logo blog

30 September 2017

Resep Membuat Bebek Songkem Khas Madura

Resep Membuat Bebek Songkem Khas Madura
Sajian Sedap, Bebek Songkem Khas Madura
Piring Kuliner-Sahabat setia, berwisata ke Pulau garam, Madura, rasanya belum lengkap jika belum mencicipi kuliner-kuliner khas Pulau ini. Salah satunya Bebek Songkem Khas Madura. Kuliner yang satu ini, bisa dibilang unik dan berbeda dengan menu olahan daging bebek pada umumnya. Mulai dari bumbu, cara memasak, sampai dengan cara menyajikannya.

Daging bebek, mempunyai tekstur yang hampir sama dengan daging ayam. Hanya saja daging bebek ini sedikit lebih keras daripada daging ayam. Namun daging bebek mempunyai penggemar yang tak kalah banyak dengan daging ayam. Rasanya lebih sedap dan gurih dibandingkan daging ayam ataupun daging lainnya. Warnanya juga agak kecoklatan.

Baca Juga: Resep Membuat Cumi Asam Manis Pedas Special

Uniknya menu olahan bebek yang satu ini, adalah terletak pada cara memasaknya. Tidak seperti menu olahan bebek lainnya yang kebanyakan digoreng atau dibakar, tetapi menu yang satu ini dimasak dengan cara dikukus sampai beberapa jam hingga empuk setelah diberi bumbu dan bumbu meresap sempurna. Cara mengukusnya pun berbeda, yaitu dengan cara dibungkus dalam balutan daun pisang yang berlapis-lapis lalu dikukus di dalam air mendidih hingga matang dan empuk.

Terdapat tujuan dari cara memasak yang unik ini, yaitu untuk mengurangi kadar kolesterol berlebih yang terdapat dalam daging bebek. Sehingga, anda tidak perlu khawatir lagi untuk menyantapnya. Untuk lebih jelasnya, ikuti resep selengkapnya di bawah ini:

*Bahan-bahan Membuat Bebek Songkem Khas Madura:

  • 1 ekor bebek (belah jadi 2 jangan sampai putus)
  • 2 sdm cuka
  • 50 ml air perasan jeruk purut
  • Daun pisang secukupnya (untuk membungkus, biasanya dilayukan diatas api terlebih dahulu agar tidak mudah sobek)
  • Gebok daun pisang (untuk tali), atau bisa anda gunakan tali lainnya

*Bumbu Halus Bebek Songkem Khas Madura:
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Cabe rawit merah (pilih yang pedas)
  • Cabe keriting
  • kunyit
  • Penyedap rasa
  • Gula pasir putih
  • Garam halus (Semua bahan bumbu halus di atas bisa anda buat ukuran atau takaran secukupnya, sesuai kebutuhan dan selera)

*Cara Memasak Bebek Songkem Gurih Khas Madura:

1. Lumuri permukaan bebek dengan cuka dan air jeruk purut, kemudian simpanlah dalam lemari es kurang lebih 30 menit agar meresap.

2. Jika sudah, lumuri lagi daging bebek dengan bumbu yang dihaluskan hingga rata. Masukkan organ tubuh bagian dalam bebek (ex: jantung, ampela, hati, usus, dll) dan juga bumbu ke tengah-tengah bagian tubuh bebek yang sudah dibelah jadi dua.

3. Sekarang tinggal bungkus dengan menggunakan daun pisang yang sudah dilayukan tadi, usahakan rapat semua dan ikat dengan kuat.

4. Terakhir, kukus daging bebek yang sudah dibungkus tadi selama kurang lebih 3 jam agar daging benar-benar empuk dan bumbu meresap sempurna. Bila sudah matang, angkat dan bebek songkem siap disajikan.

Rasa pedas yang diciptakan dari bumbu pilihan ini sangat pas dan memiliki sensasi yang sangat melekat bila anda mencicipinya, apalagi bila disajikan bersama nasi yang masih hangat dan bahan lalapan lainya. Hemm.. lezaat dan sangat nendang di lidah!

Yuk, jangan ragu untuk mencoba. Dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda semua. Jangan Lupa Share ya kawan.

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon