logo blog

28 September 2017

Resep Membuat Kue Cubit Nangka Manis

Resep Membuat Kue Cubit Nangka Manis
Kue Cubit Rasa Nangka, Lezaaat!
Piring Kuliner-Hai sobat, pada kesempatan kali ini. Kami akan mengajak anda untuk pergi berwisata kuliner ke Provinsi Jawa Timur bagian selatan. Yakni, Kota Malang. Di Kota Malang ini, ada salah satu kue yang sangat terkenal hampir di seluruh pelosok desa di Malang. Kue ini bernama Kue Cubit, mungkin kesan pertama ketika anda mendengar nama kue ini adalah "geli", tetapi bagaimana ketika sudah mencicipi rasanya?! Hemmm.. pasti penasaran, yuk ikuti terus kisahnya.

Kue basah ini adalah salah satu dari aneka jajanan pasar tradisional sebagai cemilan sederhana yang populer di beberapa daerah. Resep kali ini merupakan sebuah cara mudah yang cukup sederhana untuk menghasilkan kue cubit dengan cita rasa yang enak, empuk dan mengembang.

Saat ini kue cubit menjadi semakin populer karena telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan sentuhan tangan-tangan kreatif sehingga baik rasa maupun tampilan bentuk dan warna-warninya tak kalah menarik dengan kue-kue basah modern lainnya.

Baca Lainnya: Resep Membuat Kue Bihun Kukus Praktis

Banyak variasi yang bisa anda kembangkan ketika membuat kue cubit enak dan empuk. Anda juga dapat menggunakan cetakan dalam berbagai bentuk, mengkreasikan dengan aneka topping dan selain itu kita juga bisa mengkombinasikan adonan dengan aneka rasa sesuai selera. Salah satunya adalah dengan tinggal menambahkan bubuk green tea atau coklat dalam adonan untuk resep membuat kue cubit rasa green tea atau kue cubit coklat bahkan mungkin macam-macam rasa lainnya.

Untuk tulisan kali ini, Piring Kuliner akan menyajikan resep Kue Cubit Nangka Manis Spesial. Penasaran bagaimana resep dan cara membuatnya? Yuk, intip di bawah..

*Bahan-bahan Membuat Kue Cubit Nangka Manis:
  • 3 buah daging nangka (potong dadu kecil)
  • 2100 gr tepung terigu
  • 3 sdm margarin (cairkan)
  • 50 gr gula pasir
  • 1 sachet susu kental manis
  • 1 butir telur
  • 1/4 sdt baking powder
  • 200 ml air
  • Messes coklat (untuk topping)

*Cara Membuat Membuat Kue Cubit Nangka Manis:

1. Kocok telur, gula dan margarin menggunakan kocokan telur hingga mengembang, masukkan susu kental manis dan baking powder. Kocoklah hingga rata.

2. Selanjutnya, masukkan air dan kocok lagi, terakhir masukkan terigu protein sedang.

3. Aduk dengan spatula sampai rata dan pastikan tidak ada adonan yang menggumpal, baru kemudian masukkan potongan nangka, aduk rata.

4. Panaskan cetakan, tuang adonan hingga penuh atau rata pada cetakan kemudian tutup dan masak sampai setengah matang.

5. Setelah kira-kira terlihat setengah matang, taburi dengan coklat meses dan tutup kembali, masak sampai matang merata. Angkat dan siap untuk disajikan.

Ternyata sangat mudah dan cepat bukan cara membuat kue cubit diatas. Selain bisa disantap sendiri bersama keluarga, kue basah satu ini juga bisa disajikan sebagai suguhan saat ada tamu datang atau ada acara penting di rumah, seperti arisan atau yang lainnya. Rasanya yang empuk dan bentuknya yang mungil pasti mengundang selera yang melihatnya.

Tinggalkan komentar anda di bawah ini dengan sopan dan baik ya...
EmoticonEmoticon