logo blog

27 Juli 2017

3 Makanan Khas Italia yang Populer di Indonesia

Piring Kuliner-Menyantap makanan seperti Pizza, Spaghetti, Tiramissu dan lain-lan tentunya sangat menyenangkan bukan? Jelas saja, makanan tipe di atas memiliki harga yang varian mahal. Namun, tentunya juga memiliki rasa yang tak kalah dengan harganya yang mahal.


Namun, dibalik fakta yang ada, taukah kita bahwa makanan-makanan yang seringkali menjadi favorit kita untuk dinikmati seperti di atas tadi ternyata sejatinya berasal dari negara Italia yang populer sampai ke Indonesia. Sungguh hal yang tak pernah kita duga. Bagaimana penjelasannya? Mari kita pelajari bersama.

Berikut daftar makanan khas Italia yang populer di Indonesia:

1. Pizza

makanan khas italia

Pizza, makanan khas italia

Pizza adalah sebuah roti yang berasal dari kota menara pisa Itali memiliki bentuk datar, bundar dan bertabur aneka ragam daging, sosis, keju, saus dan tomat serta berbagai topping lainnya, dimasak dengan cara dipanggang di dalam oven atau tungku.

Toko yang khusus menyajikan pizza disebut dengan "pizzeria". Banyak variasi pizza yang ada di seluruh dunia dan biasanya rasa serta bahan yang digunakan untuk membuatnya disesuaikan dengan bumbu serta variasi khas daerah tersebut setempat.

Begitu pula di Indonesia ini, banyak sekali kedai yang secara khusus menyajikan makanan ini. Hal tersebut karena Pizza merupakan makanan yang mendunia serta memiliki rasa yang varian yang tentunya memikat lidah. Ditambah lagi, Pizza telah menembus pasaran internasional.

2. Spaghetti

makanan khas italia

Spaghetti, makanan khas italia


Spaghetti adalah sejenis mie pasta dengan bentuk silinder, tipis, dan panjang. Spaghetti terbuat dari semolina atau sama dengan tepung dan air. Tentunya dengan berbagai bumbu. Spaghetti Italia terbuat dari gandum khusus yang disebut dengan nama "semolina".

Berdasarkan takarannya, spaghetti harus memiliki panjang minimal 50 cm. Namun, sekarang ini hal tersebut bukan lagi menjadi permasalahan yang krusial. Rasa spaghetti hampir sebagian besar dipengaruhi oleh saus yang disiram di atasnya. Semakin saus yang disajikan nikmat, maka spaghetti akan lebih betah mengikat lidah anda untuk selalu menjamunya.

3. Tiramisu

makanan khas italia

Tiramisu, Makanan Khas Italia

Tiramisu adalah makanan penutup yang populer dan dikenal karena memiliki rasa seperti kopi. Makanan ini terbuat dari kue berbentuk jari (Italia: Savoiardi) dicelupkan dalam kopi, dibuat berlapis dengan campuran kuning telur, putih telur, gula dan keju mascarpone, dibumbui dengan bubuk coklat.

Ada berbagai variasi dari tiramisu yang diadaptasi ke berbagai makanan di seluruh dunia.  Ada yang memasaknya dengan keju, susu, dan bahan-bahan khas dari negara mereka.  Yang jelas, kunjungan anda ke Italia belum lengkap jika belum merasakan lezatnya Tiramisu versi original negara ini.

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon