logo blog

15 Januari 2018

Daftar dan Tips Makanan Pembantu Awet Muda

Daftar dan Tips Makanan Pembantu Awet Muda

Daftar dan Tips Makanan Pembantu Awet Muda

Piring Kuliner-Sahabat, penuaan adalah proses alami yang tidak dapat dihindari. Tetapi meskipun begitu, banyak orang yang menginginkan agar dirinya untuk tetap terlihat awet muda. Berbagai cara apapun rela dilakukan, jutaan rupiah pun dibiarkan melayang begitu saja demi mendapatkan perawatan agar tetap terlihat muda.


Tanda penuaan yang sering terlihat adalah kulit keriput dan bintik hitam yang dapat menurunkan kepercayaan diri. Dan orang akan merias dirinya dengan kosmetik-kosmetik yang telah dipilihnya demi menutupi atau bahkan menghilangkan tanda-tanda penuaan yang telah timbul. Namun tentu saja cara ini adalah cara yang tidak alami dan dapat menyebabkan resiko yang sangat buruk untuk kulit.

Karena selain faktor genetika, penuaan juga dapat dipicu oleh gaya hidup termasuk makanan yang dikonsumsi. Maka dari itu, ada juga beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mempertahankan penampilan fisik agar selalu terlihat bersinar dan awet muda. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi pilihan makanan yang bisa membuat produksi kolagen dalam kulit terus meningkat.

Baca Juga: Beberapa Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Berikut ini adalah daftar dan tips makanan pembantu awet muda yang dapat anda masukkan ke dalam menu sehat agar selalu terlihat awet muda.

1. Alpukat

Kandungan vitamin E yang terdapat dalam alpukat, dapat menjaga kulit dan rambut agar tetap bersinar. Juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, alpukat kaya akan kalium yang mencegah retensi cairan dalam tubuh serta mengontrol tekanan darah. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam alpukat ini sangat menguntungkan bagi kulit.


2. Buah Berry

Berbagai macam buah berry sangat bermanfaat untuk membantu menghambat penuaan dini. Buah beri mengandung fitokimia yang dikenal sebagai flavonoid, yaitu antioksidan yang efektif melawan radikal bebas sehingga mencegah penuaan.


3. Melon dan Semangka

Buah ini dapat anda masukkan dalam list buah yang dapat membantu program diet harian anda. Melon dan semangka memiliki efek alkali pada tubuh serta menyediakan banyak vitamin dan cairan yang bermanfaat bagi tubuh.


4. Anggur Merah

Selain rasanya yang memanjakan lidah, manfaatnya juga tak kalah luar biasa. Buah yang satu ini mempunyai kandungan zat resveratrol yang berguna untuk memhambat penuaan sel-sel dalam tubuh. Zat ini telah dikenal dan diyakini sangat baik untuk mencegah masalah-masalah yang berkaitan dengan penambahan usia.


5. Tomat

Tomat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh yang sangat lengkap, termasuk untuk kulit Anda. Tomat mengandung senyawa antioksidan yang sangat banyak seperti likopen. Likopen merupakan salah satu zat antioksidan yang bisa melawan semua radikal bebas dalam tubuh. Zat likopen ini tidak hanya melawan efek radikal bebas untuk kulit tapi semua bagian organ tubuh. Tomat juga sangat berguna untuk mencegah semua efek akibat terkena panas matahari.


6. Mangga

Buah yang memiliki rasa manis ini ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta elastisitas kulit. Kandungan beta karoten yang terdapat dalam buah mangga bermanfaat untuk terus mempertahankan kolagen dalam kulit, sehingga kulit terlihat lebih elastis dan bersinar. Kandungan vitamin C dan senyawa antioksidan yang ditandai dengan pigmen berwarna kuning menjadikan kulit lebih cerah, membantu menyembuhkan jerawat dan semua efek penuaan dengan cara membantu membuka pori-pori yang tersumbat oleh bakteri maupun kotoran lainnya.


7. Jeruk

Siapa yang tidak kenal dengan jeruk? Buah yang sangat familiar ini mengandung banyak vitamin C yang bermanfaat untuk menangkal sistem radikal bebas dan membuat kulit lebih sehat dan bersinar. Jeruk juga akan membantu tubuh untuk mengelola kolagen yang bisa mencegah semua efek penuaan dini. Vitamin C yang terdapat dalam jeruk juga penting untuk membantu memperbarui sel-sel kulit dan tumbuh menjadi jaringan baru yang lebih sehat. Serta dapat mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh sehingga kulit terlihat lebih halus dan lembut.


8. Kaldu Tulang

Apakah anda biasa menggunakan kaldu sebagai bumbu perasa masakan? Mulai sekarang, anda bisa membuat kaldu tulang alami tanpa bahan pengawet maupun perasa lain. Anda bisa menggunakan jenis tulang sapi atau tulang ayam kampung. Kaldu mengandung banyak kolagen yang bisa membuat penampilan kulit anda menjadi lebih cantik. Kaldu tulang yang dimasak dalam waktu yang cukup lama juga menghasilkan zat gelatin yang bisa membuat pencernaan anda menjadi lebih baik. Dengan cara ini maka anda telah memelihara kecantikan kulit dari luar dan dalam.


9. Kale

Kale merupakan sayuran yang memiliki rasa lezat dan bisa membuat anda selalu tampil awet muda. Kale mengandung senyawa antioksidan yang bisa membuat tubuh anda melawan radikal bebas dan mempertahankan kolagen. Kale mengandung beberapa nutrisi yang bisa menangkal radikal bebas seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, mangan, kalium, magnesium dan tembaga. Kalium akan membantu tubuh mendapatkan detak jantung yang normal sehingga peredaran darah dan oksigen berjalan dengan lancar. Hal ini juga bisa membuat tubuh anda semakin sehat dan mendapatkan kulit yang lembut.


10. Bayam

Sayuran hijau yang satu ini mengandung banyak zat klorofil ternyata juga sangat baik untuk memelihara kesehatan dan penampilan kulit. Bayam juga mengandung zat besi yang membantu produksi sel darah merah berjalan dengan baik. Selain itu bayam penuh dengan fitonutrisi yang bisa menberikan perlindungan untuk kulit akibat terlalu sering terkena pancaran sinar matahari. Bahkan bayam juga mampu melindungi gen tertentu yang bisa mencegah kolagen bertahan dan terhindar dari kanker kulit.


11. Ikan

Beberapa jenis ikan yang bermanfaat bagi kulit adalah ikan salmon, ikan mackerel, dan ikan tuna. Jenis-jenis ikan ini merupakan makanan yang mengandung banyak protein yang membantu tubuh untuk mendapatkan bahan antioksidan dan mampu melindungi membran sel kulit. Juga mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu membersihkan darah anda dari lemak kolesterol (lemak jahat). Kandungan asam amino esensial juga berguna untuk menangkal semua efek peradangan.


12. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah mengandung senyawa antiinflamasi yang bisa melindungi kulit dari efek peradangan. Bahkan bawang merah dipercaya bisa mencegah penuaan dini dan jerawat yang bisa menyebabkan bekas pada kulit. Sedangkan bawang putih mengandung senyawa sulfur yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu bawang putih juga mengandung sebuah senyawa yang disebut dengan taurin dan lipoic yang bisa membantu kembali pembentukan kolagen. Kedua senyawa ini akan bekerjasama dengan baik untuk memproduksi kolagen. Jadi untuk membuat penampilan anda menjadi lebih muda, anda bisa mencampurkan bawang putih ke berbagai jenis masakan.


13. Kembang Kol

Kandungan glukosinates dan indolse yang terdapat pada kembang kol, sangat baik untuk merangsang enzim yang bisa memberikan reaksi penolakan untuk beberapa jenis kanker. Ada sebuah penelitian membuktikan, jika sayuran kembang kol yang mengandung sulforaphane sangat baik untuk memberikan perlindungan terhadap kulit yang biasanya disebabkan karena efek panas sinar matahari.


14. Telur

Telur adalah salah satu lauk yang banyak digemari. Telur merupakan makanan yang banyak mengandung bahan antioksidan seperti vitamin E, zea xantin dan lutein. Bahan antioksidan ini akan melindungi kulit akibat terkena panas sinar matahari secara langsung dan membantu proses regenerasi sel kulit. Telur juga mengandung mineral jenis selenium dan yodium yang memang sangat baik untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh.


15. Air

Terlepas dari semua jenis makanan yang telah diuraikan di atas, air tetap mempunyai pengaruh penting untuk mencegah penuaan dan terlihat lebih awet muda. Tetap terhidrasi merupakan salah satu aturan yang penting mencegah penuaan, dan tidak ada yang dapat menggantikan fungsi air. Minum setidaknya delapan gelas air dalam sehari. Air membantu membilas racun untuk keluar dari tubuh dan menjaga darah tetap dalam tingkat kekentalan yang normal.


Nah, itulah beberapa daftar dan tips makanan pembantu awet muda. Semua jenis makanan yang bisa membantu kulit agar awet muda pada dasarnya adalah yang mengandung bahan nutrisi yang bisa menangkal radikal bebas seperti bahan antioksidan. Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan konsumsi secara teratur dan cara konsumsi yang tepat. Hindari memilih bahan makanan yang kurang sehat seperti sudah disimpan lama atau cacat karena kualitas nutrisinya sudah menurun. Sekian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon