logo blog

04 Agustus 2017

Rahasia Dibalik Kelezatan Mie Ramen Khas Jepang


Rahasia Dibalik Kelezatan Mie Ramen Khas Jepang
Mie Ramen Ala Jepang
Piring Kuliner-Setelah kenyang membahas beberapa makanan khas Indonesia. Tak ada salahnya kita membahas salah satu kuliner khas negeri seberang, yakni dari negeri sakura yang tak lain adalah mie ramen. Mie ramen ini termasuk dalam makanan paling enak di dunia.

Sebelum beranjak ke resep, tak ada salahnya jika kita membahas asal muasal mie yang telah mendunia ini. Ada sebuah riwayat menyatakan bahwa, mie ramen yang terkenal dengan kuliner khas Jepang ini ternyata bukan berasal Jepang, melainkan dari China. Pada tahun 2000 sebelum Masehi, para peneliti menemukan sebuah fosil bakmie di dekat Sungai Kuning, Tiongkok yang diperkirakan ada di jaman Neolitik. Para peneliti berspekulasi bahwa mie ini dibuat dari campuran daging dan sejenis gandum.

“Mie ramen bukan dari Jepang, mie ramen itu dari China”, kata John Chu, Executive Chef Pearl Restaurant Hotel JW Marriott, Jakarta.

“Mie ramen berasal dari daerah di China, tapatnya Lan Cao. Dari sanalah ramen makin populer ke seluruh dunia:, imbuhnya.

Sebenarnya pendapat John Chu ini sudah tertulis di Wikipedia, namun sayangnya masih banyak orang yang belum menyadarinya. Singkat cerita, menurut catatan sejarah Tokugawa Mitsukuni (Mito Komon), orang yang pertama kali memakan mie ramen. Pembuatnya adalah seorang ilmuwan Konghucu dalam pengasingan Dinasti Ming yang diundang untuk datang ke Domain Mito.

Lantas, mengapa mie ramen dikenal sebagai menu makanan yang berasal dari Jepang?

“Perlu diingat, ramen berasal dari China, bukan dari Jepang. Dari China mie ramen kemudian dibawa ke Jepang. Masalahnya, Jepang bisa membuat mie dari tepung yang kualitasnya lebih baik, ini yang bikin enak, makanya mie ramen identic dengan Jepang”, papar John Chu.

Wah, ternyata makanan yang populer di Asia ini mempunyai sejarah yang cukup panjang ya? Sejarahnya menjadi panjang karena bakmie yang merupakan bahan baku ramen sudah ada sejak sebelum Masehi. Siapa yang menyangkanya. Anda yang menjadi pecinta mie ramen ini pun pasti tidak semuanya mengetahui sejarah yang sebenarnya.

Ramen yang sebelumnya termasuk ke dalam makanan elit, sehingga di Indonesia sendiri hanya bisa ditemukan di restoran-restoran mahal dan berkelas. Namun dengan semakin banyaknya penggemar masakan Jepang, kini anda sudah bisa menemukan mie ramen khas Jepang ini di kedai-kedai pinggir jalan. Jika anda salah satu penggemar masakan Jepang, tak ada salahnya anda membuat mie ramen ini sendiri di rumah. Tak tahu resepnya? Jangan khawatir.. kami akan menguraikan resep mie ramen lezat yang tentunya juga halal ala Piring Kuliner. Simak dan ikuti step by step yaa.. dijamin tidak mengecewakan.

Baca juga: Tips Membuat Bakso Sapi Higenis Spesial Lebaran

Bahan-bahan:
  • Mie bulat siap saji
  • Bakso sapi atau ayam dan dipotong menjadi 4 bagian (sesuai selera)
  • Udang dengan ukuran besar yang telah dikupas
  • Tepung maizena 1 sendok makan
  • 2 helai daun caisim dipotong serong
  • 100 gram daging ayam dipotong dadu
  • Jahe parut 2 sendok teh
  • Air kaldu ayam (secukupnya)
  • Minyak wijen (2 sendok makan)
  • Bawang putih 1 siung dan dicincang halus
  • Air (1000 ml atau secukupnya)
Bumbu-bumbu:
  • 1 sendok teh Kecap jepang shoyu
  • 1 sendok teh Kecap manis
  • 1 sendok makan Saus sambal Thailand
  • 1 sendok makan minyak ikan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
Cara Memasak:
  1. Pertama kali yang dilakukan adalah merebus mie, sampai mie mengapung dan matang. Kemudian angkat untuk ditiriskan.
  2. Tumislah bawang putih dan jahe parut hingga tercium bau harum, baru masukan udang dan ayam. Aduk hingga berubah warna.
  3. Masukkan bumbu, kaldu, bakso, dan caisim kemudian aduk sampai mendidih. Jika sudah tuangkan larutan tepung maizen dan aduk kembali.
  4. Terakhir jika kuah sudah mengental, masukan mie yang sudah direbus ke dalam kuah. Tunggu sebentar dan angkatlah untuk dituangkan ke dalam mangkok.
  5. Mie ramen sudah siap untuk dihidangkan. Makanlah selagi masih hangat.
Oke sobat, itu rahasia dibalik kelezatan mie ramen khas Jepang sekaligus resepnya. Dan kini bisa bunda sajikan sendiri di dapur rumah anda. Jangan cuma penasaran, yuk langsung praktik!


1 komentar:

emang eank sih,sepadan lah ama harganya

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon