logo blog

01 Oktober 2017

7 Menu Makanan Sehat untuk Ibu hamil

7 Menu Makanan Sehat untuk Ibu hamil
Daftar makanan untuk ibu hamil
Piring Kuliner-Kehamilan adalah hal yang menggembirakan bagi semua orang khususnya ibu. Di usia kehamilan yang masih terbilang awal, terlebih buat calon ibu baru atau yang kerap kali disebut "mama muda/mamud" pasti masih bingung dengan hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan termasuk mengkonsumsi makanan. Banyaknya mitos yang beredar di masyarakat tentang makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil membuat para calon ibu semakin bingung, karena semua ibu pasti ingin yang terbaik untuk anaknya.

Berbicara soal menu makanan sehat untuk ibu hamil, sebenarnya jenis makanan apa sih yang paling baik dikonsumsi oleh ibu hamil itu? Makanan sehat untuk ibu hamil memang sangat perlu untuk diperhatikan, karena asupan nutrisi pada ibu langsung masuk juga ke dalam bayi. Apapun yang dimakan oleh sang ibu, itu pula yang dimakan oleh sang bayi. Jadi harus ekstra hati-hati.

Juga tidak sedikit wanita kehilangan nafsu makan dan mengalami mual-mual pada trimester awal kehamilan. Meski merupakan hal umum dan menjadi salah satu tanda perubahan kehamilan, anda tidak boleh membiarkannya terus-terusan terjadi sebab janin dalam kandungan anda membutuhkan nutrisi agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.


Asupan nutrisi yang baik merupakan kunci kesehatan ibu dan janin. Untuk itu, Piring Kuliner punya 7 Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil. Sebenarnya tidak hanya 7 menu, tetapi banyak sekali. Tetapi disini kami hanya mengambil contoh saja, sebagai bahan rekomendasi untuk para ibu hamil. Apa sajakah? Yuk, ikuti di bawah ini..

1. Ayam Goreng

Ayam goreng, cocok untuk bumil nikmati di pagi hari. Karena di pagi hari, bumil harus mengkonsumsi makanan yang mengandung cukup zat tenaga. Bersama nasi tentunya, dan susunya juga jangan lupa harus rutin di pagi hari. Bisa juga anda tambahkan lauk lainnya. Bumil harus mengkonsumsi makanan yang sedikit berlemak ketika masa kehamilan, dengan catatan tidak dalam porsi berlebihan.

2. Sayur Bening Bayam

Seperti pada tulisan sebelumnya, Daftar Makanan Sehat dan Dianjurkan untuk Ibu Hamil. Bayam termasuk dalam kategori sayuran yang paling tinggi akan kandungan asam folatnya. Menu ini terbilang sederhana, tetapi mempunyai manfaat yang cukup besar bagi kehamilan. Tidak perlu ditanya lagi, apa manfaat asam folat bagi kandungan dan janin. Menu makanan sehat ini disarankan agar anda mengkonsumsinya di siang hari bersama nasi. Dilengkapi dengan jus, atau sari kedelai sebagai minumannya. Tetapi juga harus rajin minum air putih, agar tetap seimbang. Jangan lupa buahnya juga.

3. Bubur Kacang Hijau

Kacang hijau, adalah salah satu dari jenis kacang-kacangan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil selama masa kehamilan. Baik itu hamil muda atau hamil tua. Anda bisa membuatnya menjadi bubur atau anda rebus dan minum airnya. Bisa juga disajikan bersama santan seperti kolak. Yang pasti, kacang hijau sangat disayangkan jika dilewatkan.

4. Sup Sayuran

Selain sayur bening bayam, anda bisa jadikan sup sayuran sebagai referensi menu ketika masa kehamilan. Yang berbau sayur, cocok untuk dinikmati ketika siang hari. Menu sehat untuk ibu hamil ini mengandung zat pengatur dan pembangun stamina. Karena pada saat hamil, bunda akan sering merasa lelah dan tidak bertenaga.

5. Telur Balado

Menu sehat yang satu ini bisa anda jadikan  sebagai pengganti telur ceplok atau telur dadar untuk menghindari rasa bosan. Di dalam telur, tersimpan protein yang sangat dibutuhkan oleh bumil dan janinnya untuk memenuhi kebutuhan energi. Ketika memasaknya, dianjurkan untuk tidak terlalu matang atau setengah matang saja. Hal ini bertujuan agar protein yang tersimpan dapat dicerna dengan sempurna.

6. Ikan Bakar

Ikan juga berperan penting sebagai sumber omega 3. Omega 3 yang sangat berpengaruh bagi pertumbuhan sistem otak dan pembentukan sel syaraf serta sel-sel darah pada bayi. Juga mencegah cacat janin. Untuk itu, bunda harus pintar memilih menu makanan yang sehat dan bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun janinnya.

7. Capjay

Menu yang satu ini bisa dipastikan sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Bagaimana tidak? Isinya saja ada brokoli, wortel, buncis kecil, jagung muda, terkadang juga ada sosisnya. Yang semuanya tersebut sangat baik untuk kesehatan ibu dan bayi. Rasanya juga enak dan dijamin tidak membosankan.
Menu makanan dan menu cernaan otak juga harus seimbang ya bund. Nah, itulah 7 Menu Sehat untuk Ibu Hamil versi Piring Kuliner. Semoga bermanfaat untuk referensi menunya ya bund!

2 komentar

nice info, cocok nih buat istri ane ntar

wah.. semoga sehat istrinya gan

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon