logo blog

29 Mei 2017

5 Jajanan Khas Jawa yang Wajib Anda Coba!


      Ada beberapa jajanan khas Jawa yang sudah turun temurun dari nenek moyang kita yang rentan  sekali dilupakan pewaris nusantara.
     Hal ini perlu diperhatikan, mengingat jajanan tradisional juga perlu untuk dipertahankan untuk mempertahankan status kepemilikan nusantara.
    Untuk itu, yuk kita lihat 5 kuliner khas jawa yang harus kita jaga kelestariannya dengan mengkonsumsinya.

1. Getuk
5-jajanan-khas-jawa

Kuliner yang imut dan manis ini, banyak tersebar luas di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Berbahan singkong dan gula merah yang ditumbuh halus lalu dibentuk sesuai selera serta ditaburi parutan kelapa.

Jajanan yang satu ini, sudah ada semenjak nenek moyang kita. Jadi, masih termasuk jajanan kuliner klasik warisan nenek moyang khas Negara Indonesia.

Rasanya yang manis, serta teksturya yang lembut membuat sensai yang berbeda terutama jika disantap dalam keadaan hangat di pagi hari dengan secangkir kopi. Sensasi rasa singkong serta gula jawa bertabur gurihnya kelapa.

Jika anda berlibur ke daerah Jawa, jangan lewatkan kuliner yang satu ini. Tak begitu banyak menguras kocek serta sangat mudah untuk dinikmati dalam kondisi apapun. Mantap.

2. Sawut
5-jajanan-khas-jawa

Kalau kuliner yang satu ini, namanya singkat, yaitu “Sawut”. Masih jajanan khas Jawa serta merupakan satu keluarga dari jajanan Getuk.
Makanan klasik ini juga berbahan singkong yang sudah dikukus kemudian diparut dan diaduk dengan cairan gula jawa.

Sama halnya mie kuning yang berukuran agak besar. Dibentuk ala kadarnya dan disajikan dalam keadaan sesuka hati, oleh karena itu, jajanan ini bernama “Sawut” dikarenakan bentuknya yang Smrawut.

Rasa yang tak begitu jauh dari singkong aslinya, hanya saja ada sensasi berbeda sebab gula Jawa yang menyelimutinya.Mantap disantap kapan saja, terlebih jika dalam keadaan hangat.
Tak mudah basi, serta tak banyak membutuhkan bahan. Mengenyangkan.
Sayang jika anda melewatkan jajanan nenek moyang ini ketika berlibur ke Jawa.

3. Lemet
5-jajanan-khas-jawa

Hampir sama dengan Nonggo Sari dalam segi busananya. Lemit juga terlahir dari parutan singkong kukus yang diaduk dengan larutan gula jawa dengan sedikit garam.

Dibungkus dengan daun pisang segar, jajanan ini begitu nikmat ketika baru matang.Kuliner ini bisa anda temukan di beberapa bagian pulau Jawa. Terutama Jawa Tengah.

Teksturnya amat lembut serta cenderung agak lengket ditangan. Tapi, soal rasa memang tak bisa dibohongi. Mantap!

4. Klepon
5-jajanan-khas-jawa

            Nah, klepon hampir sama dengan jemblem. Hanya saja, tanpa digoreng serta teksturnya yang lebih lembut dan nyaman. Warnanyapun berfariasi. Namun cenderung berwarna hijau.

           Saya tidak yakin anda tidak ngiler bila melihat jajanan klasik satu ini. Rasanya beda, serta letusan gula merahnya akan membuat lidah anda tak henti-hentinya untuk selalu nambah.
              Bila anda piknik ke pulau jawa, khususnya Jawa Tengah atau Jawa Timur, sangat menyesal tidak mencoba jajanan satu ini. Mantap!

5. Jemblem
5-jajanan-khas-jawa

Saya yakin anda kenal jajanan yang satu ini pastinya. Memang bukan jajanan yang sulit dicari. Diberbagai daerah di Indonesia tentunya.

Nah, berbicara masalah “Jemblem” atau  Combro, maka tak lepas dari saudara-saudaranya di atas. Bahannya sama saja, singkong. Ditumbuk halus dengan gula, lalu dikepal berbentuk bulat dan diisi dengan sedikit gula jawa. Berbeda denga lainnya, jemblem matang dengan digoreng, bukan dikukus.

            Sensasi gurih senantiasa mengikuti setiap gigitan anda. Belum lagi anda akan dikagetkan dengan letusan gula jawanya yang akan membasahi lidah anda dengan rasa manis yang tak habis-habis.

            Jadi, tunggu apalagi untuk mencicipi jajanan yang tak merogok terlalu dalam dompet anda ini?

Selamat mencoba!.. Mantap! 

1 komentar:

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon