logo blog

02 Oktober 2017

Daftar Makanan Sehat dan Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Daftar Makanan Sehat dan Dianjurkan Untuk Ibu Hamil
Kategori Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil
Piring Kuliner-Sahabat pembaca setia piring kuliner, menjadi Ibu adalah suatu anugerah teragung dalam hidup. Seorang wanita tidak akan merasakan kesempurnaan di dalam kehidupannya sebelum ia melahirkan seorang buah cinta dalam keluarga kecilnya. Kehamilan adalah moment yang paling ditunggu-tunggu ketika seseorang telah menikah. Ketika seorang wanita dinyatakan hamil, suami dan seluruh keluarganya akan serba berhati-hati menjaga dan merawatnya. Segala hal akan dipersiapkan dengan sempurna demi menyambut malaikat kecil yang akan menjadi pengikat ayah bundanya. Sampai urusan makanan pun dijaga dan diatur dengan super ketat.

Seorang ibu juga harus bijak dalam memilih makanan. Jangan sampai merugikan dirinya dan calon bayinya. Makanan sehat untuk ibu hamil harus mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk kehamilan. Selain demi menjaga kesehatan ibu dan janin, juga penting untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang disebabkan karena kekurangan nutrisi yang penting untuk menjaga kehamilan. Nutrisi yang dimaksud disini adalah seperti: asam folat, zat besi, magnesium, kalsium, vitamin B6, omega 3 dan protein.

Seringkali kita bertanya-tanya, apa sajakah makanan yang menjadi pantangan dan yang dianjurkan bagi ibu hamil. Apalagi bagi ibu muda yang baru mengalami kehamilan. Usia kehamilan di trimester pertama biasanya banyak mengalami gangguan seperti rasa mual, pusing, dan hilang nafsu makan. Padahal, usia kehamilan di trimester pertama ini masih sangat rentan mengalami keguguran, untuk itu sangat penting untuk memenuhi asupan gizi yang cukup demi kesehatan ibu dan janin agar dapat berkembang dengan baik.

Baca Juga: 7 Menu Makanan Sehat untuk Ibu hamil

Piring Kuliner hadir untuk memberi solusi untuk para ibu hamil, agar tidak lagi merasa bingung dan bertanya-tanya kira-kira makanan apa saja yang baik dan dianjurkan untuk kesehatan kandungan. Berikut ini kami sajikan beberapa daftar asupan makanan yang sehat dan dianjurkan untuk ibu hamil. Simak baik-baik ya...

*Kategori Sayuran
Sebenarnya semua jenis sayuran, sayur apapun bagus untuk kesehatan. Hanya saja, ada beberapa sayuran yang paling dianjurkan dan penting untuk ibu hamil. Beberapa sayur yang dianjurkan untuk ibu hamil kurang lebih berikut ini:
  1. Bayam
  2. Brokoli
  3. Kubis
  4. Kembang kol
  5. Daun pepaya muda
  6. Daun singkong
Dan masih banyak lagi yang lainnya. Sayur-sayuran yang tersebut di atas adalah yang paling banyak kandungan asam folat, kalsium, kalium, dan kaya serat alami yang sangat bagus untuk kesehatan ibu hamil.

*Kategori Buah-buahan
Sama seperti sayuran, tidak ada buah-buahan yang tidak baik untuk kesehatan. Tergantung yang mengkonsumsinya, dalam porsi seimbang atau berlebihan. Karena sejatinya, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Berikut buah-buahan sehat dan dianjurkan untuk ibu hamil:
  1. Jeruk
  2. Tomat
  3. Stroberi
  4. Pisang
  5. Pepaya
  6. Alpukat
Buah-buahan mana sih yang tidak mengandung banyak vitamin yang menguntungkan bagi tubuh? Semunya pasti menguntungkan kan.. buah-buahan ini juga sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Untuk memperkuat janin, menghindari resiko cacat janin, juga untuk membantu pembentukan sistem otak dan sel syaraf pada bayi. Tetapi hati-hati, ada juga buah yang dilarang untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Seperti: nanas muda, durian, pepaya muda, kelengkeng, dan nangka.

*Kategori Kacang-kacangan
  1. Kacang hijau
  2. Kacang almond
  3. Kacang merah
  4. Kedelai
Kategori kacang-kacangan ini juga tergolong makanan sehat dan dianjurkan untuk ibu hamil. Bagaimana tidak? Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Juga untuk memperkuat daya tahan tubuh bunda selama masa kehamilan. Namun, bagi bunda yang memiliki alergi terhadap jenis kacang-kacangan, sebaiknya dihindari dan pilihlah alternatif lain.

*Kategori Lauk Pauk
1. Ikan kod
Suplemen yang terdapat dalam ikan kod sangat penting untuk menjaga sistem kerja otak dan sel syaraf. Juga membantu untuk menjaga kesehatan sistem mata bayi dan mencegah bumil dari penyakita jantung.
2. Ikan Salmon
Ikan salmon terbukti dapat menumbuhkan kecerdasan pada bayi sejak dalam kandungan. Dan juga mengatasi ibu hamil dari kekurangan gizi.
3. Ikan Sarden
Ikan sarden mengandung asam lemak omega 3 yang sangat ampuh untuk menerunkan kadar lemak jenuh selama kehamilan. Selain juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan bunda selama kehamilan.
4. Telur
Mengkonsumsi telur selama masa kehamilan sangat dianjurkan, karena telur adalah makanan yang paling terkenal memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Protein disini berfungsi untuk menjaga pertumbuhan janin dan sebagai sumber tenaga bagi ibu hamil.

Baca Juga:  7 Menu Makanan Sehat untuk Ibu hamil

Selain apa yang dibahas di atas, anda juga bisa baca 7 Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil. Tidak hanya makanan, menjaga pikiran agar tetap tenang, rileks, dan tidak setres juga sangat berperan penting di masa-masa kehamilan. Karena orang hamil cenderung lebih sensitif dibanding biasanya. Untuk itu, para suami dan keluarga harus ekstra hati-hati dalam menjaga dan merawat si ibu hamil.

Oke sobat, semoga ulasan ini bermanfaat.

3 komentar

Lengkap banget daripada blog lain,,kebetulan istri lagi hamil

Emang beneran nih gan punya istri? :v

jadi inget pas istri hamil, asupan gizi nya banyakan dari sayuran

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon