logo blog

14 Desember 2017

Fakta dan Sejarah Kopi Luwak "Luwak White Coffe"

Fakta dan Sejarah Kopi Luwak "Luwak White Coffe"

Fakta dan Sejarah Kopi Luwak "Luwak White Coffe"

Piring Kuliner-Sahabat, melanjutkan dari artikel sebelum-sebelumnya. Sebagaimana yang telah terpampang pada judul, artikel kali ini akan membahas lebih detail tentang Kopi Luwak atau yang dalam bahasa inggrisnya (Luwak White Coffe). Kopi yang mempunyai cita rasa tinggi serta terbilang sebagai kopi yang termahal di antara jenis kopi lainnya ini, mempunyai rahasia yang tidak umum. Untuk itu, kita akan membahasnya disini.

Sederhananya, kopi luwak adalah seduhan kopi yang menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran binatang yang bernama “luwak” atau musang kelapa. Asal mula kopi luwak mempunyai keterkaitan yang sangat erat dengan sejarah pembudidayaan kopi di Indonesia. Pada era tanam paksa, Belanda melarang para pekerja pribumi memetik biji kopi jika untuk dikonsumsi pribadi, padahal penduduk local ingin sekali mencicipi nikmatnya kopi yang terkenal itu.

*Sejarah Singkat Kopi Luwak 

Kemudian, pekerja perkebunan menemukan bahwa ada sejenis binatang musang yang gemar memakan buah kopi. Tetapi ketika ia memakannya, hanya daging buahnya yang tercerna, kulit ari dan biji kopinya masih utuh dan tidak tercerna. Biji kopi dalam kotoran luwak ini kemudian dipunguti, dicuci, disangrai, ditumbuk, kemudian diseduh dengan air panas, maka terciptalah kopi luwak. Kabar mengenai kenikmatan kopi aromatik ini pada akhirnya tercium oleh warga Belanda pemilik perkebunan, dan kemudian kopi ini menjadi kegemaran orang kaya Belanda. Karena kelangkaannya serta proses pembuatannya yang tidak lazim, kopi luwak pun menjadi kopi yang paling mahal sejak zaman kolonial.
Luwak, atau nama lengkapnya adalah “musang luwak”, adalah jenis binatang yang gemar mencari buah-buahan yang baik dan matang sebagai makanannya, termasuk juga kopi. Dari dulu hingga sekarang, biji kopi yang telah dicerna oleh luwak atau yang sering disebut dengan biji kopi luwak, banyak sekali diburu oleh para petani kopi. Karena biji kopi luwak ini diyakini sebagai biji kopi terbaik dan telah difermentasikan secara di dalam sistem pencernaan luwak.

Baca Juga: Manfaat Meminum Kopi Bagi Kesehatan

*Riset Para Ahli Terkait Kopi Luwak

Para ahli berpendapat mengapa biji kopi luwak ini menghasilkan kopi yang benar-benar enak dan nikmat, adalah karena dua alasan yaitu:

  1. Dengan indra penciumannya yang benar-benar tajam dan peka, luwak akan mencari biji-biji kopi yang benar-benar telah matang untuk dimakan. Dan setelahnya, biji kopi yang masih dilindungi kulit keras tidak akan tercerna oleh luwak ini, tetapi akan keluar bersamaan dengan kotorannya. Hal ini terjadi karena, luwak memiliki sistem pencernaan yang sederhana, sehingga jenis makanan yang terbilang keras tidak akan dapat tercerna dengan baik oleh luwak.
  2. Ketika biji kopi ini berada di dalam saluran pencernaan luwak, biji-biji kopi tersebut menyerap beberapa asam dan enzim yang terdapat dalam saluran pencernaan luwak. Dan terjadilah proses fermentasi alami, sehingga menghasilkan rasa kopi yang khas, lembut, terasa seperti cokelat dan tanpa rasa pahit.


Bagi para penikmat dan pecinta kopi, kopi luwak adalah jenis kopi yang memiliki ciri khas tersendiri. Meskipun juga memiliki harga jual yang tinggi, malah menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan dana sekian rupiah demi menikmati secangkir kopi luwak yang menggugah selera. Selain itu, kopi luwak juga mempunyai manfaat tersendiri bagi tubuh, dan telah dikenal sebagai minuman yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Di Indonesia khususnya Jakarta, kopi luwak dijual dengan kisaran harga 100.000 sampai dengan 200.000 untuk secangkir kopi luwak yang nikmat. Meski terbilang mahal, hal ini sama sekali tidak menjadikan sebuah kendala bagi pecinta kopi. Mereka tetap menilai bahwa kopi luwak adalah kopi teristimewa yang pernah mereka nikmati.

Tetapi, bagaimanapun gemarnya anda terhadap kopi, tetap saja para pecinta harus memperhatikan serta menyeimbangkan pola makan dan hidup yang sehat. Sehingga tubuh tidak terkena dampak negatif dari pola makan atau minum yang tidak beraturan. Sekian ulasan tentang Kopi Luwak, semoga bermanfaat.

Jangan Lupa tinggalkan komentar di bawah ya.. Share jika bermanfaat. Subscribe untuk berlangganan.

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon