logo blog

22 Desember 2017

7 Manfaat Kulit Manggis Untuk Pengobatan Penyakit

7 Manfaat Kulit Manggis Untuk Pengobatan Penyakit

7 Manfaat Kulit Manggis Untuk Pengobatan Penyakit

Piring Kuliner-Sahabat setia pembaca piring kuliner, buah manggis yang mempunyai nama ilmiah Garcinia Mangostana ini merupakan buah dengan rasa manis dan segar di mulut. Tapi hati-hati dengan bijinya ya, karena rasanya sangat pahit nyelekit. Buah manggis ini terdiri dari 3 bagian yaitu: buah, biji, dan kulit manggis. Nah, tulisan ini akan membahas tentang kulit manggis. Bahasannya apa? Yaitu tentang Manfaat Kulit Manggis untuk Pengobatan Penyakit.

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan ternyata sangat luar biasa untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit berbahaya yang sulit diobati, atau bahkan yang belum ada obatnya sekalipun. Selain itu, kulit manggis begitu populer di dunia medis sebagai obat tradisional yang ampuh tanpa efek samping. Kandungan xanthone yang terdapat pada kulit manggis ini yang membuatnya menjadi sangat fenomenal.

Ups, baca juga: Daftar Makanan Sehat dan Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Manfaat Kulit Manggis untuk Pengobatan Penyakit, berikut uraiannya. Baca tulisan berikut sampai tuntas ya.

*7 Manfaat Kulit Manggis Untuk Pengobatan Penyakit

1. Mengobati dan Mencegah Penyakit Kanker

Kulit manggis sangat disarankan bagi seseorang yang rentan terkena penyakit kanker ataupun yang telah mengidapnya. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam kulit manggis sangat berperan dalam melawan radikal bebas yang memicu pertumbuhan sel kanker. Selain itu, bagi yang telah memiliki sel kanker di dalam tubuhnya, kulit manggis memiliki kemampuan anti proliferasi yang berarti dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker.

2. Ampuh Mengatasi Diare

Mungkin selama ini buah yang dikenal sebagai obat diare hanyalah buah jambu biji. Namun nyatanya, kulit manggis juga mampu mengatasi dan menyembuhkan diare. Kandungan senyawa yang ada di dalam kulit manggis, terbukti ampuh untuk membantu menyembuhkan diare.

3. Menurunkan Kadar Diabetes

Kadar gula yang tinggi, adalah momok bagi manusia. Bahayanya sudah tidak dapat dielakkan lagi. Untuk itu bagi penderita diabetes, sangat cocok jika menggunakan kulit manggis sebagai obat herbal yang cukup ampuh. Manfaat kulit manggis akan menbantu menurunkan kadar gula dalam darah dan membuangnya bersama air seni.

4. Mengobati Wasir

Anda tau wasir? Ataukah anda juga pengidapnya? Sangat menyakitkan bukan? Apalagi ketika tubuh mengalami kekurangan serat. Kata orang, wasir ini hanya bisa disembuhkan oleh pengobatan-pengobatan herbal atau alami. Maka solusinya, anda bisa manfaatkan kulit manggis sebagai obatnya. Manfaat yang dimiliki kulit manggis ternyata ampuh untuk mengobati wasir.

5. Melancarkan Pencernaan dan Mencegah Kostipasi

Kulit manggis mengandung serat yang cukup tinggi yang berguna untuk melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi atau sembelit. Serat yang terkandung pada kulit manggis akan membantu usus menyerap nutrisi makanan dengan lebih baik dan mendorong sisa pencernaan makanan untuk dikeluarkan dengan lebih mudah.


6. Mengobati Jerawat

Berbicara soal jerawat, siapa yang senang wajahnya berjerawat? Baik itu wanita atau lelaki, tua ataupun muda, lebih-lebih yang muda. Pasti sangat menghindari yang namanya jerawat ini. Untuk itu, efek anti inflamasi atau anti peradangan yang dimiliki oleh kulit manggis dapat berperan dalam membantu mengobati jerawat dan mencegah munculnya jerawat dikemudian hari. Selain itu, kulit manggis juga mengandung agen anti bakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

7. Mengatasi Rasa Nyeri Saat Haid

Khasiat kulit manggis yang terakhir ini, tampaknya adalah khasiat yang terkhusus bagi wanita. Saat wanita sedang kedatangan tamu atau haid, seringkali mengalami gangguan haid seperti rasa nyeri yang tak tertahankan, telat datang bulan dalam jangka waktu yang cukup lama dan tidak teratur atau hanya sedikit. Ada baiknya anda mencoba olahan kulit manggis yang penting untuk membantu mengatasi rasa nyeri saat haid dan juga melancakan haid anda.

Nah sobat, itulah 7 Khasiat Kulit Manggis untuk Pengobatan Penyakit fersi Piring Kuliner. Tentunya masih banyak lagi khasiat lain yang tersimpan di dalam kulit manggis. Untuk itu, jangan ragu lagi untuk memanfaatkannya bagi kesehatan diri anda sendiri. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon