logo blog

28 Desember 2017

Inilah 10 Khasiat dan Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh

10 Khasiat dan Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh

10 Khasiat dan Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh

Piring Kuliner-Sahabat pembaca setia piring kuliner, berbicara soal yang rasanya manis-manis. Kali ini kami punya ulasan singkat seputar manfaat dan khasiat madu yang akan kami persembahkan untuk anda semua.

Tak perlu ditanya lagi, semua orang pasti memgetahui dan lebih dari kenal terhadap cairan kental yang rasanya sangat manis ini.

Madu adalah adalah cairan yang menyerupai sirup, yang teksturnya lebih kental yang dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga.

Mengenai rasa manis yang diciptakan oleh madu, ini disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, yang memiliki rasa yang kurang lebih hampir sama dengan gula namun madu mempunyai ciri khas tersendiri.

Selain itu, madu juga mengandung beberapa senyawa kecil yang dianggap berfungsi sebagai antioksidan termasuk: chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin.

Komposisi spesifik dari sejumlah madu juga tergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah yang menghasilkan madu.

Berikut adalah analisis kandungan khasiat dan manfaat madu secara umum, seperti yang dilansir oleh wikipedia antara lain:

*Kandungan Fitamin dalam Madu

  • Fruktosa: 38.2%
  • Glukosa: 31.3%
  • Maltosa: 7.1%
  • Sukrosa: 1.3%
  • Air: 17.2%
  • Gula paling tinggi: 1.5%
  • Abu (analisis kimia):0.2%
  • Lain-lain: 3.2%


Dan, kekentalan madu adalah sekitar 1,36 kilogram per liter, atau sama dengan 36% lebih kental daripada air.

Setelah membahas kandungan yang ada pada madu, kurang lengkap rasanya jika tidak dilanjutkan dengan bahasan mengenai khasiat atau manfaat madu bagi kesehatan. Langsung saja, di bawah ini akan kami sajikan untuk anda 10 Khasiat Madu bagi Kesehatan Tubuh.

1. Meningkatkan stamina dan energi dalam tubuh

Jika anda ingin medapatkan stamina dan energi yang optimal, maka anda bisa mengonsumsi madu secara rutin di pagi hari.

Baik dikonsumsi langsung atau dicampur ke dalam makanan dan minuman. Usahakan 2 atau 3 sendok madu di pagi hari, dan rasakanlah sendiri efeknya terhadap tubuh anda.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Jangankan terkena, mendengar sebutan kolesterol saja terasa seperti momok menakutkan. Kolesterol atau lemak jahat adalah musuh terbesar dari jantung dan pembuluh darah.

Anda bisa gunakan khasiat dan manfaat madu sebagai solusi, hal ini dikarenakan dalam madu itu sendiri mengandung senyawa aktif dan antioksidan yang berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol.

Caranya, panggang madu dengan menggunakan sendok di atas lilin, angkat jika kira-kira madu sudah terlihat seperti air mendidih. Dinginkan sejenak, lalu minum.

3. Melembabkan kulit dan bibir

Nah, khasiat ini yang paling digemari oleh para wanita. Bagaimana tidak? Para wanita tak segan-segan mengeluarkan biaya sekian juta hanya demi mendapatkan kulit dan bibir yang cantik.

Kini anda bisa menggunakan cara yang lebih aman untuk mewujudkan keinginan itu yaitu: anda dapat mencampur madu dengan sabun atau masker tubuh yang biasa anda gunakan sebelum mandi.

Untuk melembabkan bibir, oleskan madu pada bibir yang kering sebelum tidur. khasiat dan manfaat madu ternyata juga berguna untuk keindahan tubuh bukan?

4. Menguatkan akar rambut

Sama dengan sebelumnya, khasiat ini juga terbilang paling menguntungkan bagi wanita. Rambut dianggap sebagai mahkota bagi para wanita.

Untuk itu, rambut memerlukan nutrisi untuk tetap kuat dan sehat. Madu kaya akan nutrisi seperti protein dan vitamin yang dapat menutrisi akar rambut sehingga tidak mudah rontok.

5. Mencegah tumor dan kanker

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa salah satu khasiat madu juga dapat mencegah timbulnya tumor dan kanker dalam tubuh. 

Madu mengandung senyawa antimutagenic yang mampu mencegah zat-zat berbahaya masuk kedalam jaringan dan menyebabkan mutasi sel.

6. Menyegarkan nafas

Bagi anda yang mempunyai persoalan dengan bau mulut atau nafas tidak sedap. Mulailah untuk membiasakan berkumur dengan air hangat yang dicampur madu setiap pagi, hal ini tentunya dapat membantu menghilangkan bau nafas yang tidak sedap sekaligus menyegarkan mulut.

Senyawa anti bakteri yang terkandung dalam khasiat dan manfaat madu ini dapat membasmi bakteri dalam rongga mulut yang merupakan penyebab nafas tidak sedap.

7. Meningkatkan nafsu makan

Terkadang seseorang mengalami kehilangan nafsu atau selera untuk makan, hal ini disebabkan oleh fikiran yang stress atau lainnya.

Untuk menyikapinya, khasiat dan manfaat madu bisa dikonsumsi untuk membantu mengatasi masalah tersebut, karena khasiat dan manfaat madu mampu merangsang produksi hormon ghrelin atau hormon peningkat nafsu makan.

Berikan madu secara rutin untuk meningkatkan nafsu makan terutama pada anak-anak kita yang susah makan.

8. Memperbaiki fungsi saluran cerna

Tidak hanya kaya akan nutrisi, khasiat dan manfaat madu juga mengandung normal flora atau bakteri baik seperti bifidobakteria dan lactobacillus yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran cerna dan mendukung proses pencernaan dalam usus besar.

9. Memperbaiki penyakit asam lambung

Bagi anda yang mempunyai masalah dengan maagh, asam lambung, atau sejenisnya. Anda bisa gunakan khasiat dan manfaat madu sebagai alat terapi untuk menyembuhkan penyakit ini.

Konsumsi secara teratur di pagi dan malam hari sebelum tidur, dan anda bisa rasakan perubahan apa yang terjadi pada lambung anda dengan memanfaatkan khasiat dan manfaat madu. Lambung akan terasa lebih adem dan tidak rewel sakit-sakit lagi.

10. Menurunkan berat badan

Selain menurunkan kadar kolesterol, khasiat dan manfaat madu juga ampuh menurunkan berar badan loh.

Kombinasikan madu dan air hangat,  minumlah ramuan ajaib ini setiap pagi sebelum memulai aktifitas. Dijamin bisa membantu membakar timbunan lemak ekstra dalam tubuh.


Dengan kandungan nutrisi dan segudang khasiat dan manfaat madu, jangan lagi berpikir dua kali untuk mengonsumsinya. Dengan catatan, anda juga harus rutin dalam mengonsumsinya untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Tetapi satu hal yang perlu diingat, bedakan antara madu asli atau madu murni dengan madu yang sudah diolah di pabrik. Karena khasiatnya dan manfaat madunya pun akan berbeda, cara kerjanya pun berbeda.

Demikian uraian singkat mengenai manfaat dan khasiat madu bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon