logo blog

29 Juli 2017

7 Jajanan Khas Aceh Yang Wajib Dicoba!

Piring Kuliner-Aceh yang kerap kali disebut serambi makkah, selain terkenal dengan sejarahnya yang kental, Aceh juga dikenal dengan makanan khasnya. Jika anda pergi berwisata ke Aceh rasanya belum lengkap bila belum mencicipi makanan khas Aceh. Berikut ini 7 makanan khas Aceh yang wajib anda coba!

1. Rujak Aceh Samalanga

jajanan khas aceh

Mendengar namanya saja sudah bikin ngiler di lidah. Sebenarnya, komposisi maupun bumbu rujak samalanga ini sama saja dengan rujak pada umumnya. Hanya uniknya dari rujak ini adalah rujak ini diulek di atas ulekan besar terbuat dari batu atau kayu jati yang bisa menampung 50 porsi rujak. 

Untuk pembeli yang makan di warung biasanya disajikan dalam piring. Sedangkan pembeli yang minta untuk dibawa pulang biasanya dibungkus dengan daun pisang, yang tentunya menjadi ciri khas tersendiri dari rujak khas Aceh ini.

2. Pisang Sale

jajanan khas aceh

Bagi kita yang tidak bertempat tinggal di Aceh pun, pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan ringan berbahan dasar pisang ini. Bagi anda yang belum tahu, pisang sale ini adalah jajanan tradisional khas Aceh Timur lho.

Proses pembuatannya cukup mudah, pisang yang telah matang dikupas dan dijemur di bawah terik matahari, lalu dilakukan proses penyalean atau pengasapan agar pisang lebih tahan lama kemudian dilumuri gula tebu. Pisang sale mempunyai rasa dan aroma yang khas, warnanya yang kecoklatan dan terlihat sedikit berkilau membuat kita ingin mecicipinya.

3. Kembang Loyang

jajanan khas aceh

Mungkin lebih tepatnya makanan ini sejenis kue. Kue ini terbuat dari tepung roti yang dicampur dengan gula dan telur serta pati santan. Adonan ini diaduk hingga rata, lalu celupkan cetakan kembang loyang dan masukkan ke dalam penggorengan.

Kue ini sering dijumpai di acara-acara hajatan, baik di kota maupun di pelosok desa sekalipun. Kue ini sangat setia menemani acara kita pada hari-hari besar agama, seperti lebaran. Juga sangat cocok dinikmati pada waktu-waktu santai bersama keluarga.

4. Kue Bhoi

jajanan khas aceh

Kue bhoi adalah makanan khas Aceh Besar yang telah dikenal luas oleh masyarakat Aceh. Bentuknya yang unik membuat kita selalu tertarik untuk mencicipi kue ini, kue bhoi ini memiliki bentuk yang bervariasi seperti: bentuk ikan, bintang, bunga, dan lain-lain. Adapun proses pembuatannya, kue bhoi ini tergolong sedikit rumit. Pasalnya, tidak semua orang bisa membuat kue ini.

Kita bisa mendapatkannya di pasar-pasar tradisional atau dengan cara memesan langsung kepada pembuatnya. Kue bhoi ini biasanya dijadikan salah satu buah tangan jika kita pergi berkunjung ke rumah sanak saudara atau tetangga. Kue ini juga seringkali dijadikan isi bingkisan seserahan dari penganten pria kepada penganten wanita pada saat acara pernikahan.

5. Bohromrom

jajanan khas aceh

Di Jawa, bukan bohromrom namanya.. tetapi kue klepon. Bahan dan proses pembuatannya sama, hanya berbeda nama. Wah, pasti kalian belum pernah tau sebelumnya kan? 

Bohromrom ini terbuat dari tepung ketan yang dibalut dengan parutan kelapa. Proses pembuatannya sangat mudah. Campurkan tepung ketan, garam dan air panas. Aduk hingga rata, tambahkan pewarna kue secukupnya untuk mempercantik tampilannya. Ambil satu sendok adonan dan isi dengan bahan isian yakni gula jawa lalu bentuk menjadi bulatan-bulatan. Kemudian masukkan bulatan ke dalam panci berisi air mendidih di atas tungku, tunggu sampai terlihat mengambang. Jika sudah, angkat, lalu gulingkan di atas parutan kelapa.

6. Meuseukat

jajanan khas aceh

Nama yang sulit diucapkan oleh lidah yang bukan orang asli Aceh tentunya. Namun tidak dengan kuenya, karena kue ini dikenal sangat unik karna perpaduan antara tepung terigu dengan buah nanas dan cita rasanya yang khas.

Kue ini semacam dodol nanas yang sangat jarang dijumpai di pasar-pasar tradisional Aceh, terkadang kita harus memesannya terlebih dahulu kepada si pembuat kue meuseukat ini. Kue ini juga bisa kita jumpai di acara-acara perkawinan di Aceh.

7. Sanger

jajanan khas aceh

Sanger adalah jenis minuman yang hanya bisa anda dapatkan di Aceh. Minuman ini sering disebut dengan kopi sanger, secara umum mirip dengan capuccino tetapi jauh lebih nikmat kopi sanger ini. Jika dilihat sekilas tampak seperti kopi susu biasa, tetapi jika kita menilik rasanya, kopi sanger ini memiliki rasa yang jauh lebih nikmat dan mempunyai cita rasa yang khas dari kopi biasa. Dan kopi sanger ini dapat anda jumpai hampir di setiap warung-warung kopi di seluruh ruas jalan di Banda Aceh

Anda tertarik? Jangan sia-siakan kesempatan anda untuk mencoba makanan khas Aceh yang kami rinci di atas, jika suatu saat anda pergi berwisata ke Aceh.

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon