logo blog

29 Mei 2017

5 Menu Takjil Ramadhan yang Paling Diminati

     Beberapa Menu Takjil Ramadhan di bawah ini merupakan sebagian dari banyak menu yang paling dicari oleh umat Muslim ketika Ramdhan. Hal ini dikarenakan selain rasanya yang manis dan enak  sebagai menu pembuka (Ta’jil) buka puasa, juga sangat dianjurkan dan disunnahkan.

     Untuk mengetahui lebih jelas apa saja menunya, yuk kita lihat daftar serta ulasannyanya di bawah ini:

1. Kurma
5-menu-takjil-ramadhan

     Buah yang satu ini, selain rasanya yang manis luar biasa, juga khasiat yang dikandungnya sangat banyak. Baik tinjauan secara medis maupun syariah.

     Rasululloh S.A.W sendiri selalu mencontohkan untuk bertakjil dengan buah Kurma ini. Pada awalnya, ta’jil hanya digunakan untuk menyegerakan berbuka puasa. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, ta’jil tidak dikhususkan hanya untuk kurma.


5-menu-takjil-ramadhan

     Rasanya yang nikmat serta manfaatnya yang banyak, buah kurma juga dapat mengenyangkan. Jika anda bosan mengkonsumsi kurma secara langsung, anda dapat mengolahnya menjadi makanan variatif lainnya semisl: Kolak Kurma, Coklat Kurma, Dodol Kurma, dll.

2. Air Zam Zam
5-menu-takjil-ramadhan

     Sebenarnya Air Zam-Zam tidak termasuk dalam menu makanan ta’jil. Namun, karena dalam beberapa sumber riwayat hadist dijelaskan bahwa ketika tidak ditemukan Kurma, gantilah dengan air Zam-Zam. Karena itulah Air Zam-Zam diminati untuk dijadikan menu pembuka buka puasa.

     Air Zam-Zam berbeda dengan air lainnya, memiliki beberapa manfaat serta kegunaan yang berkhasiat untuk tubuh kita. Hal ini sudah berdasarkan tinjauan ilmuan maupun syariah itu sendiri. Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba takjil dengan menu ini.

3. Kolak
5-menu-takjil-ramadhan


     Kolak di Indonesi memang menjadi sasaran utama untuk dijadikan menu takjil. Memang, selain manis untuk membasahi tenggorokan yang kering, juga bahan yang mudah dicari serta bisa diolah sesuai selera.

5-menu-takjil-ramadhan

     Kolak sendiri bermacam-macam modelnya. Antara lain ada kolak pisang, kolak singkong, kolak kurma, kolak kacang hijau, sampai kolak ubi, dan masih banyak lainnya. Rasanyapun jangan diremehkan, santan yang diaduk didalamnya mampu menebus keringnya tenggorokan seharian.
Tentunya anda juga pernah mencoba menu yang satu ini ya.

4. Es Buah

5-menu-takjil-ramadhan

     Nah, Es Buah memang sangat laris di pasaran ketika Ramadhan. Rasanya yang bermacam-macam dikarenakan terdiri dari banyak campuran buah-buahan.

     Es Buah juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita, disamping juga rasanya yang ajib. Banyak vitamin yang terkandung dalam buah yang tercampur di dalamnya.

5-menu-takjil-ramadhan

     Untuk Es Buah ini, dapat anda tambahkan susu sebagai penikmat. Atau tanpanyapun tak akan mengurangi rasa. Dingin Esnya membasahi setiap lekuk tenggorokan yang seharian kering. Tidaklah sulit untuk mencarinya, cukup anda pergi ke toko atau pasar terdekat, dijamin Es Buah yang anda cari akan ada.

5. Bubur Kacang Hijau
5-menu-takjil-ramadhan

     Untuk menu hangat yang satu ini, khusus kita yang tak suka Es tentunya. Menu yang terbuat dari kacang hijau, santan, serta nasi ini akan membuat takjil kita sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, kalau lembut hangatnya bubur yang nikmat melewati tenggorokan kita yang kering. Pastinya kebayang ya.

     Tak jauh beda dengan kolak Kacang Hijau, bubur ini teksturnya lebih kental seperti bubur. Ah, tentunya ya, namanya juga bubur. Mantap.

     Tak perlu susah untuk mencari di mana menu ini berada. Menu bubur Kacang Hijau ini menyebar luas di berbagai daerah Indonesia khususnya Jawa. Juga tak perlu merogoh kocek terlalu dalam tentunya.

Anda penasaran untuk mencobanya?
Selamat Mencoba!

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon