logo blog

07 Januari 2018

4 Makanan yang Baik Untuk Penderita Darah Tinggi

4 Makanan yang Baik Untuk Penderita Darah Tinggi

Sayuran juga ampuh membantu menurunkan darah tinggi.

Piring Kuliner-Sahabat setia pembaca piring kuliner, bahasan tentang tekanan darah rendah (Anemia) sudah, kurang lengkap rasanya kalau belum ada pembahasan tentang tekanan darah tinggi (Hipertensi) juga. Oke, simak terus tulisan ini sampai tuntas ya...

Darah tinggi atau yang dalam ilmu kesehatan disebut dengan hipertensi, adalah salah satu penyakit yang ditandai dengan naiknya tekanan darah pada manusia. Salah satu langkah yang bisa anda terapkan untuk mencegah darah tinggi adalah menjaga asupan garam agar tidak berlebihan. Namun cara itu saja tidak cukup untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Sebelumnya, anda harus mengetahui dulu apa saja tanda-tanda atau gejala yang timbul ketika seseorang terkena hipertensi. Apa saja? Berikut ini tanda atau gejalanya:
  1. Tengkuk leher terasa berat
  2. Pusing
  3. Badan terasa lemas
  4. Denyut jantung berdetak tidak beraturan
  5. Gangguan penglihatan (penglihatan terasa kabur)

Tetapi kalau hanya dilihat dari gejalanya tidak terlalu akurat untuk mengetahui bahwa anda benar-benar terkena hipertensi atau tidak. Karena ketika seseorang terkena darah rendah atau darah tinggi, gejala yang timbul hampir sama. Jadi sebaiknya anda pergilah untuk periksa ke dokter untuk memastikan penyakit apa yang sebenarnya sedang anda derita.

Seperti yang kita yakini bersama, semua penyakit pasti ada obatnya. Tapi akan lebih baik lagi jika dilakukan pencegahan. Seperti kata pepatah "Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati". Dan bukan tidak mungkin, jika pencegahannya bisa anda lakukan dengan terapi makanan. Maksudnya, anda bisa mengonsumsi makanan-makanan yang dianjurkan dan baik bagi penderita darah tinggi.

Bagi anda penderita darah tinggi, sebaiknya anda selalu memperhatikan asupan dan pola makanan anda. Karna asupan dan pola makan anda sangat berpengaruh terhadap tekanan darah. Pada umumnya, makanan yang dapat memicu meningkatnya tekanan darah adalah makanan yang banyak mengandung sodium. Sedangkan makanan yang berguna untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal adalah makanan yang banyak mengandung serat, magnesium, dan potasium.

*Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi:

1. Minyak Zaitun

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun sangat bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Selain itu, minyak zaitun juga baik untuk kesehatan jantung. Maka jika anda bisa aktif mengkonsumsi minyak zaitun tentunya tak akan ada istilah darah tinggi mengusik kesehatan anda.


2. Yogurt

Yogurt adalah makanan hasil olahan susu yang banyak mengandung magnesium, kalium, serta kalsium yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi bagi penderita darah tinggi.


3. Roti Gandum dan Oatmeal

Bagi penderita darah tinggi, anda dapat menggunakan roti gandum dan oatmeal sebagai alternatif pengganti nasi. Dan cocok untuk anda konsumsi ketika waktu sarapan. Apalagi enaknya selain di mulut juga di kesehatan anda untuk menghilangkan penyakit darah tinggi.


4. Kentang

Kentang merupakan sumber karbohidrat dan jenis sayuran yang mengandung magnesium serta potasium yang tinggi. Untuk itu, anda bisa mengolahnya menjadi sup, kentang balado, perkedel kentang, dsb. Banyak varian masakan olahan kentang yang dapat anda coba. Kress kentangnya, kabur darah tingginya.


Demikianlah sekelumit ulasan mengenai darah tinggi dan beberapa makanan yang baik bagi penderita darah tinggi. Konsumsi makanan dengan baik dan pilihlah yang sekiranya bermanfaat bagi tubuh anda, agar kesehatan tubuh anda tetap terjaga sampai hari tua nanti.
Terima kasih. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon