sempurna bumbu-bumbunya.

4. Saat menyajikan tambahkan dengan sedikit air panas dengan tambahan perasan jeruk nipis. Juga bahan bahan lain sebagai pelengkap penyajian, seperti: irisan telur dadar, emping, mentimun, tahu atau tempe goreng, semur jengkol, dan lainnya.

Agak ruwet memang, tetapi hasil takkan mengecewakan proses. Hasil yang diperoleh juga sebanding dengan proses yang telah dilakukan. Nasi uduk khas betawi ini bisa anda buat sebagai pengganti sarapan, jika suatu saat anda merasa bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja. Anda dapat mencoba Resep Nasi Uduk Khas Betawi ini di rumah anda, dengan bahan yang mudah didapat. Selain itu juga dengan bahan pelengkap yang disesuaikan dengan selera keluarga anda. Jangan lupa untuk berbagi resep dengan teman di media sosial anda. Selamat berbagi dan mencoba!

7 komentar

Gan, sebenernya ane masih bingung nih, emang yang membedakan nasi uduk betawi dnegan yang lain itu apa ya?

Saya sudah berkunjung.
Dan terimakasih informasinya

ya kalau nasi uduk khas betawi itu yang buat harusorang betawi asli gan... Beneran rasa sama hasilnya beda :D

sama-sama mas.. nanti saya kunjung kembali

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon