logo blog

08 Januari 2018

5 Tips Ampuh Atasi Diare Secara Alami

5 Tips Ampuh Atasi Diare Secara Alami

Tips Ampuh Atasi Diare Secara Alami

Piring Kuliner-Sahabat, anda pernah mengalami diare? Jawabannya tentu pernah. Seseorang yang terkena diare, aktifitasnya akan sangat terganggu bahkan bisa saja terhenti total. Di antara banyak orang yang mengalami diare, namun hanya sebagian kecil yang mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi diare tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa diare terjadi ketika sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik, sehingga membuat seseorang buang air besar lebih sering dari biasanya. Contoh: buang air besar lebih dari 3 kali sehari dengan tinja berair atau encer. Diare dapat disertai dengan gejala seperti sakit perut, kembung, mual dan dapat menyebabkan komplikasi seperti dehidrasi.

Diare yang parah dan berkepanjangan juga sangat berbahaya bagi kesehatan, karena tubuh bisa kekurangan cairan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengobati diare. Dan pengobatan yang baik bukan pengobatan yang cepat, dalam arti sembuh dalam waktu yang singkat.

Sama halnya dengan penggunaan antibiotik, menggunakan antibiotik memang cepat untuk mengobati diare namun bukan cara yang terbaik. Karena antiboitik dapat membasmi sekaligus seluruh bakteri baik yang ada di dalam usus dan dapat menghambat pergerakan alami usus.

Nah, sebaiknya anda ambil langkah yang aman untuk mengobati diare ini. Karena di zaman yang sudah serba instan ini, orang sudah tidak lagi melirik hal-hal yang berbau tradisional. Padahal justru yang tradisional ini adalah cara yang terbaik dan ampuh untuk mengobati secara alami. Untuk itu, piring kuliner akan memberikan uraian tentang 5 Tips Ampuh Atasi Diare Secara Alami, berikut ini:

1. Larutan Oralit Tradisional

Larutan oralit tradisional ini bisa anda dapatkan dengan mudah saja. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahannya adalah: asam jawa, gula, garam, dan air hangat. Caranya seduh asam jawa ke dalam gelas yang berisi air hangat, masukkan juga gula dan garam, aduk hingga tercampur rata. Lalu minum selagi hangat, minum 2-3 kali sehari dijamin diare anda langsung mampet. Dan dijamin ampuh mengatasi diare.


2. Jahe

Jahe merupakan tanaman obat penuh manfaat. Selain dikenal dengan ampuhnya dalam mengobati sakit batuk, ternyata jahe juga bisa mengobati diare lho. Caranya anda bisa jadikan teh jahe dan minum dalam keadaan hangat. Atau anda parut jahe dan tambahkan 1 sdt madu, lalu makanlah. Atau bisa juga anda buat wedang jahe dan jangan lupa ditambah madu. Tentunya ampuh untuk mengobati dan mengatasi diare.


3. Jambu Biji

Wah, buah yang satu ini selain rasanya yang segar ternyata juga menyimpan manfaat. Yaitu bisa untuk mengobati diare, secara alami tentunya. Untuk pengobatan diare dengan jambu biji ini ada dua cara. Pertama, anda bisa memakan langsung buahnya atau anda jadikan jus untuk diminum, tapi ingat jusnya tanpa gula ya. Kedua, anda bisa merebus 3 lembar daun jambu biji yang masih muda, ambil air rebusannya dan minum ketika sudah dingin. Gampang kan?


4. Salak

Buah yang satu ini memiliki kulit yang mirip dengan seekor ular, itulah kenapa buah salak disebut juga sebagai snake fruit dalam bahasa Inggris. Tentu akan sangat mudah menemukan salak di Indonesia, apalagi bagi anda yang tinggal di pedesaan. Selain unik, ternyata salak juga mengandung senyawa polifenol dalam bentuk tannin yang dapat meredakan dan mengatasi gejala diare. Mau dimakan langsung enak, dijus juga segar.


5. Pisang

Orang-orang terdahulu kerap kali menggunakan pisang sebagai obat untuk mengatasi diare dan pepaya untuk mengatasi sembelit. Mengapa begitu? Pisang ini ternyata mengandung pektin, pektin ini yang berguna membuat kotoran menjadi keras. Sedangkan pepaya mengandung selilosa yang bagus untuk melancarkan kotoran yang tertahan dalam tubuh kita. Maka pisang bisa dijadikan alternatif untuk megatasi gejala diare.
.

Selain 5 tips di atas, anda bisa menggunakan cara lain yakni perbanyaklah minum air putih ketika diare. Karena air putih dapat mengganti cairan yang hilang ketika diare. Serta harus anda perhatikan, bahwa ketika diare anda harus menghindari makan makanan yang pedas dan asam, juga minuman asam seperti jus tomat dan jus jeruk atau buahnya pun sama sebaiknya dihindari dulu. Sebaiknya juga perbanyak beristirahat, karena orang yang sedang diare tubuhnya akan terasa lemas karena kehilangan banyak cairan.

5 Tips ampuh yang kami rangkum di atas, dapat menimbulkan efek yang berbeda pada orang yang berbeda tegantung pada intensitas dan penyebab diare yang dialaminya. Jika anda mengalami diare dalam kurun waktu 3-4 hari belum juga membaik atau anda mengalami dehidrasi berat meskipun sudah melaksanakan tips-tips di atas, maka kami sarankan agar anda pergi periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sekian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon